Penerapan aplikasi game undercover sebagai media pembelajaran online kosakata bahasa mandarin siswa kelas xi ips 4 sma negeri 6 malang / Rosafina Mayrena

Main Author: Mayrena, Rosafina Mayrena
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/193906/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan aplikasi game Undercover pada pembelajaran online mata pelajaran Bahasa Mandarin. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen pendukung yaitu obserasi dan angket. Sumber data penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 6 Malang berjumlah 15 siswa. Data dalam penelitian ini merupakan hasil observasi dan angket yang telah diisi siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 6 Malang. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Penerapan game Undercover berlangsung secara interaktif dan menyenangkan 2) Respons positif yang diberikan oleh siswa terhadap game Undercover sebagai media pembelajaran online 3) Terdapat beberapa kendala yang terjadi yakni kapasitas smartphone yang penuh dan koneksi internet yang tidak stabil. nbsp Saran yang diberikan terbagi menjadi dua pertama untuk pengguna diharapkan menggunakan smartphone dengan kapasitas yang cukup dan menggunakan koneksi internet yang stabil. Saran yang kedua untuk peneliti selanjutnya game Undercover ini dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran online dengan mempertimbangkan durasi jam pelajaran jumlah pemain dan pemilihan kosakata yang disesuaikan dengan kebutuhan materi.