Pengembangan media bimbingan kematangan intelektual untuk siswa di SMA/SMK/MA / Noveliya Hendrawaty
Main Author: | Hendrawaty, Noveliya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/1908/ |
Daftar Isi:
- KatakunciMediakematanganintelektual.SiswaSMA/SMKtermasukdalamjenjangusiaremaja.Remajasudahmampumengambilkeputusan-keputusantentangmasadepansepertimemilihtemanstudilanjutandanmemilihkarier.Salahsatuaspekperkembanganyangperluuntukdikembangkanolehremajaadalahaspekkematanganintelektual.Sebabkematanganintelektualberhubungandengankemampuanremajadalammengambilkeputusanataumemecahkanmasalahsedangkanmasaremajaadalahmasatransisiindividudarianak-anakmenjadidewasadimanamerekabarubelajarmemecahkanmasalahnyasendirisetelahselamamasakanak-kanakmasalahmerekadiselesaikanolehorangtua.TujuanpengembanganmediabimbinganiniadalahmengembangkanmediabimbingankematanganintelektualuntuksiswaSMA/SMKdaninformasibudaya-budayaterkaityangvaliddanmenghasilkanbentukmediapengembangankematanganintelektualyangmemilikivaliditasdanketerterimaantinggi.ProdukyangdihasilkandaripengembanganiniadalahmediabimbinganyangterdiridariRPBK(RencanaPelayananBimbingandanKonseling)yaitupanduanuntukkonselorLKBK(LembarKerjaBimbingandanKonseling)yangberisimateriuntukdibacasiswadanLIBK(LembarIsianBimbingandanKonseling)yangberisilatihan-latihanuntuksiswa.Penelitianinimerupakanpenelitianpengembanganyangmenggunakanlangkah-langkahpengembangandariBorgandGall(1983)yangterdiriatastahap(1)mengkajiliteraturdanmengumpulkaninformasi(2)mendesainproduk(3)ujicobaproduk1(4)revisi(5)ujicobaproduk2(6)revisi(7)produkakhir.SubjekujicobaahliadalahempatdosendariProgramStudiBimbingandanKonseling.Subjekcalonpenggunaprodukdalamujicobakelompokkeciladalah4konselordan16siswaSMAN1GadingdanSMKN1GendingKabupatenProbolinggo.Subyekujicobakeduasamadenganujicobapertamanamunjumlahsiswalebihbanyakyaitu52siswadariSMAdanSMK.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataadalahlembarpenilaian.Lembarpenilaiandianalisisdenganmenggunakanmetodekualitatifyaitudenganmendeskripsikandatahasilanalisis.Hasilpengembangankematanganintelektualberisimateri(1)pengenalanmempelajaricara-carapengambilankeputusandanpemecahanmasalahsecaraobjektif(2)akomodasimenyadariakankeragamanalternatifkeputusandankonsekuensiyangdihadapinya(3)tindakanmengambilkeputusandanpemecahanmasalahatasdasarinformasi/datasecaraobketif.BentukmediapengembanganmediayangmemilikivaliditasdanketerterimaantinggiberupasatuanmediayangterdiridariRPBK(RancanganPelayananBimbingandanKonseling)sebagaipeganganataupanduanuntukkonseloruntukmembantukonselormemahamitatacarapengerjaanLKBKdanLIBKLKBK(LembarKerjaBimbingandanKonseling)berisimateriatauinformasiuntuksiswadangambar-gambaryangmenunjangmateriagarlebihmenarikdanLIBK(LembarIsianBimbingandanKonseling)yangberisilatihan-latihanisianuntuksiswabaiklatihanindividumaupunkelompoksertatempatbagisiswauntukmengekspresikanperasaannyadalamkolomyangtelahdisediakan.Saranyangdiberikanbagikonseloradalah(1)konselordapatmemahamiprosedurpelaksanaanpenggunaanmediadanmenguasaimateri(informasi)bimbinganagarsiswadapatmencapaitujuanyangdikehendaki(2)konselordapatlebihaktifdankreatifdalammengembangkanmediabimbingandisesuaikandengankebutuhansiswa(3)hendaknyakonselormenindaklanjutihasilevaluasidiriyangdikerjakanolehsiswadenganmelakukankonselingindividuataukelompokbiladiperlukan.Saranyangdiberikanuntukpenelitiselanjutnyaadalah(1)adanyapenelitianlebihlanjutmengenaiefektifitaspenggunaanmediabimbinganaspekkematanganintelektualterhadappemahamansiswaatautindakanbimbingan(2)Validasipadaahlisebaiknyadilakukanlebihdarisatukaliagarprodukdapatlebihvaliddansempurna.