Pengaruh pembelajaran online, penggunaan media sosial dan feedback literacy terhadap feedback engagement mahasiswa dimasa pandemi covid-19 / Faricha Alif Vaniza
Main Author: | Vaniza, Faricha Alif Vaniza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/194379/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya feedback di perguruan tinggi yang disebabkan oleh rendahnya kesadaran akan pentingnya peranan feedback dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pembelajaran online penggunaan media sosial dan feedback literacy terhadap feedback engagement mahasiswa dimasa pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian yang diadopsi dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif. Responden penelitian yang terdiri dari mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang angkatan tahun 2018 2019 2020 dan 2021. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yakni 194 mahasiswa dari total subjek penelitian yang berjumlah 375 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis regresi linear berganda. Dari hasil analisis data dapat diketahui klasifikasi ketiga variabel independen tergolong tinggi. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang saat ini diterapkan adalah pembelajaran secara online dan didukung dengan penggunaan media sosial. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pembelajaran online penggunaan media sosial dan feedback literacy terhadap feedback engagement mahasiswa.