Efektivitas sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas VII di SMP Laboratorium UM / Ratna Ayu Mustikaningrum

Main Author: Mustikaningrum, Ratna Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/1878/
Daftar Isi:
  • Katakunciefektivitassosiodramaketerampilansosial.Keterampilansosialadalahkemampuanberinteraksidenganoranglainyangbergunauntukmengembangkanhubungansosialberkaitandenganpenerimaanmasyarakatyangmeliputiaspekemosidanaspeksosial.Keterampilansosialdiperlukandalamrangkamelakukaninteraksisosialkhususnyadalammengadakanpenyesuaiandenganoranglain.SalahsatuteknikbimbinganyangdapatdilakukansebagaiupayauntukmeningkatkanketerampilansosialbagisiswaSMPyaitumelaluitekniksosiodrama.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpadasiswaSMPLaboratoriumUMdiketahuibahwasiswamemilikiketerampilansosialrendah/sedanghaliniterbuktidenganadanyabeberapagejalayangpenelititemukanantaralainsukamenyendiritidakdisenangiteman-temannyamembentukklik(kelompokkecil)individualisdanlainsebagainya.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiefektivitassosiodramadalammeningkatkanketerampilansosialsiswakelasVIIdiSMPLaboratoriumUM.Jenispenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalaheksperimensemudengantwogrouppretestposttestdesigndimanaalatukuryangdigunakansebelumdansetelahperlakuanadalahsama.Penelitianjenisinibertujuanuntukmeningkatkanketerampilansosialsiswadanmelihatadatidaknyaperbedaansebelumdansetelahpemberianperlakuan.SubjekpenelitianiniadalahsiswaSMPkelasVIIByangmemilikiketerampilansosialrendahdansedang.Instrumenpenelitianberupainventoriketerampilansosialyangdilengkapidenganvaliditasdanreliabilitasinstrumentdenganhasilvaliditas19itemtidakvaliddanmemilikireliabilitasskalayangtinggi.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalaht-testsampelbebasHasilpenghitungandidapatkannilaithitungsebesar2474dengansignifikansi0016.Darihasilanalisisnilaithitungmempunyaisignifikansi0016kurangdari005(sig005)makadapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanpeningkatanketerampilansosialantarakelompokkontroldengankelompokeksperimen.KesimpulanpenelitianiniadalahtekniksosiodramaefektifuntukmeningkatkanketerampilansosialsiswaSMP.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanbagikonseloruntukmenggunakantekniksosiodramasebagaisalahsatualternatifdalammeningkatkanketerampilansosialsiswa.