Efektivitas sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas VII di SMP Laboratorium UM / Ratna Ayu Mustikaningrum
Main Author: | Mustikaningrum, Ratna Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/1878/ |
Daftar Isi:
- Katakunciefektivitassosiodramaketerampilansosial.Keterampilansosialadalahkemampuanberinteraksidenganoranglainyangbergunauntukmengembangkanhubungansosialberkaitandenganpenerimaanmasyarakatyangmeliputiaspekemosidanaspeksosial.Keterampilansosialdiperlukandalamrangkamelakukaninteraksisosialkhususnyadalammengadakanpenyesuaiandenganoranglain.SalahsatuteknikbimbinganyangdapatdilakukansebagaiupayauntukmeningkatkanketerampilansosialbagisiswaSMPyaitumelaluitekniksosiodrama.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpadasiswaSMPLaboratoriumUMdiketahuibahwasiswamemilikiketerampilansosialrendah/sedanghaliniterbuktidenganadanyabeberapagejalayangpenelititemukanantaralainsukamenyendiritidakdisenangiteman-temannyamembentukklik(kelompokkecil)individualisdanlainsebagainya.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiefektivitassosiodramadalammeningkatkanketerampilansosialsiswakelasVIIdiSMPLaboratoriumUM.Jenispenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalaheksperimensemudengantwogrouppretestposttestdesigndimanaalatukuryangdigunakansebelumdansetelahperlakuanadalahsama.Penelitianjenisinibertujuanuntukmeningkatkanketerampilansosialsiswadanmelihatadatidaknyaperbedaansebelumdansetelahpemberianperlakuan.SubjekpenelitianiniadalahsiswaSMPkelasVIIByangmemilikiketerampilansosialrendahdansedang.Instrumenpenelitianberupainventoriketerampilansosialyangdilengkapidenganvaliditasdanreliabilitasinstrumentdenganhasilvaliditas19itemtidakvaliddanmemilikireliabilitasskalayangtinggi.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalaht-testsampelbebasHasilpenghitungandidapatkannilaithitungsebesar2474dengansignifikansi0016.Darihasilanalisisnilaithitungmempunyaisignifikansi0016kurangdari005(sig005)makadapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanpeningkatanketerampilansosialantarakelompokkontroldengankelompokeksperimen.KesimpulanpenelitianiniadalahtekniksosiodramaefektifuntukmeningkatkanketerampilansosialsiswaSMP.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanbagikonseloruntukmenggunakantekniksosiodramasebagaisalahsatualternatifdalammeningkatkanketerampilansosialsiswa.