Studi tentang faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pengajaran fisika yang dihadapi guru fisika kelas II SMU di Kotamadya Blitar berkaitan dengan diterbitkannya suplemen GBPP / oleh Ety Zulianingsih
Main Author: | Zulianingsih, Ety |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2007
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/19002/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinibertujuanuntukmengetahufiaktor-faktoryangmenghambatdanmendukungpelaksanaapnengajarafnisikaberkenaandenganditerbitlannyaSuplemenGBPP1999yangdihadapiolehgurufisikakelasnSvrudiKotamadvaBlitar.Metodepenelitianyangdigunakanadalahdeskriptifmelaluipendekatankualitatif.Pengambilasnampedlilakukansecarasensus-Instrumepnengumpudlatayangdigunakaradalahangket.Sedangkatneknikcnalisisdatamengguriakanpersentase.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadafaktor-faktoryangmenjadipenghambadtanpendukungpelaksanaapnengajaranfisikaberkaitandenganditerbitkannyasuplemenGBpp1999yangdihadapiolehgurufisikakelasIIsMUdixotamadyaBlitar.Faktor-faktoyrangmenjadimenghambaatdalah(l)pelaksanaanpendekataknetrampilanproses(2)tugaslainselainmengajar(3)pelakianaankegiatandemonstras(i4)pelaksanaaknegiatantugas(5b)ibanmengajayrangnelebihiketentuan(6p)elaksanaaenvaluaspiadaawalpokokbahasan/supbokokLahasan(7p)enyusunaknisi-kisisoal(8p)elaksanaaenvaluaspiadaakhirpokokbahasan(9)nrenganalisissoalevaluasi(10)penggunaabnukusumber(11)pelaksanaaknegiatanceramah(12)penyusunarnencanapengajaran(I3)pengalamamnengikutipenataran4okakary(aI4)pelaksanaanirogramperbaikanlpengayaana.Fktor-faktoryangmenjadipendukungadalah([pengalamanmengajayrangcukup(2)selalumempelajarbiukupetunjukpelaksanaanprosesbelajarmengafasrebelummembuartencanapengajaran(3)latarbelakangpendidikanyangmemadai(4)pengalamapnengarahatnentangsuplemenGBpp(5)penyusunapnrogmmtahunan(6)pelaksanaaknegiatantanyajawab(7)tidakmengajabridangstudilainselainfisika(8)merumuskanTpK(9)pengembanganmateripelajaran(10)penyusunapnrogramcawu(ll)penyusunapnrogramsatuanpelajaran(12)penlusunaknomponensatuanpelajaran(13)menentukamnetodemengajar(14)merumuskankegiatanbelajarmengajar