Kepribadian etnis Samin dan implikasinya terhadap teknik konseling model kipas (kajian Fenomenologi Transendental) / Tyas Martika Anggriana
Main Author: | Anggriana, Tyas Martika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/192474/ |
Daftar Isi:
- Kepribadianmerupakanciriunikpadadiriseseorangberupapaduandaricaraberpikirbersikapdanbertindakyangdiperolehdarihasilpembudayaandarilingkungan.Setiapmasyarakatdalambudayatertentumemilikikarakteristikyangmembedakannyadengankelompokmasyarakatbudayalainnya.Haltersebutberdampakpadaterbentuknyaperbedaankepribadianpadasetiaporangdenganlatarbelakangbudayayangberbeda.Sudutpandangemikperludigunakanuntukmemahamikepribadianseseorangyangberasaldarisebuahkelompokmasyarakatbudaya.PenelitianinifokusmembahaskarakteristikunikyangdimilikiolehmasyarakatetnisSamin.IstilahSaminyangseringkalidipersepsikandenganstereotipnegatifyangdekatdenganpenyebutankebodohankemiskinanpembangkangdanperilakuanehbahkancenderunggilasesungguhnyamemilikikarakteristikkepribadianpositifyangdipertahankansehinggatidakmudahterpengaruholehpenetrasibudayayangmasukkeIndonesia.Konsistensimerekadalammenjalankannilai-nilaiajaranyangdisampaikanolehleluhurnyamenjadikanmerekatetapbisamenunjukkaneksistensinyasejakmasaperlawananterhadappemerintahkolonialBelandayangmenjajahIndonesiasekitarabadke-19hinggamasasekarang.Penelitianinimemaparkanunsur-unsurkepribadianetnisSaminyangtercermindarikarakteridentitaspekerjaanakademik/belajardaninteraksisosialyangteramatidantergalidaripengalamansubjektifyangdialamiindividupadakeluargamasyarakatetnisSamindalammemahaminilai-nilaiyangdiajarkansecaraturun-temurunolehnenekmoyangnya.Unsur-unsurkepribadiantersebuttampakselarasdengantemabahasandalamkonselingmodelKIPAS(KonselingIntensifdanProgresifyangAdaptifterhadapStruktur).Penelitianinidifokuskanuntuk(1)mendeskripsikanunsur-unsurkaraktermeliputipolapikirpribadipolapikirsosialdanpolapikirlingkunganetnisSaminsertakoneksitaspentingyangterbentukdiantaraunsur-unsurpokokkarakter(2)mendeskripsikanunsur-unsuridentitassepertiidentitasreligiidentitasgenderdanidentitaskerjaetnisSaminsertakoneksitaspentingyangterbentukdiantaraunsur-unsurpokokidentitas(3)mendeskripsikanunsurpekerjaanmeliputieksplorasipotensidirietoskerjadankepuasankerjaetnisSaminsertakoneksitaspentingyangterbentukdiantaraunsur-unsurpokokpekerjaan(4)mendeskripsikanunsur-unsurbelajarmeliputistrategibelajardanmaknabelajaretnisSaminsertakoneksitaspentingyangterbentukdiantaraunsur-unsurpokokbelajar(5)mendeskripsikanunsurpolainteraksisosialmencakuptanggungjawabsosialdanoutputinteraksipadaetnisSaminsertakoneksitaspentingyangterbentukdiantaraunsur-unsurpokokpolainteraksisosial(6)menyusunisidanperuntukanteknikkonselingbermuatanbudayaetnisSaminuntukmengembangkanunsur-unsurkepribadian.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganfenomenologitransendentalyangbertujuanuntukmenemukannilai-nilaidasarkepribadianetnisSamindengancaramenafsirkanfenomenatentangapayangdipikirkandirasakandandihayatiolehmasyarakatetnisSamintentangnilai-nilaiajaranyangdisampaikansecaraturuntemurunolehparaleluhurnya.Hasilidentifikasinilai-nilaibudayaetnisSamindigunakansebagaikonstruksiteknikkonselingbermuatanbudayauntukmengembangkankepribadian.