Pengaruh model pembelajaran Inquiry - heuristik vee terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA kelas X / Una Desy Azarine
Main Author: | Azarine, Una Desy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18791/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAzarineUnaDesy.2017.PengaruhModelPembelajaranInquiry-HeuristikVeeTerhadapPrestasiBelajarFisikaSiswaSMAKekasX.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.EdiSuprianaM.Si(II)SulurS.PdM.SiM.T.D.KatakunciInquiryHeuristikVeePrestasiBelajarKualitaspendidikansainsdiIndonesiakhususnyafisikasaatinimasihrendah.Halinidapatdilihatdarihasilprestasibelajarsiswadalamujiannasionalpadatahun2014/2015yaknirerataujiannasionalpadamatapelajaranfisikasecarakeseluruhanadalah673.Padakurikulum2013revisi2016pembelajaranyangditerapkanadalahpembelajaranyangberbasispenyingkapan/penelitian.Siswadituntutuntukmembangunpengetahuannyasendirisertaberperanaktifdalamprosespembelajaransedangkanguruhanyaberperansebagaifasilitatorpenyajidanpenilai.Olehkarenaitupenelitiberupayamenggunakansalahsatumodelpembelajaranyangberbasispenelitianyangdapatmembantusiswadalammenemukanpengetahuannyasendiriyaitumodelpembelajaraninquiry-heuristikvee.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanprestasibelajarfisikasiswayangbelajarmenggunakanmodelpembelajaraninquiry-heuristikveedengansiswayangbelajarmenggunakanmodelpembelajaraninquiry.Penelitianinimerupakanpenelitianquasiexperimentdengandesainpretest-posttestcontrolgroupdesign.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXMIASMANegeri1Kejayan.SampelyangdigunakanyaitukelasXMIA5sebagaikelaskontroldanXMIA6sebagaikelaseksperimen.Teknikpengumpulandataberupatesprestasibelajarfisikalembarobservasiketerlaksanaanpembelajarandandokumentasi.Teknikanalisisdatamenggunakanujiprasyaratdanujianalisis.DalamujiprasyaratdigunakanujililieforsuntukujinormalitasdanujiFuntukujihomogenitas.Setelahmemenuhiujiprasyaratkemudiandilakukanujianalisishipotesismenggunakanujit-onetailed.Hasilanalisisdatadidapatkanrata-ratapeningkatanprestasibelajarpadakelaseksperimenadalah4484danpadakelaskontroladalah3700.Ujianalisishipotesismenggunakanujit-onetaileddidapatkanthitung521288051671ttabel..Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapeningkatanprestasibelajarfisikasiswayangmenggunakanmodelpembelajaraninquiry-heuristikveelebihtinggidaripadasiswayangmenggunakanmodelpembelajaraninquiry.