Keefektifan klarifikasi nilai untuk meningkatkan kesadaran akan nilai keadilan pada siswa SMP / Rizki Erdiantoro

Main Author: Erdiantoro, Rizki
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/1894/
Daftar Isi:
  • KatakunciklarifikasinilaikesadaranakannilaikeadilancontohkasusKesadaranakannilaikeadilanpentingsekalidimilikiuntukmenciptakanmanusiayangmampubertindakadildalamkehidupan.Sedangkanketidakadilanmerupakanpenghalangbagimanusiauntukbersikappositifkhususnyaremaja.KurangnyakesadaranakannilaikeadilanpadasiswaSMPditunjukanpadaaspekkesewenang-wenanganmencontekperkelahiandanpenganiayaan.Nilaikeadilansebenarnyaadapadadirimerekaakantetapikesadaranuntukmemunculkannyamasihkurang.Denganmeningkatkankesadaranakankeadilanmerekabelajarbagaimanamengenaldiridanlingkungannyasehinggaterhindardarimasalah-masalahyangterkaitdenganhubungansosialsertakenakalanremaja.Klarifikasinilai(valuesclarification)memberipenekananpadausahamembantusiswadalammengkajiperasaandanperbuatannyasendiriuntukmeningkatkankesadaranmerekatentangnilai-nilaimerekasendiri.Teknikklarifikasinilaidimulaidaripenyajianpolasejumlahceritaberupacontohkasusyangmengandungkonfliknilaidenganpancingan-pancinganpertanyaanSubyekcobadilibatkandalamsuasanaceritadandidoronguntukmenjelaskanperasaandannilaiyangadapadadirinyasertamengambilkeputusandanargumentasiyangkuat.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuikeefektifanklarifikasinilaiuntukmeningkatkankesadaranakannilaikeadilansiswaSMP.SubjekpenelitianyangdigunakanadalahsiswaSMPberjumlah8siswa.Metodepengumpulandatapenelitianiniadalahpenelitianeksperimenonegrouppretest-posttestdesign.PengumpulandatayangdigunakanberupaskalakesadaranakannilaikeadilansiswaSMPyangdiberikanpadaawaldanakhirperlakuansertadatakualitatifjawabansiswa.DatayangsudahterkumpuldianalisisdenganmenggunakanstatistiknonparametrikujiwilcoxondanberdasarkanhasilanalisisdapatdisimpulkanbahwaklarifikasinilaidenganmenggunakancontohkasusefektifuntukmeningkatkankesadaranakannilaikeadilansiswaSMP.Halinidapatdilihatdarikenaikanskorpadaposttesdiakhirpertemuan.Beberapasaranyangperludipertimbangkandalampenelitianiniadalahsebagaiberikut(1)dalammengaplikasikanteknikinikonselorharusmempersiapkanbahanbacaanyangsesuaidenganusiakelompokeksperimendancontohkasusyangdiberikanlebihbaikmengenaimasalahyangseringdijumpaisiswadalamkehidupansehari-hari.(2)saranpengembanganuntukpenelitiselanjutnyadapatmenggunakanteknikdanmediayangsamaakantetapimenggunakankelompokkontrol