Pengembangan pedoman sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan hubungan interpersonal siswa kelas VII SMP / Wahyu Arif Bintoro

Main Author: Bintoro, Wahyu Arif
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/1898/
Daftar Isi:
  • KatakunciPengembanganPedomanSosiodramaKeterampilanHubunganInterpersonal.Sosiodramamerupakansuatuteknikdalambimbingankelompokyangberbentukpermainanperandapatdigunakanuntukmelatihketerampilanhubungansosialsiswa.SiswaSMPtermasukremajadenganciriutamaperlunyahubunganinterpersonalyangbaikdengantemansebayadansekitarnya.Olehkarenaituuntukmembantukonselormelatihketerampilanhubunganinterpersonalsiswatersebutperludikembangkanpedomansosiodramayangberterimasecarateoritisdanpraktis.Dengandemikiantujuanpenelitianiniadalahmenghasilkanpedomansosiodramauntukmeningkatkanketerampilanhubunganinterpersonalyangberterimasecarateoritisdanpraktis.Metodepengembanganinimenggunakanmodelpengembanganproseduraldenganmengadaptasilangkah-langkahdariBorgdanGall(Sugiyono2006)yangmeliputimenentukanpotensidanmasalahpenelitianmengumpulkaninformasimendesainprodukvalidasidesaindanrevisiproduk.PenelitiandilakukandiSMPNegeri18Malang.Berdasarkanpenilaianparaahlipedomansosiodramainiberterimasecarateoritis.Halinidapatdiketahuidarihasilpenilaianahlibimbingankonselingpadamodelsosiodramayangmenunjukkannilaireratadalamskala3danpenilaianpedomanmenunjukkanskala288.Penilaianahlidramapadamodelsosiodramamenunjukkannilaiskala317danpenilaianpedomanmenunjukkanskala303.Sedangkanpenilaiancalonpenggunaproduk(konselor)padamodelsosiodramamenunjukkannilaiskala3danpenilaianpedomanmenunjukkannilaiskala3.Daripenilaiantersebutdisimpulkanpedomansosiodramainisangatbaik.Berdasarkanujilapanganpermainansosiodramatelahterlaksanadenganbaiksehinggadapatdikatakanbaiksecarapraktis.Dengandemikianpedomansosiodramauntukmeningkatkanketerampilanhubunganinterpersonalinidapatdikatakandapatberterimasecarateorimaupunpraktis.Saranpenelitianiniadalahkonselormempelajarimemahamidanmelaksanakansosiodramauntukmeningkatkanketerampilanhubunganinterpersonaldandilaksanakansecaraberulang-ulangdalamlayananbimbingandankonseling.Bagipenelitiselanjutnyaagarpengembanganinidilanjutkankepenelitianeksperimensehinggahasilyangdilaksanakandiketahuipeningkatannya.