Pengembangan lembar kegiatan siswa (lks) dengan pendekatan saintifik materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang / Elina Hikmah Zakkiyah

Main Author: Zakkiyah, Elina Hikmah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/194003/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar Lembar Kegiatan Siswa dengan pendekatan saintifik materi bangun ruang kubus dan balok pada kelas VIII SMPN 8 Malang yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan penelitian ini mengacu pada model Plomp yaitu terdiri dari 3 fase yaitu preliminary research prototyping phase dan assessment phase. Berdasarkan analisis data penelitian ini menghasilkan produk yang valid praktis dan efektif. (1) Uji kevalidan LKS memperoleh skor 3 70 yang memenuhi kriteria valid (2) uji kepraktisan lembar angket respon siswa memperoleh skor 3 37 dan angket respon guru memperoleh skor 3 29 dengan kriteria valid uji kepraktisan lembar observasi aktivitas guru dan siswa memperoleh skor 3 82 dan 3 30 dengan kriteria praktis (3) uji keefektifan LKS berdasarkan hasil tes akhir siswa yang menunjukkan bahwa terdapat 82 14% siswa mendapat nilai diatas atau sama dengan 75 (KKM).