Komunikasi matematis siswa SMP dalam pemecahan masalah sistem persamaan Linear dua Variabel / Muhammad Awwalu Ikhtiarl
Main Author: | Ikhtiar, Muhammad Awwalul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/192429/ |
Daftar Isi:
- Komunikasimatematismerupakanprosespenyampaianide-ideataugagasanmatematikauntukmemperjelaspemahamanmatematikadenganmenggunakanpolapikiristilahdansimbolmatematikadalambentuklisandantulisankepadaoranglain.Komunikasimatematisdarisetiapsiswaberbeda-bedabergantungbeberapafaktorantaralainfaktorkemampuanmatematikakarenasetiapsiswamemilikipemahamandancarasendiridalammengekspresikanpemahamanatauide-idematematikanya.Kemampuanmatematikamerupakankecakapanseseorangdalammenggunakanpotensisertapengetahuannyadalammenyelesaikansoal.PenelitianinidilakukanuntukmengetahuikomunikasimatematissiswadenganmemberikanmasalahSistemPersamaanLinearDuaVariabel(SPLDV).MasalahSPLDVpadapenelitianinimengambilmasalahtidakrutinberupasoalceritadalamlingkupaljabarberkaitandenganmateriSPLDVSMPkelasVIII.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikankomunikasimatematissiswaSMPdalampemecahanmasalahmatematikamateriSPLDV.Subjekpadapenelitianiniadalah3siswakelasVIII.ISMPNegeri14Malangyaitu1siswadarimasing-masingkategorikemampuanmatematikatinggisedangdanrendah.IndikatoryangdigunakanpadapenelitianinidisusunberdasarkanstandarkomunikasimatematismenurutNCTMdandikombinasikandenganlangkahpemecahanmasalahmenurutPolya.Hasilpadapenelitianinimenunjukkanbahwasiswaberkemampuanmatematikatinggimemilikistrukturkomunikasimatematisyangcenderunglengkapsiswaberkemampuanmatematikasedangmemilikistrukturkomunikasimatematisyangcukuplengkapdansiswaberkemampuanmatematikarendahmemilikikomunikasimatematisyangtidaklengkap.Padatahapmemahamimasalahsiswaberkemampuanmatematikatinggidansedangcenderungmenggunakankata-katadangambaruntukmenuliskaninformasinumerikdanyangditanyakandarisoalsedangkansiswaberkemampuanmatematikarendahcenderungtidakmenjalaskanmaksuddarisimbol-simboldanpersamaanyangsiswatulis.Kemudianpadatahapmenyusunrencanasiswaberkemapuanmatematikatinggidansedangcenderungmenuliskanlangkahdemilangkahdalammenyelesaikanpermasalahanmenuliskanideataustrategipenyelesaianmasalahdalambentukkata-katadansimbolmatematikasedangkansiswaberkemampuanmatematikarendahmenuliskanrencanaoperasionalyangakandilakukannamunpadasoalnomor2siswamelakukankesalahandalammemodelkan.Padatahapmelaksanakanrencanasiswaberkemampuanmatematikatinggidansedangmenggunakanpermisalanpemodelanmatematikametodesubstitusieliminasidanbeberapaoperasihitunglainnyauntukmenyelesaikanmasalahsedangkansiswaberkemampuanmatematikarendahcenderungmenggunakanlangkahproseduraltanpamengetahuialasanlangkahyangdibuat.Kemudianpadatahapmemeriksakembalisiswaberkemampuanmatematikatinggidansedangmenuliskankesimpulandengantepatsesuaidengankontekssoalsedangkansiswaberkemampuanmatematikarendahtidakmenuliskankesimpulan.Siswaberkemampuanmatematikasedangdanrendahkurangtelitidalammemeriksakembalijawabandanmengevaluasihasilpenyelesaian.Ketigasiswamengalamikesalahanproseduraldenganmenggunakanistilahpindahruaspadatahapmelaksanakanrencana.Siswaberkemampuanmatematikatinggidansedangmembuatkesimpulansecaratertulisdanlisansedangkansiswaberkemampuanmatematikarendahhanyadenganlisan.