Pengembangan pedoman pelaksanaan model sosiodrama untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang / Muthmainnah Wahyuningtyas
Main Author: | Wahyuningtyas, Muthmainnah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/1890/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipengembanganpedomansosiodramarasapercayadiriKepercayaandirimerupakanawalkeberhasilanuntukmeraihkesuksesan.Tanpakepercayaandiriseseorangtidakakanberanimengambilinisiatifuntukbertindakdanmelakukanhal-halbaruyangakanmengantarkannyapadakesuksesan.Rasapercayadiritermasukdalamketerampilanhidupyangdapatdibelajarkandanditingkatkandisepanjangrentangkehidupanindividu.Prosespembelajaranketerampilan-keterampilanhidupdapatdilakukandilingkunganmanapunsalahsatunyadilingkungansekolah.SosiodramasebagaisalahsatuteknikbimbingandalambimbingankelompokyangberbentukpermainanperandisekolahmemilikipotensiuntukdikembangkanmenjadisebuahpedomanpelaksanaanmodelsosiodramauntukmeningkatkanrasapercayadirisiswayangpadapenelitianpengembanganinidifokuskanuntuksiswakelasVIISekolahMenengahPertama(SMP).PenelitianpengembanganinibertujuanuntukmenghasilkanpedomanpelaksanaanmodelsosiodramauntukmeningkatkanrasapercayadirisiswaKelasVIISMPyangtelahberterimasecarateoretismelaluiujiahlidantelahberterimasecarapraktismelaluiujicobaprodukterbatas(ujilapanganterbatas).Rancanganpenelitianpengembanganinimenggunakanmodelpengembanganproseduraldenganmengadaptasilangkah-langkahdariBorgdanGallyangmeliputimenentukanpotensidanmasalahpenelitianmengumpulkandatamendesainprodukvalidasidesainrevisidesainujicobaprodukdanrevisiproduk.PenelitiandilakukankepadasiswakelasVIIdiSMPNegeri20Malang.UntukmengetahuipedomanpelaksanaanmodelsosiodramayangditerimasecarateoretismaupunpraktisdilakukanujivaliditasprodukkepadaahliBKahlidramacalonpenggunaproduk(konselor)danujilapanganterbatas.Instrumenpenelitianyangdigunakanuntukmengumpulkandatavaliditasadalahformatpenilaian.Adapunhasilpengisianformatpenilaianolehahlicalonpenggunaproduk(konselor)danujilapanganterbataskemudiandianalisismenggunakanteknikanalisisdeskriptifdananalisiskualitatif.Berdasarkanpenilaianparaahlipedomanpelaksanaanmodelsosiodramainiberterimasecarateoretis.HalinidapatdiketahuidarihasilpenilaianparaahlipadaaspekspesifikasiprodukyangmenyatakanbahwapedomanpelaksanaanmodelsosiodramauntukmeningkatkanrasapercayadirisiswakelasVIIdiSMPNegeri20Malangsudahsangatbaiksebagaipedomanuntukmelaksanakanlayananbimbinganuntukmeningkatkanrasapercayadirisiswa.HasilpenilaianparaahlisecarakeseluruhanpadabukupedomanpelaksanaanmodelsosiodramamenyatakanbahwabukupedomanpelaksanaanmodelsosiodramasangatjelasdandapatdigunakansebagaipedomandalammelaksanakankegiatanbimbinganterutamapelaksanaanlayananbimbingandankonselinguntukmeningkatkanrasaiipercayadirisiswakelasVIIdiSMPNegeri20Malang.Dariujilapanganterbatasdidapatkanpeningkatanrerataskorrasapercayadirisiswadarirerataskorpre-testsebesar10366menjadi10853padarerataskorpost-testdenganprobabilitas0001005.Dengandemikianterdapatperbedaanhasilujilapanganterbatassebelumdansesudahdilaksanakanpermainansosiodrama.Untukitupedomanpelaksanaanmodelsosiodramauntukmeningkatkanrasapercayadirisiswainitelahberterimasecarapraktis.KesimpulannyapedomanpelaksanaanmodelsosiodramauntukmeningkatkanrasapercayadirisiswakelasVIIdiSMPNegeri20Malanginitelahberterimasecarateoretisdanpraktis.BerdasarkanhasildaripenelitianpengembanganinidapatdisarankanpadakonselorhendaknyamempelajarimemahamidanmengaplikasikanpedomanpelaksanaanmodelsosiodramauntukmeningkatkanrasapercayadirisiswakelasVIIinidalampelaksanaanlayananbimbingandankonseling.Bagipenelitiselanjutnyaagarpenelitianpengembanganinidilanjutkankepenelitianeksperimensehinggaakandiketahuiefektivitasdankelayakanpenerapanpedomanpelaksanaanmodelsosiodramaterhadappeningkatanrasapercayadirisiswa.