Pengembangan pedoman pelaksanaan model sosiodrama untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang / Muthmainnah Wahyuningtyas

Main Author: Wahyuningtyas, Muthmainnah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/1890/
Daftar Isi:
  • KataKuncipengembanganpedomansosiodramarasapercayadiriKepercayaandirimerupakanawalkeberhasilanuntukmeraihkesuksesan.Tanpakepercayaandiriseseorangtidakakanberanimengambilinisiatifuntukbertindakdanmelakukanhal-halbaruyangakanmengantarkannyapadakesuksesan.Rasapercayadiritermasukdalamketerampilanhidupyangdapatdibelajarkandanditingkatkandisepanjangrentangkehidupanindividu.Prosespembelajaranketerampilan-keterampilanhidupdapatdilakukandilingkunganmanapunsalahsatunyadilingkungansekolah.SosiodramasebagaisalahsatuteknikbimbingandalambimbingankelompokyangberbentukpermainanperandisekolahmemilikipotensiuntukdikembangkanmenjadisebuahpedomanpelaksanaanmodelsosiodramauntukmeningkatkanrasapercayadirisiswayangpadapenelitianpengembanganinidifokuskanuntuksiswakelasVIISekolahMenengahPertama(SMP).PenelitianpengembanganinibertujuanuntukmenghasilkanpedomanpelaksanaanmodelsosiodramauntukmeningkatkanrasapercayadirisiswaKelasVIISMPyangtelahberterimasecarateoretismelaluiujiahlidantelahberterimasecarapraktismelaluiujicobaprodukterbatas(ujilapanganterbatas).Rancanganpenelitianpengembanganinimenggunakanmodelpengembanganproseduraldenganmengadaptasilangkah-langkahdariBorgdanGallyangmeliputimenentukanpotensidanmasalahpenelitianmengumpulkandatamendesainprodukvalidasidesainrevisidesainujicobaprodukdanrevisiproduk.PenelitiandilakukankepadasiswakelasVIIdiSMPNegeri20Malang.UntukmengetahuipedomanpelaksanaanmodelsosiodramayangditerimasecarateoretismaupunpraktisdilakukanujivaliditasprodukkepadaahliBKahlidramacalonpenggunaproduk(konselor)danujilapanganterbatas.Instrumenpenelitianyangdigunakanuntukmengumpulkandatavaliditasadalahformatpenilaian.Adapunhasilpengisianformatpenilaianolehahlicalonpenggunaproduk(konselor)danujilapanganterbataskemudiandianalisismenggunakanteknikanalisisdeskriptifdananalisiskualitatif.Berdasarkanpenilaianparaahlipedomanpelaksanaanmodelsosiodramainiberterimasecarateoretis.HalinidapatdiketahuidarihasilpenilaianparaahlipadaaspekspesifikasiprodukyangmenyatakanbahwapedomanpelaksanaanmodelsosiodramauntukmeningkatkanrasapercayadirisiswakelasVIIdiSMPNegeri20Malangsudahsangatbaiksebagaipedomanuntukmelaksanakanlayananbimbinganuntukmeningkatkanrasapercayadirisiswa.HasilpenilaianparaahlisecarakeseluruhanpadabukupedomanpelaksanaanmodelsosiodramamenyatakanbahwabukupedomanpelaksanaanmodelsosiodramasangatjelasdandapatdigunakansebagaipedomandalammelaksanakankegiatanbimbinganterutamapelaksanaanlayananbimbingandankonselinguntukmeningkatkanrasaiipercayadirisiswakelasVIIdiSMPNegeri20Malang.Dariujilapanganterbatasdidapatkanpeningkatanrerataskorrasapercayadirisiswadarirerataskorpre-testsebesar10366menjadi10853padarerataskorpost-testdenganprobabilitas0001005.Dengandemikianterdapatperbedaanhasilujilapanganterbatassebelumdansesudahdilaksanakanpermainansosiodrama.Untukitupedomanpelaksanaanmodelsosiodramauntukmeningkatkanrasapercayadirisiswainitelahberterimasecarapraktis.KesimpulannyapedomanpelaksanaanmodelsosiodramauntukmeningkatkanrasapercayadirisiswakelasVIIdiSMPNegeri20Malanginitelahberterimasecarateoretisdanpraktis.BerdasarkanhasildaripenelitianpengembanganinidapatdisarankanpadakonselorhendaknyamempelajarimemahamidanmengaplikasikanpedomanpelaksanaanmodelsosiodramauntukmeningkatkanrasapercayadirisiswakelasVIIinidalampelaksanaanlayananbimbingandankonseling.Bagipenelitiselanjutnyaagarpenelitianpengembanganinidilanjutkankepenelitianeksperimensehinggaakandiketahuiefektivitasdankelayakanpenerapanpedomanpelaksanaanmodelsosiodramaterhadappeningkatanrasapercayadirisiswa.