Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi segitiga / Ana Siti Rosyidah
Main Author: | Rosyidah, Ana Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/192427/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinidilatarbelakangiolehpentingnyakemampuanpenalaranmatematisdalampembelajaranmatematika.Materimatematikadipahamidenganmenggunakanpenalaransedangkanpenalarandilatihdenganbelajarmaterimatematika.Salahsatutujuanpembelajaranmatematikaadalahbelajaruntukbernalar(mathematicalreasoning)apabilasiswamemilikikemampuanpenalaranyangrendahmakacenderungsulitdalammemahamikonsepdanmenyelesaikanmasalahyangdiberikan.PemilihanmasalahmatematikaberorientasiHOTSdianggappentingkarenadalamkurikulum2013caracarapenilaiannyadiadaptasidaricaracarapenilaiandengantujuanmampumengembangkanketerampilanberpikirtingkattinggi(HigherOrderThinkingSkills).PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankemampuanpenalaranmatematissiswadalammenyelesaikanmasalahmatematikaberorientasiHOTSpadamaterisegitiga.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.SubjekdalampenelitianiniadalahenamsiswakelasIXHSMPN1Madiun.Teknikpengumpulandatamenggunakantesdanwawancara.TesdalampenelitianiniterdiridaritigasoaluraianHOTSsegitigayangdiberikankepada32siswakelasIXHSMPN1Madiun.Selanjutnyadipilihduasubjekpadamasing-masingkategoriyaitukemampuanpenalaranmatematistinggisedangdanrendahuntukdilakukanwawancaradananalisisdata.Pemilihansubjekdilakukandenganteknikpurposefulsampling.Indikatorkemampuanpenalaranmatematisyangdigunakandalampenelitianiniadalahmengajukandugaanmelakukanmanipulasimatematikamemberikanalasanataubuktidanmenarikkesimpulan.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwasiswayangmempunyaikemampuanpenalarankategoritinggimenyelesaikanmasalahHOTSsegitigasecaralengkapdanmemenuhikeempatindikatorpenalaranmatematismengajukandugaanmelakukanmanipulasimatematikamemberikanalasanataubuktidanmenarikkesimpulan.Siswayangmemilikikemampuanpenalaranmatematiskategorisedangmenyelesaikanmasalahkuranglengkapdanmemenuhiduadariempatindikatorpenalaranmatematismengajukandugaandanmenarikkesimpulan.Sedangkansiswayangmemilikikemampuanpenalaranmatematiskategorirendahmenyelesaikanmasalahsecaratidaklengkapdanhanyamemenuhisatudariempatindikatorpenalaranmatematisyaknimengajukandugaan.