Pengaruh model pembelajaran inquiry training disertai teknik marry go round terhadap prestasi belajar Fisika siswa kelas X SMA / Ari June Wilyanto Tyas Nenohai
Main Author: | Nenohai, Ari June Wilyanto Tyas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18846/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKNenohaiAriJuneWilyantoTyas.2018.PengaruhModelPembelajaranInquiryTrainingdisertaiTeknikMarryGoRoundterhadapPrestasiBelajarFisikaSiswaKelasXSMA.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)SulurS.PdM.SiM.T.D(II)Dr.WartonoM.Pd.KataKunciModelPembelajaranInquiryTrainingdisertaiTeknikMarryGoRoundPrestasiBelajarFisikaSiswaUsahadanEnergiModelpembelajaraninquirytrainingmerupakansalahsatumodelyangsesuaidenganPermendikbuddanmenekankanpadascientificapproach.Padapembelajaraninquirytrainingdimaksudkanagarmampumembuatsiswaaktifdanmemberikanpengalamannyatakepadasiswadalammengkonstruksikanataumengolahinformasibaruyangtelahdidapatkannya.Penggabungandenganteknikmarrygoroundbertujuanuntukmembantusiswadalamberbagaiideatautemuanbaruyangdiperolehdengancaraberkelilingkelompokjugamelaluiteknikinisiswamampumengkomunikasikanhal-halyangdianggappenting.Penggunaanmodelpembelajaraninquirytrainingdisertaiteknikmarrygorounddapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaterhadapmaterihaliniditunjukkandenganperolehanskortesyangmenunjukkanprestasibelajarsiswa.Sehinggatujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaanprestasibelajarfisikasiswapadamateriusahadanenergidarisiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaraninquirytrainingdisertaidenganteknikmarrygorounddengansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankonvensional.DesainpenelitianiniadalahkuasieksperimendenganmenggunakanrancanganpenelitianPretestPosttestControlGroupDesign.PopulasidaripenelitianadalahseluruhsiswakelasXSMANegeri1Batu.SampeldaripenelitianiniadalahsiswakelasXMIPA2sebagaikelaskelaskontroldansiswakelasXMIPA5sebagaikelaseksperimen.Pemilihansampeldenganmenggunakanteknikclusterrandomsampling.Prestasibelajarsiswadiukurdenganmenggunakaninstrumenttesdalambentuksoalpilihangandaberjumlah20butirsoal.Sebelumdiberikankepadasamplepenelitiandilakukanujivaliditasreliabilitastarafkesukarandandayabedapadainstrumenttes.KemudianhasiltesdiusiprasyaratmenggunakanujinormalitasLilieforsdanujihomogenitasmelaluirumusF.Selanjutnyadilakukanujihipotesisdenganmenggunakanuji-tdengantarafsignifikansi5%.Hasiluji-tdidapatthit(3295)ttabel(1666)yangmenunjukkanbahwaprestasibelajarfisikasiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajarninquirytrainingdisertaiteknikmarrygoroundlebihtinggidaripadasiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajarankonvensional.Hasildariposttestmenunjukkanbahwareratadarikelaseksperimenadalah8527sedangkanreratadarikelaskontroladalah7756yangmenunjukkanrerataposttestkelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.Makadapatdisimpulkanbahwaadaperbedaandariprestasibelajarsiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaraninquirytrainingdisertaiteknikmarrygorounddengansiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajarankonvensional.