Pengaruh model pembelajaran inquiry training disertai teknik marry go round terhadap prestasi belajar Fisika siswa kelas X SMA / Ari June Wilyanto Tyas Nenohai

Main Author: Nenohai, Ari June Wilyanto Tyas
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/18846/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKNenohaiAriJuneWilyantoTyas.2018.PengaruhModelPembelajaranInquiryTrainingdisertaiTeknikMarryGoRoundterhadapPrestasiBelajarFisikaSiswaKelasXSMA.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)SulurS.PdM.SiM.T.D(II)Dr.WartonoM.Pd.KataKunciModelPembelajaranInquiryTrainingdisertaiTeknikMarryGoRoundPrestasiBelajarFisikaSiswaUsahadanEnergiModelpembelajaraninquirytrainingmerupakansalahsatumodelyangsesuaidenganPermendikbuddanmenekankanpadascientificapproach.Padapembelajaraninquirytrainingdimaksudkanagarmampumembuatsiswaaktifdanmemberikanpengalamannyatakepadasiswadalammengkonstruksikanataumengolahinformasibaruyangtelahdidapatkannya.Penggabungandenganteknikmarrygoroundbertujuanuntukmembantusiswadalamberbagaiideatautemuanbaruyangdiperolehdengancaraberkelilingkelompokjugamelaluiteknikinisiswamampumengkomunikasikanhal-halyangdianggappenting.Penggunaanmodelpembelajaraninquirytrainingdisertaiteknikmarrygorounddapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaterhadapmaterihaliniditunjukkandenganperolehanskortesyangmenunjukkanprestasibelajarsiswa.Sehinggatujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaanprestasibelajarfisikasiswapadamateriusahadanenergidarisiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaraninquirytrainingdisertaidenganteknikmarrygorounddengansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankonvensional.DesainpenelitianiniadalahkuasieksperimendenganmenggunakanrancanganpenelitianPretestPosttestControlGroupDesign.PopulasidaripenelitianadalahseluruhsiswakelasXSMANegeri1Batu.SampeldaripenelitianiniadalahsiswakelasXMIPA2sebagaikelaskelaskontroldansiswakelasXMIPA5sebagaikelaseksperimen.Pemilihansampeldenganmenggunakanteknikclusterrandomsampling.Prestasibelajarsiswadiukurdenganmenggunakaninstrumenttesdalambentuksoalpilihangandaberjumlah20butirsoal.Sebelumdiberikankepadasamplepenelitiandilakukanujivaliditasreliabilitastarafkesukarandandayabedapadainstrumenttes.KemudianhasiltesdiusiprasyaratmenggunakanujinormalitasLilieforsdanujihomogenitasmelaluirumusF.Selanjutnyadilakukanujihipotesisdenganmenggunakanuji-tdengantarafsignifikansi5%.Hasiluji-tdidapatthit(3295)ttabel(1666)yangmenunjukkanbahwaprestasibelajarfisikasiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajarninquirytrainingdisertaiteknikmarrygoroundlebihtinggidaripadasiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajarankonvensional.Hasildariposttestmenunjukkanbahwareratadarikelaseksperimenadalah8527sedangkanreratadarikelaskontroladalah7756yangmenunjukkanrerataposttestkelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.Makadapatdisimpulkanbahwaadaperbedaandariprestasibelajarsiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaraninquirytrainingdisertaiteknikmarrygorounddengansiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajarankonvensional.