Pengembangan pedoman sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan hubungan interpersonal siswa kelas VII SMP / Wahyu Arif Bintoro
Main Author: | Bintoro, Wahyu Arif |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/1898/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPengembanganPedomanSosiodramaKeterampilanHubunganInterpersonal.Sosiodramamerupakansuatuteknikdalambimbingankelompokyangberbentukpermainanperandapatdigunakanuntukmelatihketerampilanhubungansosialsiswa.SiswaSMPtermasukremajadenganciriutamaperlunyahubunganinterpersonalyangbaikdengantemansebayadansekitarnya.Olehkarenaituuntukmembantukonselormelatihketerampilanhubunganinterpersonalsiswatersebutperludikembangkanpedomansosiodramayangberterimasecarateoritisdanpraktis.Dengandemikiantujuanpenelitianiniadalahmenghasilkanpedomansosiodramauntukmeningkatkanketerampilanhubunganinterpersonalyangberterimasecarateoritisdanpraktis.Metodepengembanganinimenggunakanmodelpengembanganproseduraldenganmengadaptasilangkah-langkahdariBorgdanGall(Sugiyono2006)yangmeliputimenentukanpotensidanmasalahpenelitianmengumpulkaninformasimendesainprodukvalidasidesaindanrevisiproduk.PenelitiandilakukandiSMPNegeri18Malang.Berdasarkanpenilaianparaahlipedomansosiodramainiberterimasecarateoritis.Halinidapatdiketahuidarihasilpenilaianahlibimbingankonselingpadamodelsosiodramayangmenunjukkannilaireratadalamskala3danpenilaianpedomanmenunjukkanskala288.Penilaianahlidramapadamodelsosiodramamenunjukkannilaiskala317danpenilaianpedomanmenunjukkanskala303.Sedangkanpenilaiancalonpenggunaproduk(konselor)padamodelsosiodramamenunjukkannilaiskala3danpenilaianpedomanmenunjukkannilaiskala3.Daripenilaiantersebutdisimpulkanpedomansosiodramainisangatbaik.Berdasarkanujilapanganpermainansosiodramatelahterlaksanadenganbaiksehinggadapatdikatakanbaiksecarapraktis.Dengandemikianpedomansosiodramauntukmeningkatkanketerampilanhubunganinterpersonalinidapatdikatakandapatberterimasecarateorimaupunpraktis.Saranpenelitianiniadalahkonselormempelajarimemahamidanmelaksanakansosiodramauntukmeningkatkanketerampilanhubunganinterpersonaldandilaksanakansecaraberulang-ulangdalamlayananbimbingandankonseling.Bagipenelitiselanjutnyaagarpengembanganinidilanjutkankepenelitianeksperimensehinggahasilyangdilaksanakandiketahuipeningkatannya.