Keefektifan metode klarifikasi nilai untuk meningkatkan kesadaran akan nilai disiplin diri siswa SMP / oleh Bayu Dwihandrianto

Main Author: Dwihandrianto, Bayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/1912/
Daftar Isi:
  • KataKunciklarifikasinilaikesadarandisiplindirisiswaSMPKesadaranakannilaidisiplindiridapatdiartikansebagaisuatukemampuanataupemahamanmengenaisikapdisiplinsertamengertisegalaperbuatanyangmengandungnilaidisiplindankemudiandapatmerealisasikankedalambentukyangnyatasehinggadapatberperilakupatuhterhadapperatuarantatatertibatautundukpadapengawasan.Fenomenayangterjadidimasyarakatsaatiniyaitupelanggaranterhadaplalulintassehinggamenyebabkanmacetdanseringnyaterjadikecelakaandijalanhaltersebutmerupakansalahsatucontohakibatkurangnyakesadaranakannilaidisiplindiridimasyarakat.Yangbertanggungjawabmengurusimasalahdisiplindiriadalahlingkungankeluargasekolahdanmasyarakat.Metodeklarifikasinilaidapatmenjadialternatifuntukmeningkatkankesadaranakannilaidisiplindirikarenadalampenerapannyamemilikibeberapatahapmeliputimemilihmenghargaidanmerefleksisehinggadapatmemperluaswawasansiswamengenaikeanekaragamannilai-nilaikesadarandisiplindirisiswaPenelitianinibertujuanmengujikeefektifanpenggunaanmetodeklarifikasinilaiuntukmeningkatkankesadaranakannilaidisiplindirisiswaSMP.SiswaSMPyangmemilikikesadaranakannilaidisiplindiriadalahsiswayangdapatmengertitentangsemuaaturandantatatertibyangadadalammasyarakatataupunsekolahsertadapatmerealisasikankedalamperbuatansehari-harisehinggadapatberperilakupatuhterhadapperaturansertasadarbahwadirinyaharusmenjauhisegalasesuatuyangbersifatmelanggardanmencobamembinadiriuntukselalumenjalankanaturandantatatertibyangada.Metodepenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahexperimenttheonegrouppretest-postestdenganrancangantreatmentsebanyak10kali.SubjekpenelitianadalahsepuluhorangsiswaSMPyangmemilikikriteriakesadaranakannilaidisiplindirisedangdanrendahyangdiukurdenganmenggunakaninventorikesadaranakannilaidisiplindirisiswaSMP.PengumpulandatapenelitianinimenggunakaninventorikesadaranakannilaidisiplindirisiswaSMPyangdiberikanpadaawaldanakhirperlakuan.Hasilpengumpulandatatelahdianalisisdenganmenggunakanujiwilcoxon.HasilanalisisdapatdisimpulkanbahwadalampenelitianeksperimeninipenggunaanklarifikasinilaiefektifuntukmeningkatkankesadaranakannilaidisiplindirisiswaSMPyangdapatdilihatdarikenaikanskorpadaposttestdiakhirpertemuansertahasildarirefleksidirisiwaselamapemberiantreatment.Saranyangperludiperhatikanbagipenelitilaindalammelakukanpenelitianserupayangbertujuanuntukmeningkatkankesadaranakannilaidisiplindiriadalahsebagaiberikut(1)saranaplikasiteknikyaitudalampenggunaanteknikklarifikasinilaiberupapemberiancontohkasus/masalahhendaknyaperlumelakukanvalidasiinternalserta(2)saranpengembanganuntukpenelitiselanjutnyadapatmenggunakanteknikdanmediayangsamaakantetapidisarankanmenggunakankelompokkontrol.