Keefektifan metode klarifikasi nilai untuk meningkatkan kesadaran akan nilai toleransi pada siswa smp / Deny Purwanti
Main Author: | Purwanti, Deny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/1914/ |
Daftar Isi:
- KataKunciklarifikasinilaikesadaranakannilaitoleransi.Toleransimerupakansuatukunciuntukbersosialisasidanhidupdengandamaidilingkunganmasyarakatyangpenuhdengankeragamandandiwarnaidenganberbagaiperbedaan.Melihatfaktayangadadalamkehidupanmasyarakatdewasainimasihbanyakkejadian-kejadianyangdiakibatkanolehkurangnyakesadaranbertoleransiantarindividu.Olehkarenaitudiperlukansuatumetodespesifikuntukmengembangkankesadaranakannilaitoleransipadasiswa.Salahsatumetodeyangdapatdigunakanuntukmeningkatkankesadaranakannilaitoleransiadalahmetodeklarifikasinilai.PenelitianbertujuanmengujikeefektifanmetodeklarifikasinilaidalammeningkatkankesadaranakannilaitoleransipadasiswaSMP.MetodeKlarifikasiNilaiadalahsuatulangkah-langkahyangsistematisyangdigunakanuntukmembantusiswamengkajinilai-nilaiyangadapadadirinya.Siswadapatmemilihnilaisesuaidenganapayangdiyakinidandapatmerencanakantindakansertabertindaksesuaidengannilai-nilaiyangadapadadirinyayangdiyakinikebenaranya.PenelitianinimenggunakanPre-testandPost-TestOneGroupDesigndesaineksperimendiobservasisebanyakduakaliyaitusebelumeksperimendansesudaheksperimen.Subjekpenelitianadalahsepuluhorangsiswayangmemilikiklasifikasiskorskalakesadaranakannilaitoleransirendahdansedangdenganmengunakancontohkasussebagaimediadalampelaksanaanmetodeklarifikasinilai.HasildaripengumpulandatadianalisisdenganujiWilcoxonSignedRankTest(WSRT).BerdasarkanhasilanalisisdatadiperolehkesimpulanbahwametodeklarifikasinilaiefektifuntukmeningkatkankesadaranakannilaitoleransipadasiswaSMPyangjugadapatdilihatdarikenaikanskorposttestsetelahpemberianperlakuan.Beberapasaranyangperludipertimbangkandalampenelitianiniadalahsebagaiberikut(1)Bagikonselorsebaiknyamenggunakankasus-kasusyangmudahdifahamidantidakterlalupanjangagarsiswamudahmemahamikasuskasusyangberkenaandengannilaitoleransi.Denganmemahamikasusakanmempermudahsiswamelakukanpenilaiansesuaidengannilai-nilaiyangadadalamdirinya.(2)Bagipenelitiselanjutnyahendaknyamelakukanneedassessmenttentangnilaiyangakandiklarifikasisehinggametodeinidapatbermanfaatdantepatgunabagisiswa.