Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Science, technology, Engineering and Mathematics (STEM) pada materi alat optik untuk meningkatkan kreativitas peserta didik / Kana Firdausi

Main Author: Firdausi, Kana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/18871/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFirdausiKana.2018.PengembanganLembarKerjaPesertaDididk(LKPD)BerbasisScienceTechnologyEngineeringandMathematics(STEM)padaMateriAlatOptikuntukMeningkatkankreativitasPesertaDidik.SkripsiJurusanPendidikanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)SujitoS.Pd.M.Si.(II)Drs.AgusSuyudiM.PdKataKunciLembarKerjaPesertaDidik(LKPD)(ScienceTechnologyEngineeringandMathematics)STEM(analysisdesigndevelopmentimplementationevaluation)ADDIELessonStudy(LS)PerubahankurikulumyangkurangdipahamiolehparapelakupendidikanmenjadisalahsatufaktorpenghambatkemajuanpendidikandiIndonesia.HinggakinidiIndonesiapembelajaransainsdiajarkanlebihmenitikberatkanpadabagaimanamembantupesertadidikuntukmeningkatkanpengetahuankognitif.Kurikulum2013yangditerapkandiIndonesiamengubahpolapembelajaranyangduluberpusatpadapendidikmenjadipembelajaranyangberpusatpadapesertadidik.Pendidikhanyaberperansebagaipembimbingmotivatordanfasilitator.Standarprosespendidikandasardanmenengahtelahmengisyaratkantentangperlunyaprosespembelajaranyangdipadudengankaidah-kaidahpendekatansaintifik/ilmiah.Salahsatupendekatansaintifik(scienceapproach)yaitupendekatanterpaduScienceTechnologyEngineeringandMathematics(STEM).PenerapanterpaduSTEMsecaratidaklangsungmenuntutpendidikdanpesertadidikuntukberfikirkreatif.SelainmenggunakanpendekatanintegratifpendidikdituntutuntukkreatifdalammengembangkanbahanajaryangsalahsatunyaadalahLembarKerjaPesertaDidik(LKPD).SehinggatujuanpenelitianiniyaitumengembangkanmengetahuikelayakandanmengetahuiefektifitasperangkatpembelajaranberbasisSTEMuntukpesertadidikkelasXIMIPA.MetodeyangdigunakanpadapengembanganperangkatpembelajaranSTEMiniadalahmetodepenelitiandanpengembangan(researchanddevelopment).ModelyangmenjadiacuanpadapenelitianiniadalahmodelADDIE(analysisdesigndevelopmentimplementationevaluation)yangdimodifikasi.Modifikasiterletakpadatahapimplementationdanevaluationyangdilakukandalamtigasiklus.TahapimplementationdilakukandenganLSdantahapevaluationdilakukandenganrefleksihasilLS.Sedangkansiklusdilakukantigakaliuntukmendapatkanperangkatpembelajaranyangbaikdanbenar.Hasilpenelitianterbagimenjadi3yaituhasilLSsikluspertamakeduadanketiga.HasilLSsikluspertamayaituterdapatperbaikanpadalangkah-langkahpembelajaranbagiankegiatanawaldaninti.Perbaikankegiatanawalyaitumemfokuskanpesertadidikdanperbaikankegiatanintiyaitumengenalkansertamenjelaskanalat-alatyangdigunakandalampercobaan.PerbaikanLKPDterletakpadaperluditambahkangambarsetpercobaan.HasilLSsikluskeduayaitumemberikanpenjelasanlangkahkerjayanglebihdetail.GambarsetpercobaanpadaLKPDharusdiperjelas.HasilLSsiklusketigayaitumemperhatikandanmengetahuipesertadidikyangmemerlukanbimbinganlebihdibandingkanpesertadidiklainnya.