Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI SMAN 1 Pacet / Nur Lailatul Mahgfiroh

Main Author: Mahgfiroh, Nur Lailatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/18801/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMahgfirohNurLailatul.2017.PengaruhModelPembelajaranKooperatifTipeTGT(TeamsGamesTournament)terhadapPrestasiBelajarFisikaMateriPemanasanGlobalSiswaKelasXISMAN1Pacet.SkripsiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AsimM.Pd(II)Drs.DwiHaryotoM.Pd.KataKuncimodelpembelajaranTeamsGamesTournament(TGT)prestasibelajarpemanasanglobalBerdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurufisikakelasXIMIASMANegeri1Pacetdiperolehinformasibahwapembelajaranfisikayangdilaksanakanmasihbelummenerapkanpembelajaransesuaikurikulum2013danpembelajarannyamasihterpusatpadagurusehinggasiswakurangaktifdalampembelajarandankurangmenyenangkanakibatnyaprestasibelajarsiswarendah.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)bagaimanapengaruhmodelpembelajaranTeamsGamesTournament(TGT)terhadapprestasibelajarfisikasiswakelasXIMIASMAN1Pacet(2)bagaimanaperbedaanprestasibelajarfisikasiswayangbelajardenganmenggunakanmodelpembelajaranTeamsGamesTournament(TGT)dengansiswayangbelajardenganpembelajarankonvensional.Penelitianinimenggunakanmetodeekperimendenganpretestposttestcontrolgroupdesign.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhpesertadidikkelasXIdiSMANegeri1Pacet.Teknikpengambilansampelpenelitianinimenggunakanteknikpengambilansampelbertujuan(purposivesampling)yaiturespondenyangterpilihmenjadianggotasampelatasdasarpertimbangantertentu.PertimbangantersebutberdasarkaninformasiyangdiperolehsecaralangsungdaripendidikyangmengajarkelasXIbahwakelasXIMIA4dankelasXIMIA5memilikikarakteristik(rata-rataprestasibelajarFisikadanaktivitasbelajar)yangsama.Prestasibelajarpesertadidikdiukurmenggunakaninstrumenyangberupatespilihanganda.Instrumenterlebihdahuludiujivaliditasreliabilitastarafkesukarandandayabeda.HasiltesdiujiprasayaratmenggunakanujinormalitasKolmogorov-SmirnovdanujihomogenitasLeveneStatics.Selanjutnyadiadakanujihipotesismenggunakanujionetailed.HasilujiOneTailedthitungttabelpadatarafsignifikansi5%sehinggaH0ditolakdanHaditerima.JadikesimpulannyaprestasibelajarfisikasiswayangdibelajarkandenganpembelajaranTeamsGamesTournament(TGT)lebihtinggidaripadayangdibelajarkandenganpembelajarankonvensional.