Pengaruh model pembelajaran Inquiry - heuristik vee terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA kelas X / Una Desy Azarine

Main Author: Azarine, Una Desy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/18791/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAzarineUnaDesy.2017.PengaruhModelPembelajaranInquiry-HeuristikVeeTerhadapPrestasiBelajarFisikaSiswaSMAKekasX.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.EdiSuprianaM.Si(II)SulurS.PdM.SiM.T.D.KatakunciInquiryHeuristikVeePrestasiBelajarKualitaspendidikansainsdiIndonesiakhususnyafisikasaatinimasihrendah.Halinidapatdilihatdarihasilprestasibelajarsiswadalamujiannasionalpadatahun2014/2015yaknirerataujiannasionalpadamatapelajaranfisikasecarakeseluruhanadalah673.Padakurikulum2013revisi2016pembelajaranyangditerapkanadalahpembelajaranyangberbasispenyingkapan/penelitian.Siswadituntutuntukmembangunpengetahuannyasendirisertaberperanaktifdalamprosespembelajaransedangkanguruhanyaberperansebagaifasilitatorpenyajidanpenilai.Olehkarenaitupenelitiberupayamenggunakansalahsatumodelpembelajaranyangberbasispenelitianyangdapatmembantusiswadalammenemukanpengetahuannyasendiriyaitumodelpembelajaraninquiry-heuristikvee.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanprestasibelajarfisikasiswayangbelajarmenggunakanmodelpembelajaraninquiry-heuristikveedengansiswayangbelajarmenggunakanmodelpembelajaraninquiry.Penelitianinimerupakanpenelitianquasiexperimentdengandesainpretest-posttestcontrolgroupdesign.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXMIASMANegeri1Kejayan.SampelyangdigunakanyaitukelasXMIA5sebagaikelaskontroldanXMIA6sebagaikelaseksperimen.Teknikpengumpulandataberupatesprestasibelajarfisikalembarobservasiketerlaksanaanpembelajarandandokumentasi.Teknikanalisisdatamenggunakanujiprasyaratdanujianalisis.DalamujiprasyaratdigunakanujililieforsuntukujinormalitasdanujiFuntukujihomogenitas.Setelahmemenuhiujiprasyaratkemudiandilakukanujianalisishipotesismenggunakanujit-onetailed.Hasilanalisisdatadidapatkanrata-ratapeningkatanprestasibelajarpadakelaseksperimenadalah4484danpadakelaskontroladalah3700.Ujianalisishipotesismenggunakanujit-onetaileddidapatkanthitung521288051671ttabel..Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapeningkatanprestasibelajarfisikasiswayangmenggunakanmodelpembelajaraninquiry-heuristikveelebihtinggidaripadasiswayangmenggunakanmodelpembelajaraninquiry.