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahwawancaramendalamdanobservasipartisipan.Datadianalisisdenganreduksifenomenologireduksieiditikdanreduksitransendental.Untukmemastikankeabsahandatadilakukantriangulasimetodemelaluiwawancaraberulangkepadasubjekpenelitianperpanjanganpenelitiandenganmelakukanobservasikehidupansehari-harietnisSaminuntukmengetahuipolainteraksidankehidupanriilmereka.Hasilpenelitianiniadalah(1)DeskripsikaraktermenurutpemahamanetnisSaminadalahserangkaianucapanpolapikirdanperbuatanyangdimilikiolehseseorangyangtercermindalampolapikirnyaterhadapdirisendiripolapikirpribadipolapikirsosialdanpolapikirlingkungan.Polapikirpribadimeliputikarakterjujurtawakkal/berserahdirisetiarendahhatidanmandiri.Polapikirsosialmeliputikebajikansolidaritaspengendaliandiridantenggangrasa.Sedangkanpolapikirlingkunganmeliputisikapmenjagaharmonisasidenganalamdansikapfleksibel.Terdapatkoneksitasyangbersifatlinierantarapolapikirpribadipolapikirsosialdanpolapikirlingkungan.Polapikirlingkunganterbangundaripolapikirsosialyangmanapembentukanpolapikirsosialdidukungolehpolapikirpribadi.(2)DeskripsiidentitasmenurutpemahamanetnisSaminadalahcirikhususyangdiperolehdaridefinisidiridanpenilaianoranglainterhadapkeunikanpandangansikapdanperilakuyangdimilikiolehsekelompokorangmengenaiunsurkeyakinan/religiusitaspembagianperangenderdanpolakerja.Religiusitasituadanyahanyasatudalamhatiyangterekspresikanberupasatusifatlakonyaitukebaikan.Semuaagamaadalahbaik.Setiaporangharusmengikutitatacaraberibadahyangditentukanolehagamanyamasing-masingsebagaibekalmenghadapikehidupankekal.Identitasgendermerujukpadakesetaraanperanyangdilabelkankepadalaki-lakidanperempuandalamkehidupanrumahtanggadalampembagianperandomestikdanperanpublik.Identitaskerjameliputiuletoptimisintegritasdanindependen.Terdapatkoneksitasantaraidentitasreligiidentitasgenderdanidentitaskerja.Pengejawantahanidentitasgenderyangdiwujudkanmelaluiperilakuinteraksidanpembagianperanantaralaki-lakidanperempuanmerupakansalahsatuunsurperwujudanibadah.Selainituperwujudansikapuletoptimisintegritasdanindependenyangditampilkanolehseseorangdalambekerjajugadimaknaisebagaiwujudperilakuibadah.(3)DeskripsipekerjaanmenurutpemahamanetnisSaminadalahserangkaianaktivitasataukegiatanyangdilakukanolehseseorangyangmembutuhkanpenyiapanketerampilansecarakhususdandiarahkanuntukmencapaitujuantertentuyangberkaitandenganpencapaianhasilmaterialdannonmaterial.Prosespenyiapanketerampilankerjadilakukanmelaluiimitasidanidentifikasiterhadapketerampilanyangdimilikiolehorangtuanya.Dalammelakukanpekerjaanapapunsetiapindividuharusmenampilkansikapamanahdandapatdipercayasertadilandasiolehmotifaltruistiksehinggamampumencapaiketenteramanhidupsebagaihasilakhirdaripekerjaan.Etoskerjamemilikikoneksitasdengankepuasankerja.Terciptanyaetoskerjadidukungolehproseseksplorasipotensidiriyangdilakukanmelaluiimitasidanidentifikasi.(4)DeskripsibelajarmenurutpemahamanetnisSaminadalahsuatuprosesperubahanyangdilakukanolehseseorangmelaluipenerapanstrategitertentuuntukmendapatkanpenguasaanketerampilankerjadankecakapanhidup.Belajarmembutuhkanpenerapanstrategidanmemilikitujuanyangingindicapai.Strategibelajarmemilikikoneksitasdenganmaknabelajar.Strategibelajaryangterdiriatasbelajarsecaralisandanbelajarsambilmelakukanmemilikikoneksitasdenganmaknabelajaruntukmemilikiketerampilankerjadankecakapanhidup.