Pengaruh Pembelajaran Inquiry-Discovery melalui Tinjauan Empiris-Teoritis berbantuan web terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep Siswa SMA Kelas X Pokok Bahasan Momentum Impuls dan Tumbukan / Rizqi Maulidina Mahfi
Main Author: | Mahfi, Rizqi Maulidina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18864/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANMahfiRizqiMaulidina.2018.PengaruhPembelajaranInquiry-DiscoverymelaluiTinjauanEmpiris-TeoritisberbantuanwebterhadapPeningkatanKemampuanPemecahanMasalahdanPenguasaanKonsepSiswaSMAKelasXPokokBahasanMomentumImpulsdanTumbukan.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.WartonoM.Pd(II)Drs.DwiHaryotoM.Pd.KataKunciInquiry-Discoverymelaluitinjauanempiris-teoritiswebkemampuanpemecahanmasalahpenguasaankonsepInquiry-discoverymelaluitinjuanempiris-teoritisberbantuanwebmerupakanpembelajaranyangmenuntutsiswamelakukanpenyelidikandandiakhirpembelajaranpesertadidikdiajakuntukmemeriksadataempirisdanhasiltemuannyamelaluitinjauanteoritisyangmemanfaatkanwebuntukmenunjangkegiatanbelajaryangdapatdiaksesdenganwaktuyangtidakterbatas.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanpeningkatankemampuanpemecahanmasalahdanpenguasaankonsepsiswayangdiberipembelajaraninquiry-discoverymelaluitinjuanempiris-teoritisberbantuanwebdengansiswayangdiberipembelajarankonvensional.Penelitianinimenggunakanrancanganquasiexsperimentpretest-posttestcontrolgroupdesign.PopulasipenelitianiniadalahseluruhkelasXMIPASMAN1Manyar.SampelpenelitianyaitukelasXMIPA-1danXMIPA6sebagaikelaseksperimendankontrolyangdipilihmenggunakanteknikclusterrandomsampling.Kemampuanpemecahanmasalahdiukurmenggunakanintrumentesuraiandanpenguasaankonsepdiukurmenggunakaninstrumentespilihanganda.Instrumentesterlebihdahuludiujivaliditastarafkesukaransoaldayapembedadanreliabilitas.HasiltesdiujiprasyaratmenggunakanujinormalitasLilieforsdanUjihomogenitasmenggunakanUjiHarley.Selanjutnyadilakukanujikesamaankeadaanawalmenggunakant-testduaekordanujihipotesismenggunakanAnavaABdengantarafsigifikansi5%.HasilUjiAnavaABkemampuanpemecahanmasalahdidapatFhit8003406untukdatavarianantarpembelajaran(A)disimpulkanbahwapeningkatankemampuanpemecahanmasalahyangdibelajarkandenganpembelajaraninquiry-discoverymelaluitinjuanempiris-teoritisberbantuanweblebihtinggidaripadakelaskonvensional.Datavarianantarkemampuanawal(B)didapatFhit5284.06disimpulkanbahwapeningkatankemampuanpemecahanmasalahsiswayangberkemampuanawaltinggi-rendahyangdibelajarkandenganpembelajaraninquiry-discoverymelaluitinjuanempiris-teoritisberbantuanweblebihtinggidaripadakelaskonvensional.HasilUjiAnavaABpenguasaankonsepdidapatFhit2326406untukdatavarianantarpembelajaran(A)disimpulkanbahwapeningkatanpenguasaankonsepyangdibelajarkandenganpembelajaraninquiry-discoverymelaluitinjuanempiris-teoritisberbantuanweblebihtinggidaripadakelaskonvensional.Datavarianantarkemampuanawal(B)didapatFhit429406disimpulkanbahwapeningkatanpenguasaankonsepsiswayangberkemampuanawaltinggi-rendahyangdibelajarkandenganpembelajaraninquiry-discoverymelaluitinjuanempiris-teoritisberbantuanweblebihtinggidaripadakelaskonvensional.