Keefektifan metode klarifikasi nilai untuk meningkatkan kesadaran akan nilai toleransi pada siswa smp / Deny Purwanti

Main Author: Purwanti, Deny
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/1914/
Daftar Isi:
  • KataKunciklarifikasinilaikesadaranakannilaitoleransi.Toleransimerupakansuatukunciuntukbersosialisasidanhidupdengandamaidilingkunganmasyarakatyangpenuhdengankeragamandandiwarnaidenganberbagaiperbedaan.Melihatfaktayangadadalamkehidupanmasyarakatdewasainimasihbanyakkejadian-kejadianyangdiakibatkanolehkurangnyakesadaranbertoleransiantarindividu.Olehkarenaitudiperlukansuatumetodespesifikuntukmengembangkankesadaranakannilaitoleransipadasiswa.Salahsatumetodeyangdapatdigunakanuntukmeningkatkankesadaranakannilaitoleransiadalahmetodeklarifikasinilai.PenelitianbertujuanmengujikeefektifanmetodeklarifikasinilaidalammeningkatkankesadaranakannilaitoleransipadasiswaSMP.MetodeKlarifikasiNilaiadalahsuatulangkah-langkahyangsistematisyangdigunakanuntukmembantusiswamengkajinilai-nilaiyangadapadadirinya.Siswadapatmemilihnilaisesuaidenganapayangdiyakinidandapatmerencanakantindakansertabertindaksesuaidengannilai-nilaiyangadapadadirinyayangdiyakinikebenaranya.PenelitianinimenggunakanPre-testandPost-TestOneGroupDesigndesaineksperimendiobservasisebanyakduakaliyaitusebelumeksperimendansesudaheksperimen.Subjekpenelitianadalahsepuluhorangsiswayangmemilikiklasifikasiskorskalakesadaranakannilaitoleransirendahdansedangdenganmengunakancontohkasussebagaimediadalampelaksanaanmetodeklarifikasinilai.HasildaripengumpulandatadianalisisdenganujiWilcoxonSignedRankTest(WSRT).BerdasarkanhasilanalisisdatadiperolehkesimpulanbahwametodeklarifikasinilaiefektifuntukmeningkatkankesadaranakannilaitoleransipadasiswaSMPyangjugadapatdilihatdarikenaikanskorposttestsetelahpemberianperlakuan.Beberapasaranyangperludipertimbangkandalampenelitianiniadalahsebagaiberikut(1)Bagikonselorsebaiknyamenggunakankasus-kasusyangmudahdifahamidantidakterlalupanjangagarsiswamudahmemahamikasuskasusyangberkenaandengannilaitoleransi.Denganmemahamikasusakanmempermudahsiswamelakukanpenilaiansesuaidengannilai-nilaiyangadadalamdirinya.(2)Bagipenelitiselanjutnyahendaknyamelakukanneedassessmenttentangnilaiyangakandiklarifikasisehinggametodeinidapatbermanfaatdantepatgunabagisiswa.