(5)DeskripsiinteraksisosialmenurutpemahamanetnisSaminadalahkonsepmengenairangkaianperilakuseseorangyangdiarahkansecarasadaruntukmenjalininteraksidenganoranglainyangmemilikiberagamperbedaansehinggamendorongterbentuknyatanggungjawabsosial.Tanggungjawabsosialmemilikikoneksitasdenganoutputinteraksi.Tanggungjawabsosialyangditunjukkanolehsikapempatibisamendorongtumbuhnyasikaprelaberkorbandantoleransi.Tumbuhnyasikaptoleransimemilikikontribusipadaterbentuknyasikappluralisdanpersahabatan.Disisilainsikaprelaberkorbandapatmenumbuhkansikapaltruistik.Berdasarkanpadakoneksitastersebutmakatampakbahwaaltruistikpluralisdanpersahabatansecarasimultandapatmendukungterciptanyakehidupanyangdamai.(6)Teknikpewarisannilai-nilaiajaranSamindapatdilakukandenganmemanfaatkanpraktiklokalyaitumelaluitradisilisanyangdisebutsebagaijagonganmelaluimacakandhalancritadanmelaluipermainantradisional(dhakondhingkikoglak-aglikdanpasaran)untukmengembangkanunsur-unsurkepribadianyangterdiriataskarakteridentitaspekerjaanakademikdansosial.Jikainginmengembangkanunsur-unsurkepribadianyangterdiriataskarakteridentitaspekerjaanakademikdansosialmakagunakanteknikpewarisannilai-nilaiajaranSamindenganmemanfaatkanpraktiklokalyaitumelaluijagonganmelaluimacakandhalancritadanmelaluipermainantradisional(dhakondhingkikoglak-aglikdanpasaran).Aktivitasdalampermainandhakondandhinglikoglak-aglikmemilikikoneksidenganupayamengembangkankarakter.Aktivitasjagonganmemilikikoneksidenganpenegasanidentitas.Macakandhalancritamemilikikoneksidenganpencerahanpekerjaandanakademik/belajar.Aktivitasdalampermainanpasarandapatdigunakanuntukmenumbuhkanketerampilaninteraksisosial.Teknik-tekniktersebutmerupakanbagiandaristrategiimunisasidiridaninternalisasinilai-budayapemberdayaan(empowering)sertasensitisasisosial(sarasehan)bagikonseli.Berdasarkanpadahasilpenelitianmakasarandisampaikankepada1)KonselorSekolah/GuruPembimbingkhususnyayangbertugasdisekolahsekitaretnisSamindiharapkandapatmemahamikepribadianetnisSaminyangtercermindariunsurkarakteridentitaspekerjaanakademik/belajardansosialmengetahuikonstruksiteknikkonselingbermuatanbudayaetnisSaminmeliputijagonganmacakandhalancritadanpermainantradisional(dhakondhingklikoglak-aglikdanpasaran)yangdapatdigunakanuntukpengembangankarakterpenegasanidentitaspencerahanpekerjaandanakademiksertapengembangankecakapansosial.2)MasyarakatdiharapkandapatmengubahpersepsinegatifmengenaimasyarakatetnisSaminyangpadamasadahuludekatdenganpenyebutankebodohankemiskinanpembangkangdanperilakuanehmenjadipandanganpositifyaitumerekaadalahmasyarakatdengankarakteristikpositifyangbisadikenalmelaluiunsur-unsurkepribadiannya.3)GenerasimudapadamasyarakatetnisSaminyangmulaimeninggalkandantidaklagimelakukanajaranyangdisampaikanolehorangtuanyaperludibimbingagardapatmewarisidanmenjalankannilai-nilaiajaransehinggaterciptagenerasimudayangmampumempertahankandanmenjalankannilai-nilaiwarisanleluhursertamemilikikepribadianpositifyangmencerminkankearifanlokal.4)Penelitiselanjutnyadiharapkanmenindaklanjutidenganmenggunakantopikyangsamanamundilakukandenganrancanganpenelitianyangberbedamisalnyaetnografiataumenggunakanfokuspenelitianlainnyauntukmemperolehsudutpandangyangberbeda.Hasilkonstruksiteknikkonselingbermuatanbudayasebagailuaranpenelitianiniperludivalidasimenggunakanprosedurpenelitianpengembanganagarkredibeluntukditerapkandalamlayanankonseling.