Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan lectora inspire 18 pada materi dinamika kependudukan di indonesia / DWI CAHYANINGRUM
Main Author: | Cahyaningrum, Dwi Cahyaningrum |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/191557/ |
Daftar Isi:
- Pengembanganmediapembelajaraninididasarkanpadapermasalahanyangterjadisaatiniyaitukurangnyapemanfaatanmediapembelajarandalamprosespembelajaranterlebihgunamenghadapituntutanpembelajaranpadaabadke-21danmasapandemiCovid-19.Mediapembelajaranhendaknyadisesuaikandengankebutuhansiswagurudankarakteristikmatapelajaran.Fenomenainilahyangmenjadisebuahpeluangdalammelakukaninovasidibidangpendidikan.Tujuandilaksanakanpenelitianpengembanganyaitumenghasilkanprodukmediapembelajaranyanginovatif.MediayangdirencanakanialahmediapembelajaraninteraktifdenganLectoraInspire18.ModelpengembanganyangdiambilpadapenelitianiniialahmodelpengembanganyangdiadaptasidarimodeldesaininstruksionalADDIEyangmeliputitahapAnalisis(analysis).Desain(design)Pengembangan(development)implementasi(Implement)danevaluasi(evaluation).MateriyangdigunakandalampenelitianiniyaituDinamikaKependudukandiIndonesiayangtelahdisesuaikandengankurikulum2013revisi.SubjekujicobadaripenelitianiniadalahgurugeografidansiswakelasXIdiSMANegeri5Malang.Mediapembelajaranyangdikembangkantelahdiujivaliditasolehahlimateridanahlimediauntukmendapatrevisidankevalidandalampengembanganproduk.Hasilakhirberupaprogramatauperangkatlunak(Software)denganformathtmlyangdapatdiaksesmelaluimobilephonesaatberadadimanasajadankapansajasehinggadapatmempermudahpenggunadalammenggunakanmediapembelajaran.Produkakhirtelahdiaplikasikanuntukmendapatrespongurugeografidansiswa.TanggapangurudansiswaterhadapmediapembelajaraninteraktifdenganLectoraInspire18yangtelahdikembangkansangatbaik.Analisisvalidasiahlimaterivalidasiahlimediasertaangkettanggapangurudansiswamenunjukanangka8815%sehinggadapatdiartikanbahwamediapembelajaraninterktifdenganLectoraInspire18untuksiswakelasXIpadamateriDinamikaKependudukandiIndonesiadapatdikategorikansangatlayakdandapatdigunakansebagaimediapembelajaran.