Perilaku "Nyethe" di kalangan pelajar SMA di Kabupaten Tulungagung (studi fenomenologis remaja) / Rahayu Hesti

Main Author: Rahayu, Hesti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/1929/
Daftar Isi:
  • KataKunciperilakunyethepelajarSMAfenomenologisWarungkopimerupakansalahsatutempatfavorityangdigunakanolehparapelajarsebagaiajangtempatmembolosdanhanyabuang-buangwaktu(wastingtime)diKabupatenTulungagung.Adabanyakkegiatanyangmerekalakukandiwarungkopisalahsatunyaadalahkegiatannyethe.Nyethemerupakansenimelukisataumembatikpadabatangrokokdenganmenggunakanendapankopiataubiasadisebutdengancethe.Seiringdenganperkembangankreativitasparapecintanyethekegiataninitelahberkembangmenjadiprodukkreativitasyanglebihmemilikinilaigunadannilaijualyangdikenaldenganistilahcethemerchandise.Untukmengatasisiswayanghanyamembolosdanbuang-buangwaktu(wastingtime)diwarungkopipadahaldisisilainsiswatersebutmemilikikreativitassenimelukisataumembatikyangtinggidapatdiarahkanpadakegiatanyanglebihpositifgunamengembangkankreativitasnya.Dengandemikianpotensinyetheyangtidaktergarapdapatdiarahkanpadakegiatanpenggantisepertikegiatanekstrakulikuler.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianfenomenologi.LokasipenelitianadalahDesaBolorejoKecamatanKaumanKabupatenTulungagung.SubjekpenelitianadalahempatorangremajaSMAyangmemilikihobinyethediwarungkopi.Informanlainadalahbudhesubjekpemilikwarungkopiduaorangpengunjungwarungkopidanduapemudayangmemilikihobinyethe.TeknikpengambilansampeldenganmenggunakanteknikSnowballSampling.Pengecekankeabsahantemuandilakukandenganmenggunakantekniktrianggulasiyaitutrianggulasimetodetrianggulasipenelititrianggulasisumberdantrianggulasisituasi.Hasiltemuandapatdisimpulkanbahwa1)Subjekpelakukegiatannyethememilikisikapbiasasaatberkumpuldenganteman-temannyadanparapengunjunglaindiwarungkopi2)Masaremajamerupakanmasayangditandaidenganberkembangnyasikapkomformityyaitukecenderunganuntukmenirumengikutiopinipendapatnilaikebiasaankegemaranataukeinginanoranglain3)Kohesifitasantartemansatukelompoknampaknyasangateratsalingmempengaruhidansalingmemilikiketergantungan4)Kretivitaskegiatannyethedapatdikembangkanmenjadiprodukseniyangmemilikinilaijualyanglebihdikenaldenganistilahcethemerchandise5)Subjekpenikmatkopidancethebelummemilikigambarantentangjenispekerjaanyangakanmerekaambilkelak.Merekamasihbingungdanbelummaumemikirkanhaltersebut6)Namundarihasilwawancarajugadapatdimaknaibahwasubjeksebenarnyamenginginkanpekerjaanyangmenyenangkansesuaidenganminatnyadan7)Faktanyabelumadakegiatanpenggantigunapengembangansenidankreativitasnyethedisekolah.Berdasarkanhasilpenelitianinimakadiajukanbeberapasaran.Saranditujukankepada1)Konselordisekolahdiharapkanmenyediakanlayananinformasimengenaijenis-jenispekerjaansertabekerjasamadengangurukesenianuntukmengembangkankreativitasdibidangsenimelukissepertikegiatanekstrakulikuleryangberkaitandenganbidangsenimembatikataumelukis.Perankonselorterhadaplembagaataumasyarakatyaitumemberikansaranbahwakreativitasnyethedapatdituangkanmisalnyapadamediakainsebagaiwujudpenyaluranpotensi2)Masyarakatsetempatdiharapkanmewadahikreativitaskegiatannyethebagiremajapenggemarkegiatannyethesepertikelompokkarangtarunagunamenghasilkanprodukkreativitassepertiyangsudahadasaatiniyaitucethemerchandisesehinggakegiataninijugatidakdianggapsebagaikegiatanyanghanyabuang-buangwaktusaja(wastingtime)3)PEMKABTulungagungdiharapkanpemerintahkabupatenTulungagunglebihpekaterhadapsenidankreativitaskegiatannyethepadasiswapenggemarnyethedanmenyediakansaranayangtepatbagimerekadalampengembangannya4)Hasilpenelitianinidapatdigunakansebagaibahankajianbagipenelitilainyangakanmenelititetangbakatdankreativitassiswapenggemarkegiatannyethedenganaspekkreativitasyangberbedasepertibentukprodukdanmediayangberbedadenganprodukyangtelahadasaatini.