Pengembangan bahan ajar berbasis android berbantuan Augmented Reality (AR) untuk membantu siswa menerapkan prinsip fluida dinamik dalam teknologi / Mohammad Dharul Asmawan
Main Author: | Asmawan, Mohammad Dharul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18728/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAsmawanMohammadDharul.2016.PengembanganBahanAjarBerbasisAndroidBerbantuanAugmentedRealityuntukMembantuSiswaMenerapkanPrinsipFluidaDinamikdalamTeknologi.ProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)SugiyantoS.Pd.M.Si.(2)Dr.WartonoM.Pd.KatakuncibahanajarberbasisandroidaugmentedrealityfluidadinamikPendidikandiIndonesiacukupdinamis.KurikulumpendidikanyangsedangdiberlakukandiIndonesiaadalahKurikulum2013(K-13).MenurutPermenno59tahun2014kurikulum2013dikembangkanatasteorikurikulumberbasiskompetensi(competency-basedcurriculum).Kurikulumberbasiskompetensidirancanguntukmemberikanpengalamanbelajarseluas-luasnyabagipesertadidik.PengalamanbelajaryangdisarankanolehK-13meliputitahapan5M.BerdasarkanhasilstudilapanganditemukanbahwagurufisikaSMAkesulitanmengimplementasikanK-13karenabeberapaalasansalahsatunyaadalahminimnyabahanajarberbasisK-13.SalahsatuKDyangimplementasinyatidakmengacuK-13adalahKD3.7yaitumenerapkanprinsipfluidadinamikdalamteknologi.BerdasarkanstudipustakaterdapatteknologiyangmampumeningkatkanmotivasisiswadalambelajardancocokuntukdiimplementasikanpadapembelajaranKD3.7yaituteknologiAR.Padastudilapanganjugadiperolehbahwarata-ratasiswamemilikismartphoneatautabletdenganoperatingsystemandroid.OlehkarenaitupenelitianiniperludiadakanyaitupenelitianyangbertujuanmengembangkandanmengetahuikelayakanbahanajarberbasisandroidberbantuanARuntukmembantusiswamenerapkanprinsipfluidadinamikpadateknologi.PenelitianinimenggunakanmodelResearchandDevelopmentBorgandGallyangdiadaptasimenjadi5langkahyaitustudipendahuluanmerencanakanpenelitianpengembangandesainujiprodukterbatasrevisihasilujilapanganterbatas.Pengumpulandatamelaluipengumpulaninstrumenbentukangketyangdiisivalidatordancalonpengguna.Instrumenyangdigunakanadalahinstrumenkelayakandaninstrumenketerbacaan.HasilpenelitianiniadalahbahanajarberbasisandroidberbantuanARuntukmembantusiswamenerapkanprinsipfluidadinamikpadateknologidengankategorilayakdanmudahuntukdigunakan.KelebihandariprodukinidiantaranyadapatmemotivasisiswakarenamenggunakanteknologiARdisusunberdasarkantahapanpengalamanbelajaryangjelasdanruntutdanmembantupembelajaranmenjadilebihefisien.Selainmemilikikelebihanprodukinijugamemilikikelemahandiantaranyamembutuhkansmartphoneatautabletdengansistemoperasiandroidversi4.4(kitkat)keatasdanterbataspadasatupaketIPKD.