Komunikasi matematis siswa SMP dalam pemecahan masalah sistem persamaan Linear dua Variabel / Muhammad Awwalu Ikhtiarl

Main Author: Ikhtiar, Muhammad Awwalul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/192429/
Daftar Isi:
  • Komunikasimatematismerupakanprosespenyampaianide-ideataugagasanmatematikauntukmemperjelaspemahamanmatematikadenganmenggunakanpolapikiristilahdansimbolmatematikadalambentuklisandantulisankepadaoranglain.Komunikasimatematisdarisetiapsiswaberbeda-bedabergantungbeberapafaktorantaralainfaktorkemampuanmatematikakarenasetiapsiswamemilikipemahamandancarasendiridalammengekspresikanpemahamanatauide-idematematikanya.Kemampuanmatematikamerupakankecakapanseseorangdalammenggunakanpotensisertapengetahuannyadalammenyelesaikansoal.PenelitianinidilakukanuntukmengetahuikomunikasimatematissiswadenganmemberikanmasalahSistemPersamaanLinearDuaVariabel(SPLDV).MasalahSPLDVpadapenelitianinimengambilmasalahtidakrutinberupasoalceritadalamlingkupaljabarberkaitandenganmateriSPLDVSMPkelasVIII.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikankomunikasimatematissiswaSMPdalampemecahanmasalahmatematikamateriSPLDV.Subjekpadapenelitianiniadalah3siswakelasVIII.ISMPNegeri14Malangyaitu1siswadarimasing-masingkategorikemampuanmatematikatinggisedangdanrendah.IndikatoryangdigunakanpadapenelitianinidisusunberdasarkanstandarkomunikasimatematismenurutNCTMdandikombinasikandenganlangkahpemecahanmasalahmenurutPolya.Hasilpadapenelitianinimenunjukkanbahwasiswaberkemampuanmatematikatinggimemilikistrukturkomunikasimatematisyangcenderunglengkapsiswaberkemampuanmatematikasedangmemilikistrukturkomunikasimatematisyangcukuplengkapdansiswaberkemampuanmatematikarendahmemilikikomunikasimatematisyangtidaklengkap.Padatahapmemahamimasalahsiswaberkemampuanmatematikatinggidansedangcenderungmenggunakankata-katadangambaruntukmenuliskaninformasinumerikdanyangditanyakandarisoalsedangkansiswaberkemampuanmatematikarendahcenderungtidakmenjalaskanmaksuddarisimbol-simboldanpersamaanyangsiswatulis.Kemudianpadatahapmenyusunrencanasiswaberkemapuanmatematikatinggidansedangcenderungmenuliskanlangkahdemilangkahdalammenyelesaikanpermasalahanmenuliskanideataustrategipenyelesaianmasalahdalambentukkata-katadansimbolmatematikasedangkansiswaberkemampuanmatematikarendahmenuliskanrencanaoperasionalyangakandilakukannamunpadasoalnomor2siswamelakukankesalahandalammemodelkan.Padatahapmelaksanakanrencanasiswaberkemampuanmatematikatinggidansedangmenggunakanpermisalanpemodelanmatematikametodesubstitusieliminasidanbeberapaoperasihitunglainnyauntukmenyelesaikanmasalahsedangkansiswaberkemampuanmatematikarendahcenderungmenggunakanlangkahproseduraltanpamengetahuialasanlangkahyangdibuat.Kemudianpadatahapmemeriksakembalisiswaberkemampuanmatematikatinggidansedangmenuliskankesimpulandengantepatsesuaidengankontekssoalsedangkansiswaberkemampuanmatematikarendahtidakmenuliskankesimpulan.Siswaberkemampuanmatematikasedangdanrendahkurangtelitidalammemeriksakembalijawabandanmengevaluasihasilpenyelesaian.Ketigasiswamengalamikesalahanproseduraldenganmenggunakanistilahpindahruaspadatahapmelaksanakanrencana.Siswaberkemampuanmatematikatinggidansedangmembuatkesimpulansecaratertulisdanlisansedangkansiswaberkemampuanmatematikarendahhanyadenganlisan.