Keefektifan klarifikasi nilai untuk meningkatkan kesadaran akan nilai keadilan pada siswa SMP / Rizki Erdiantoro
Main Author: | Erdiantoro, Rizki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/1894/ |
Daftar Isi:
- KatakunciklarifikasinilaikesadaranakannilaikeadilancontohkasusKesadaranakannilaikeadilanpentingsekalidimilikiuntukmenciptakanmanusiayangmampubertindakadildalamkehidupan.Sedangkanketidakadilanmerupakanpenghalangbagimanusiauntukbersikappositifkhususnyaremaja.KurangnyakesadaranakannilaikeadilanpadasiswaSMPditunjukanpadaaspekkesewenang-wenanganmencontekperkelahiandanpenganiayaan.Nilaikeadilansebenarnyaadapadadirimerekaakantetapikesadaranuntukmemunculkannyamasihkurang.Denganmeningkatkankesadaranakankeadilanmerekabelajarbagaimanamengenaldiridanlingkungannyasehinggaterhindardarimasalah-masalahyangterkaitdenganhubungansosialsertakenakalanremaja.Klarifikasinilai(valuesclarification)memberipenekananpadausahamembantusiswadalammengkajiperasaandanperbuatannyasendiriuntukmeningkatkankesadaranmerekatentangnilai-nilaimerekasendiri.Teknikklarifikasinilaidimulaidaripenyajianpolasejumlahceritaberupacontohkasusyangmengandungkonfliknilaidenganpancingan-pancinganpertanyaanSubyekcobadilibatkandalamsuasanaceritadandidoronguntukmenjelaskanperasaandannilaiyangadapadadirinyasertamengambilkeputusandanargumentasiyangkuat.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuikeefektifanklarifikasinilaiuntukmeningkatkankesadaranakannilaikeadilansiswaSMP.SubjekpenelitianyangdigunakanadalahsiswaSMPberjumlah8siswa.Metodepengumpulandatapenelitianiniadalahpenelitianeksperimenonegrouppretest-posttestdesign.PengumpulandatayangdigunakanberupaskalakesadaranakannilaikeadilansiswaSMPyangdiberikanpadaawaldanakhirperlakuansertadatakualitatifjawabansiswa.DatayangsudahterkumpuldianalisisdenganmenggunakanstatistiknonparametrikujiwilcoxondanberdasarkanhasilanalisisdapatdisimpulkanbahwaklarifikasinilaidenganmenggunakancontohkasusefektifuntukmeningkatkankesadaranakannilaikeadilansiswaSMP.Halinidapatdilihatdarikenaikanskorpadaposttesdiakhirpertemuan.Beberapasaranyangperludipertimbangkandalampenelitianiniadalahsebagaiberikut(1)dalammengaplikasikanteknikinikonselorharusmempersiapkanbahanbacaanyangsesuaidenganusiakelompokeksperimendancontohkasusyangdiberikanlebihbaikmengenaimasalahyangseringdijumpaisiswadalamkehidupansehari-hari.(2)saranpengembanganuntukpenelitiselanjutnyadapatmenggunakanteknikdanmediayangsamaakantetapimenggunakankelompokkontrol