Pengaruh model siklus belajar hipotetikal deduktif 5E terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik / Retno Dian Lestari
Main Author: | Lestari, Retno Dian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18732/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLestariRetnoDian.2017.PengaruhModelSiklusBelajarHipotetikalDeduktif5EterhadapPenguasaanKonsepFisikaPesertaDidik.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AsimM.Pd.(II)Drs.AgusSuyudiM.Pd.KataKunciModelpembelajaransiklusbelajarhipotetikaldeduktif5Epenguasaankonsepfisika.Kurikulum2013revisimenuntutpesertadidikuntukmemilikikompetensisikapkompetensipengetahuansertakompetensiketerampilansertakemampuanpenguasaankonsepfisika.NamunbanyaknyaanggapanfisikasulitmengakibatkanpenguasaankonsepfisikapesertadidikrendahyangdapatdilihatdaridataPuspendikKemdikbudyaiturata-ratanilaiUNSMAfisikaProvinsiJawaTimurtahun2015yanghanyasebesar7264.Selainiturata-ratanilaiUNSMA2016lebihrendah651poindari6129padatahun2015menjadi5478padatahun2016.Penurunanrata-rataUNjugaterjadidiProvinsiJawaTimurpadaprogramstudiIPAyangpadatahun2015sebesar6607menjadi5524padatahun2016.Denganpembelajaransiklusbelajarhipotetikaldeduktif5Epesertadidikdapatmengkonstruksisendiripengetahuannyadanbelajarberdasarkanpengalamanlangsungmelaluikegiataneksperimen.Denganfase-fasepembelajaranyangterdapatpadamodelinisertapengujuanpertanyaansebab-akibatakanmembuatpenguasaankonsepfisikapesertadidikmenjaditinggi.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitianQuasiExperimentalDesigndengandesainNonequivalentControlGroupDesign.TekniksamplingyangdipergunakanadalahSamplingPurposivedaripopulasiXIMIASMAN5MalangSemestergenaptahunajaran2016/2017dansampeladalahkelasXIMIA1(XIC4)sebagaikelompokeksperimendankelasXIMIA2(XID4)sebagaikelompokkontrol.Ujihipotesismenggunakanuji-tpihakkanandengandatanilaiposttestpadatarafsignifikansi5%.Datayangdipergunakandalamuji-tpihakkananberupadataposttestyangterlebihdahuludiujiprasyaratmenggunakanujiLilieforsdanuji-F.Hasiluji-tpihakkanandatanilaiposttestpenguasaankonsepfisikapesertadidikdiperolehthitung3058ttabel1672sehinggakesimpulannyapenguasaankonsepfisikakelompokpesertadidikyangmenggunakanmodelsiklusbelajarhipotetikaldeduktif5Elebihtinggidaripadakelompokpesertadidikdenganmodelpembelajarankonvensional.ABSTRACTLestariRetnoDian.2017.TheEffectof5EHypotheticalDeductiveLearningCycleModeltotheStudentsConceptualUnderstandingofPhysics.ThesisDepartmentofPhysicsFacultyofMathematicsandNaturalSciencesStateUniversityofMalang.Advisors(I)Drs.AsimM.Pd.(II)Drs.AgusSuyudiM.Pd.Keywords5EhypotheticaldeductivelearningcyclemodelconceptualunderstandingofphysicsCurriculum2013revisionrequiresstudentstohavethecompetenceofattitudeknowledgeandskillsalsotheconceptualunderstandingofphysics.ButtherearemanyassumptionofphysicsisdifficultitiscausestudentsconceptualunderstandingofphysicswerelowitcanbeseenfromPuspendikKemendikbuddatawhichisthephysicsnationaltestaveragescoresofhighschoolin2015wasonly7264.Alsoin2016theaveragescoresofnationaltestwas6.51lowerthan2016in2015theaveragescoreswas6129become54.78in2016.TheaveragescoresofnationaltestalsodecreaseinEastJavaprovincein2015was66.07into55.24in2016.Withthe5ehypotheticaldeductivelearningcyclemodelstudentscanconstructtheirownknowledgeandlearnbydirectexperiencethroughexperiments.Withthefivelearningphasesinthismodelandtheformulationoftheproblemintheformofcausalquestionscanmakethestudentsconceptualunderstandingofphysicstobehigh.ThedesignofthestudywasaQuasi-ExperimentalResearchDesignwiththeNon-equivalentControlGroupDesign.ThesamplingtechniqueusedinthisstudywaspurposivesamplingwhichwastakenfromthepopulationofXIMIAclassesinSMAN5Malanginthesecondsemesteroftheacademicyear2016/2017.ThesampleswereselectedfromXIMIA1(XIC4)andXIMIA2(XID4).XIMIA1(XIC4)wasselectedastheexperimentalgroupwhileXIMIA2(XID4)wasselectedasthecontrolgroup.Thehypothesistestingusingt-testonetailshowedthatthedataacquiredfromtheposttesthadthesignificancelevelof5%.Thedatausedwereinthet-testonetailformofposttestdatawhichwerepreliminarilytestedusingtheprerequisiteLilieforstestandF-test.Thet-testonetailresultobtainedfromtheposttestwastcount3.058ttable1.672sotheconclusionisthegruopwithphysicsconceptualunderstandingwholearnedusing5Ehypotheticaldeductivelearningcyclemodelishigherthanthegroupofstudentswithconventionallearningmodel.