Pengembangan media zine dengan tema familie untuk pembelajaran bahasa Jerman siswa kelas XI lintas minat SMAN 1 Batu / Novita Ayu Permatasari

Main Author: Permatasari, Novita Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/193882/
Daftar Isi:
  • nbsp Zine merupakan media cetak alternatif yang bermula sebagai media komunikasi penggemar musik dan diproduksi tanpa tujuan komersial. Saat ini zine telah berkembang menjadi berbagai macam jenis salah satunya adalah zine untuk pembelajaran. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media zine dengan tema Familie yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran alternatif bagi siswa kelas XI Lintas Minat SMAN 1 Batu. nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick dan Carry (Mulyatiningsih 2016). Model pengembangan ini mencakup lima tahap pengembangan yaitu 1) analyze (analisis) 2) design (desain) 3) develop (pengembangan) 4) implement (implementasi) dan 5) evaluate (evaluasi). Media zine ini telah melalui tahap validasi yang dilakukan oleh dua dosen Jurusan Sastra Jerman sebagai ahli materi dan ahli media. Data yang didapat berasal dari angket validator serta angket respon siswa dan hasil observasi pada saat uji coba. nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp Berdasarkan data yang didapat dari angket validasi media zine ini valid dengan beberapa revisi dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Data hasil observasi dan angket respon siswa menunjukkan bahwa media zine ini dapat membuat siswa tertarik dalam mengikuti pembelajaran dan dapat melatih siswa untuk mengembangkan keterampilan menulis. Hasil produk pada pengembangan ini dapat dijadikan alternatif media pembelajaran pada kegiatan belajar mengajar bahasa Jerman di SMAN 1 Batu.