Pengaruh model pembelajaran project citizen terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (studi eksperimen pada pembelajaran ppkn kelas ix smp sunan kalijogo, jabung, malang) / Faridhotul Alfiyah Mukhlisotin

Main Author: Mukhlisotin, Faridhotul Alfiyah Mukhlisotin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/192444/
Daftar Isi:
  • BerpikirkritismerupakansalahsatukompetensiyangpentingpadaabadXXI.PPKnyangmemilikiperanpentingpadapendidikandiIndonesiaperlumengakomodasikemampuanberpikirkritisdalampembelajarannya.Tujuanpenelitianiniyakni(1)memaparkanpenerapanmodelpembelajaranProjectCitizenpadakelasIXSMPSunanKalijogoJabungMalang(2)mengujipengaruhmodelpembelajaranProjectCitizendalammeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.PenelitianyangdilaksanakanmengambiljenispenelitianldquoQuasiExperimentalrdquo.Desaineksperimenyangdijadikanacuandalampenelitianiniadalahldquopretestdanposttestcontrolgroupdesignrdquo.Datadikumpulkandarihasilpretestdanposttestkelasekperimendankelaskontrolmenggunakantesberpikirkritisberbentukbutirsoalpilihanganda.Datadianalisismenggunakanuji-t.PenelitiandilaksanakandikelasIXSMPSunanKalijogoJabungMalangpadabulanMarettahunajaran2019/2020.AdapunKompetensiDasaryangdigunakanyaitupadaKD3.6Mengkreasikankonsepcintatanahair/belaNegaradalamkonteksNegaraKesatuanRepublikIndonesia.Berdasarkanujihipotesisyangtelahdilaksanakanditemuitigakesimpulan.Pertamapadakelaseksperimenterdapatpeningkatannilairata-ratadaripretest5017keposttest8317.Keduapadakelaskontrolterdapatpeningkatannilairata-ratapretest5267menjadi6983.Ketigarata-rataN-GainScore(%)kelaseksperimenadalah6534%sehinggapenggunaanmodelpembelajaranProjectCitizenuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswadapatdikategorikancukupefektif.BerdasarkanhasilanalisisdatatemuanpenelitianiniadalahPertamaTerdapatperbedaankemampuanberpikirkritisantarakelaseksperimenyangmenggunakanmodelpembelajaranProjectCitizendengankelaskontrolyangmenggunakanmodelpembelajarankonvensional.Rata-rataskorkemampuanberpikirkritissiswadenganmodelpembelajaranProjectCitizenlebihtinggidariskorkemampuanberpikirkritissiswadenganmodelkonvensional.KeduaModelpembelajaranProjectCitizenberpengaruhdalammeningkatkankemampuanberpikirkritissiswadibuktikandenganhasiluji-tkelasekperimendankelaskontrolyangmenunjukkansignifikasikurangdari005yaitu0000lt005.