Pengaruh Pembelajaran Inquiry-Discovery melalui Tinjauan Empiris-Teoritis berbantuan web terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep Siswa SMA Kelas X Pokok Bahasan Momentum Impuls dan Tumbukan / Rizqi Maulidina Mahfi

Main Author: Mahfi, Rizqi Maulidina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/18864/
Daftar Isi:
  • RINGKASANMahfiRizqiMaulidina.2018.PengaruhPembelajaranInquiry-DiscoverymelaluiTinjauanEmpiris-TeoritisberbantuanwebterhadapPeningkatanKemampuanPemecahanMasalahdanPenguasaanKonsepSiswaSMAKelasXPokokBahasanMomentumImpulsdanTumbukan.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.WartonoM.Pd(II)Drs.DwiHaryotoM.Pd.KataKunciInquiry-Discoverymelaluitinjauanempiris-teoritiswebkemampuanpemecahanmasalahpenguasaankonsepInquiry-discoverymelaluitinjuanempiris-teoritisberbantuanwebmerupakanpembelajaranyangmenuntutsiswamelakukanpenyelidikandandiakhirpembelajaranpesertadidikdiajakuntukmemeriksadataempirisdanhasiltemuannyamelaluitinjauanteoritisyangmemanfaatkanwebuntukmenunjangkegiatanbelajaryangdapatdiaksesdenganwaktuyangtidakterbatas.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanpeningkatankemampuanpemecahanmasalahdanpenguasaankonsepsiswayangdiberipembelajaraninquiry-discoverymelaluitinjuanempiris-teoritisberbantuanwebdengansiswayangdiberipembelajarankonvensional.Penelitianinimenggunakanrancanganquasiexsperimentpretest-posttestcontrolgroupdesign.PopulasipenelitianiniadalahseluruhkelasXMIPASMAN1Manyar.SampelpenelitianyaitukelasXMIPA-1danXMIPA6sebagaikelaseksperimendankontrolyangdipilihmenggunakanteknikclusterrandomsampling.Kemampuanpemecahanmasalahdiukurmenggunakanintrumentesuraiandanpenguasaankonsepdiukurmenggunakaninstrumentespilihanganda.Instrumentesterlebihdahuludiujivaliditastarafkesukaransoaldayapembedadanreliabilitas.HasiltesdiujiprasyaratmenggunakanujinormalitasLilieforsdanUjihomogenitasmenggunakanUjiHarley.Selanjutnyadilakukanujikesamaankeadaanawalmenggunakant-testduaekordanujihipotesismenggunakanAnavaABdengantarafsigifikansi5%.HasilUjiAnavaABkemampuanpemecahanmasalahdidapatFhit8003406untukdatavarianantarpembelajaran(A)disimpulkanbahwapeningkatankemampuanpemecahanmasalahyangdibelajarkandenganpembelajaraninquiry-discoverymelaluitinjuanempiris-teoritisberbantuanweblebihtinggidaripadakelaskonvensional.Datavarianantarkemampuanawal(B)didapatFhit5284.06disimpulkanbahwapeningkatankemampuanpemecahanmasalahsiswayangberkemampuanawaltinggi-rendahyangdibelajarkandenganpembelajaraninquiry-discoverymelaluitinjuanempiris-teoritisberbantuanweblebihtinggidaripadakelaskonvensional.HasilUjiAnavaABpenguasaankonsepdidapatFhit2326406untukdatavarianantarpembelajaran(A)disimpulkanbahwapeningkatanpenguasaankonsepyangdibelajarkandenganpembelajaraninquiry-discoverymelaluitinjuanempiris-teoritisberbantuanweblebihtinggidaripadakelaskonvensional.Datavarianantarkemampuanawal(B)didapatFhit429406disimpulkanbahwapeningkatanpenguasaankonsepsiswayangberkemampuanawaltinggi-rendahyangdibelajarkandenganpembelajaraninquiry-discoverymelaluitinjuanempiris-teoritisberbantuanweblebihtinggidaripadakelaskonvensional.