Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi segitiga / Ana Siti Rosyidah

Main Author: Rosyidah, Ana Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/192427/
Daftar Isi:
  • Penelitianinidilatarbelakangiolehpentingnyakemampuanpenalaranmatematisdalampembelajaranmatematika.Materimatematikadipahamidenganmenggunakanpenalaransedangkanpenalarandilatihdenganbelajarmaterimatematika.Salahsatutujuanpembelajaranmatematikaadalahbelajaruntukbernalar(mathematicalreasoning)apabilasiswamemilikikemampuanpenalaranyangrendahmakacenderungsulitdalammemahamikonsepdanmenyelesaikanmasalahyangdiberikan.PemilihanmasalahmatematikaberorientasiHOTSdianggappentingkarenadalamkurikulum2013caracarapenilaiannyadiadaptasidaricaracarapenilaiandengantujuanmampumengembangkanketerampilanberpikirtingkattinggi(HigherOrderThinkingSkills).PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankemampuanpenalaranmatematissiswadalammenyelesaikanmasalahmatematikaberorientasiHOTSpadamaterisegitiga.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.SubjekdalampenelitianiniadalahenamsiswakelasIXHSMPN1Madiun.Teknikpengumpulandatamenggunakantesdanwawancara.TesdalampenelitianiniterdiridaritigasoaluraianHOTSsegitigayangdiberikankepada32siswakelasIXHSMPN1Madiun.Selanjutnyadipilihduasubjekpadamasing-masingkategoriyaitukemampuanpenalaranmatematistinggisedangdanrendahuntukdilakukanwawancaradananalisisdata.Pemilihansubjekdilakukandenganteknikpurposefulsampling.Indikatorkemampuanpenalaranmatematisyangdigunakandalampenelitianiniadalahmengajukandugaanmelakukanmanipulasimatematikamemberikanalasanataubuktidanmenarikkesimpulan.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwasiswayangmempunyaikemampuanpenalarankategoritinggimenyelesaikanmasalahHOTSsegitigasecaralengkapdanmemenuhikeempatindikatorpenalaranmatematismengajukandugaanmelakukanmanipulasimatematikamemberikanalasanataubuktidanmenarikkesimpulan.Siswayangmemilikikemampuanpenalaranmatematiskategorisedangmenyelesaikanmasalahkuranglengkapdanmemenuhiduadariempatindikatorpenalaranmatematismengajukandugaandanmenarikkesimpulan.Sedangkansiswayangmemilikikemampuanpenalaranmatematiskategorirendahmenyelesaikanmasalahsecaratidaklengkapdanhanyamemenuhisatudariempatindikatorpenalaranmatematisyaknimengajukandugaan.