Pengaruh model pembelajaran project citizen terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (studi eksperimen pada pembelajaran ppkn kelas ix smp sunan kalijogo, jabung, malang) / Faridhotul Alfiyah Mukhlisotin
Main Author: | Mukhlisotin, Faridhotul Alfiyah Mukhlisotin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/192444/ |
Daftar Isi:
- BerpikirkritismerupakansalahsatukompetensiyangpentingpadaabadXXI.PPKnyangmemilikiperanpentingpadapendidikandiIndonesiaperlumengakomodasikemampuanberpikirkritisdalampembelajarannya.Tujuanpenelitianiniyakni(1)memaparkanpenerapanmodelpembelajaranProjectCitizenpadakelasIXSMPSunanKalijogoJabungMalang(2)mengujipengaruhmodelpembelajaranProjectCitizendalammeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.PenelitianyangdilaksanakanmengambiljenispenelitianldquoQuasiExperimentalrdquo.Desaineksperimenyangdijadikanacuandalampenelitianiniadalahldquopretestdanposttestcontrolgroupdesignrdquo.Datadikumpulkandarihasilpretestdanposttestkelasekperimendankelaskontrolmenggunakantesberpikirkritisberbentukbutirsoalpilihanganda.Datadianalisismenggunakanuji-t.PenelitiandilaksanakandikelasIXSMPSunanKalijogoJabungMalangpadabulanMarettahunajaran2019/2020.AdapunKompetensiDasaryangdigunakanyaitupadaKD3.6Mengkreasikankonsepcintatanahair/belaNegaradalamkonteksNegaraKesatuanRepublikIndonesia.Berdasarkanujihipotesisyangtelahdilaksanakanditemuitigakesimpulan.Pertamapadakelaseksperimenterdapatpeningkatannilairata-ratadaripretest5017keposttest8317.Keduapadakelaskontrolterdapatpeningkatannilairata-ratapretest5267menjadi6983.Ketigarata-rataN-GainScore(%)kelaseksperimenadalah6534%sehinggapenggunaanmodelpembelajaranProjectCitizenuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswadapatdikategorikancukupefektif.BerdasarkanhasilanalisisdatatemuanpenelitianiniadalahPertamaTerdapatperbedaankemampuanberpikirkritisantarakelaseksperimenyangmenggunakanmodelpembelajaranProjectCitizendengankelaskontrolyangmenggunakanmodelpembelajarankonvensional.Rata-rataskorkemampuanberpikirkritissiswadenganmodelpembelajaranProjectCitizenlebihtinggidariskorkemampuanberpikirkritissiswadenganmodelkonvensional.KeduaModelpembelajaranProjectCitizenberpengaruhdalammeningkatkankemampuanberpikirkritissiswadibuktikandenganhasiluji-tkelasekperimendankelaskontrolyangmenunjukkansignifikasikurangdari005yaitu0000lt005.