Problematika implementasi pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di sdn banjarsari kecamatan ngadirejo kabupaten temanggung jawa tengah / Indayu Anggun Wulaningrum
Main Author: | Wulaningrum, Indayu Anggun Wulaningrum |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/193580/ |
Daftar Isi:
- pendidikan sehingga pembelajaran yang biasanya dilakukan tatap muka secara langsung di sekolah berganti menjadi pembelajaran daring atau dikenal dengan istilah PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) melalui rumah masing-masing. SDN Banjarsari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung merupakan salah satu lembaga pendidikan sekolah dasar yang turut menyelenggarakan belajar dari rumah secara daring pada masa pandemi Covid-19. Berdasarkan penjelasan di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang Problematika Implementasi Pembelajaran yang terjadi di SDN Banjarsari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung Jawa Tengah yang berupa implementasi pembelajaran daring problematika yang dihadapi guru dan orang tua serta solusi yang diterapkan untuk meminimalisir permasalahan yang terjadi. Informan dalam penelitian ini melibatkan kepala sekolah guru dan orang tua. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara dan dokumentasi dengan menggunkan instrumen berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Temuan penelitian menunjukkan hasil berupa implementasi pembelajaran selama pemberlakuan pembelajaran daring di SDN Banjarsari problematika yang dihadapi guru dan orang tua berupa sulitnya sinyal internet sulitnya memahami karakter masing-masing siswa perubahan belajar siswa dan perubahan perilaku siswa yang didasari karena tidak mengerti materi yang disampaikan oleh guru. Solusi yang diupayakan yakni dibagikannya Chromebook kepada siswa serta diadakannya penyuluhan bagi orang tua siswa.