Peningkatan pemahaman konsep fisika dengan pola pendekatan siswa berpikir kritis dan kreatif (SPIKK) pada pokok bahasan listrik statik kelas II catur wulan I tahun pelajaran 2000-2001 di SMU Negeri 1 Banjarmasin Kalimantan Selatan / oleh Robertus Margono
Main Author: | Margono, Robertus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2007
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/19012/ |
Daftar Isi:
- PemahamaknonsepfisikamerupakansalahsatufaktoryangpalingpentinguntukdiperhatrkadnalamprosesbelajarmengajadrikelasIIrsMUNegeriIBanjarbaruKalimantaSnelatanB.erdasarkahnasilwawancaradanobservaskielasII3adalahkelaspalingsulitdalammenerimamateripelajaranyaituapabiladihadapkanpadapemahamankonsepfisika.KesulitanyangdialamidalampemahamaknonsepfisikaadalahkarenasebagiabnesarsiswakurangkritisdankurangkreatifdalammengikutiprosesbelajarmengaJakrhususnyapadamateripelajaranfisikayangmengutamakapnemahamaknonsep.Atasdasarkenyataantersebudtiatasmakaperludilakukanpenelitiantindakankelasdengantujuanmempgrbaikaitaumeningkatkapnemahama[nonsepfisikakelasIIrSMUNegeriIBanjarbaru.Pendekataynangdigunakanpadapenelitianiniadalahpendekataknualitatifsedangkanjenpisenelitianiniadalahpenelitiantindakaknelasyangterdiridari2siklus5kalipertemuantiappertemuan2jampelajaran.SumberdatapemahamankonsepfisikadigalidarisumberprimermerupakandataempirisyangberupaperilakusiswakelasII3yaitusaatprosesbelajarmengajabrerlangsungyangberkaitandengantindakankelas.Sedangkandatalainnyadiperolehmelaluiperantaraataupihaklainmerupakandatasekunder.DalampenelitianinipenelitibertindaksebagapierencanapengumpuladnatapenganalispaenafsirdatadansebagapielaksanpaengajaransertasebagapielaporhasilpenelitianP.rosedurpengumpulandatadilakukandenganteknikobservasiwawancaradandokumentasAi.nalisadatayangdilakukanyaitu(I)mereduksi(2)displaydata(3)menarikkesimpulanverifikasidanrefleksi.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwasiswakelasIIjsMUNegeriIBanjarbaruKalimantanSelatanjauhmengalampierubahaynaituyangtadinyapasifmeniadiactifyangtadinyakurangkritisdankurangkreatifberubahmenjadikritrsdankreatif.Jikadilihatdarinilairata-ratahasilpost-testtiapiappertemuanmengalamipeningkatanp.ost-testIrata-rat5a676post-tesItI5770post-tesItII6513danpost-tesItVrata-ratanymaencapai6736J.adidapatdisimpulkanbahwapemahamaknonsepfisikasiswakelasII-3sMUNegeri1BanjarbaruKalimantanselatandapatditingkatkandenganmenggunakapnolaPendekataSniswaBerpikirKritisdanKreatif(SplKK