Tuturan pertanyaan guru dalam interaksi kelas / Istiqomah Nurzafira
Main Author: | Nurzafira, Istiqomah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/192419/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinisecaraumummemilikitujuanuntukmendeskripsikanpemberiantuturanpertanyaanguruterhadapsiswadalaminteraksikelas.Secarakhususpenelitianinimendeskripsikantigahalyaitu(1)bentuktuturanpertanyaangurudalaminteraksikelas(2)tingkatkognitiftuturanpertanyaangurudalaminteraksikelas(3)fungsituturanpertanyaangurudalaminteraksikelas.Penelitianinidilakukandenganmenggunakanpendekatankualitatif.Datapenelitianiniberupatuturanpertanyaangurudalaminteraksikelas.Tuturantersebutberupakatafrasadankalimat.SumberdatapenelitianadalahseorangguruBahasaIndonesiaSMKN2Malang.Instrumenpenelitianiniadalahpenelitisebagaihumaninstrumentatauinstrumenkunci.Selainituterdapatinstrumenalatbantusepertismarthphonecatatanlapanganpanduanpengumpulandatadananalisisdata.PengumpulandatadilakukanpadabulanFebruari2020.Teknikpengumpulandatadilakukandengansimakbebaslibatcakaprekamdancatat.Adapunteknikanalisisdatadilakukandenganempattahapanyaknipengumpulandatareduksidatapenyajiandatadanpenarikansimpulan.Hasilpenelitianmengenaibentuktuturanpertanyaanguruditemukansebanyaklimabentuk.Kelimabentuktersebutyaituperihalya/tidakintonasinaikdiakhirkalimatalternatifdandeklaratif.Mayoritaspertanyaangurumenggunakanbentukperihal.Bentukpertanyaanperihalditemukanpenandaapasiapabagaimanagimanamanadimanamengapakenapaadalahberapadisebutbernamayangmana.Bentukpertanyaanya/tidakditemukanpenandayadanpelesapanpenandaya/tidak.Bentukpertanyaanintonasinaikdiakhirkalimatditemukanberupafrasakalimatyangberdirisendiripemenggalankalimatdanpemenggalansukukata.Bentukpertanyaanalternatifditemukanberupapenegaskatatanyadankatapenghubung.Bentukpertanyaandeklaratifditemukanberupakalimatpernyataandankalimatpengingkaran.Hasilpenelitianmengenaitingkatankognitiftuturanpertanyaanguruditemukansebanyaktujuhtingkatan.Ketujuhtingkattersebutyaituingatanpemahamanaplikasianalisisevaluasiinferensidankreasi.Tingkatkognitifingatanditemukankatakerjamengidentifikasimenyatakanmengemukakaninformasimendefinisikanmelanjutkansukukatamenyebutkanmenelusurimeninjaumenerjemahdanmembaca.Tingkatkognitifpemahamanditemukankatakerjamendefinisikanmenjelaskanmencirikanmerinci.Tingkatkognitifaplikasiditemukankatakerjamembericontohdanmengimplementasi.Tingkatkognitifanalisisditemukankatakerjamembandingkanmengurutkanmendiagnosismembedakanmengorelasikanmenelaah.Tingkatkognitifevaluasiditemukankatakerjamempertimbangkanmelacakmengarahkan.viTingkatkognitifinferensiditemukankatakerjamenyimpulkan.Tingkatkognitifkreasiditemukankatakerjamemprediksimerancangmencipta.Hasilpenelitianmengenaituturanfungsipertanyaanguruditemukansebanyaktujuhfungsi.Ketujuhfungsitersebutyaitumengetahuipengetahuanmemintainformasimemintakonfirmasimenggalimempererathubungansosialmengaturpergerakankelasdanmengilustrasipemikiran(retoris).Fungsimengetahuipengetahuanditemukanberupaapersepsiakademikinteraksikonteksdanpengembangankosakata.Fungsimemintainformasiditemukanberupafaktaakademikdanpendapat.Fungsimemintakonfirmasiditemukanberupapenegasandiagnostikdanecho(pengulanganrespons).Fungsimenggaliditemukanberupaalasanmenambahkuantitasdanmenambahkualitas(klarifikasi).Fungsirelasiditemukanberupasapaanpembukapercakapanhumordanbasabasi.Fungsimanajerialditemukanberupaperintahdannasihat.Fungsiwacanamonologisditemukanberupafaktayangtelahdiketahuiekspresiheranekspresibingungdanverifikasi.Simpulandarihasilpenelitianiniterdapattigapoinutama.Adapunyangpertamamengenaibentukpertanyaanyangdigunakanolehgurudidalaminteraksikelasdisesuaikandengankegunaandanharapangurumengenaijawabanyangakandiberikansiswa.Jawabanyangdapatdiberikanolehsiswadapatberupapenjelasansecararinci(terbuka)atauberupajawabansingkat(otentik/tertutup).Keduatingkatkognitifpertanyaangurudalaminteraksikelasdibagimenjaditingkatankognitiftinggidankognitifrendah.Pertanyaanguruyangmampumenarikperhatiansiswauntukberpikirsecaramendalamdankritismerupakanpertanyaanyangmemilikitingkatankognitiftinggisedangkanpertanyaandengankognitifrendahmerupakanlangkahawalmenujupemikiransiswayangkompleksmengetahuipengetahuanyangdimilikisiswasertadapatmenghindarikesenyapanyangterjadidalaminteraksikelassebabmemilikiresponsjawabanyangcepatdarisiswa.Ketigafungsipertanyaangurudalaminteraksikelasmemilikiduasifatyaituakademikdannonakademik.Fungsipertanyaanguruyangbersifatakademikmerupakanpertanyaanyangterkaitdengankognitif/pengetahuanmateripelajaran.Sedangkanfungsipertanyaangurudenganfungsinonakademikmerupakanpertanyaanyangtidakmemilikikontenmateripelajaranakantetapimemilikifungsipenunjangdalammembangunsituasididalamprosespembelajaran.Saranyangdiberikanberdasarkanhasilpenelitiandapatditunjukkankepadatigapihakyaitugurupenulisbukupedagogikdanpenelitiselanjutnya.Penelitianinidapatdijadikangurusebagaikajiantambahanmengenaiketerampilanmemberituturanpertanyaankepadasiswadalaminteraksikelas.Hasilpenelitianinidapatdijadikansebagaireferensiolehpenulisbukupedagogikmengenaituturanpertanyaankepadasiswadidalamprosespembelajaranterkaitkompetensigurudalammengajar.Bagipenelitiselanjutnyadapatmengembangakanfokuspenelitianyangberkaitandenganpertanyaanguru.Selainitupenelitiselanjutnyajugadapatmelakukanpenelitianyangserupadisekolahataudaerahyangberbeda.