Analisis kondisi laboratorium fisika dan kendala penggunaan laboratorium fisika SMA Negeri di Kabupaten Pasuruan / Widiyawati

Main Author: Widiyawati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/18725/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWidiyawati.2016.AnalisisKondisiLaboratoriumFisikadanKendalaPenggunaanLaboratoriumFisikaSMANegeridiKabupatenPasuruan.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Drs.KadimMasjkurM.Pd.(II)Dr.SupriyonoKoesHandayantoM.Pd.M.A.KataKuncikondisikendalapenggunaanlaboratoriumfisikaKeberadaanlaboratoriummerupakanbagianyangtakterpisahkandalamprosespembelajaranfisikakarenasiswadiharapkantidakhanyamenguasaikonsep-konsepfisikasecarateoritapijugamampumenggunakanmetodeilmiahuntukmenemukankonsep-konsepfisikayangdidapatdariteoritersebutdansalahsatucarayangditempuhuntukmencapaitujuantersebutadalahdenganmelakukanpercobaanataupraktikum.Namunbanyakhalyangmenjadihambatandalammemanfaatkanlaboratoriumuntukprosespembelajaranfisikasecarapraktik.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui1)Presentaseketercapaiankondisilaboratoriumfisikayangterdiridarilimaparamateryaknia)lokasidanbagianruanglaboratoriumb)kelengkapanperalatandanbahandalamlaboratoriumc)kelengkapanperabotdanmediapendidikand)penyimpananpemeliharaandanperbaikanperalatandalamlaboratoriumfisikaSMANegeridiKabupatenPasuruan2)KendalapenggunaanlaboratoriumfisikadiSMANegeridiKabupatenPasuruan.PenelitiandilaksanakandiKabupatenPasuruandenganpopulasipenelitianadalahseluruhlaboratoriumfisikaSMANegeridiKabupatenPasuruanyangsudahmenggunakankurikulum2013yangberjumlahenamsekolah.Sumberdatakondisilaboratoriumfisikadankendalapenggunaanlaboratoriumfisikasekolahdiperolehdarikepalalaboratoriumfisikadanjugalaboran.Metodeyangdigunakanuntukmemperolehdatapadapenelitianiniyaknidenganmenggunakanmetodeobservasijenisobservasinonpartisipanterstrukturmetodewawancaradandokumentasi.BerdasarkanhasilanalisisdanpembahasandapatdisimpulkanPertamakondisilaboratoriumfisikaSMANegeridiKabupatenPasuruanbelummemenuhistandarminimalyaknihanya6797%.Padaaspeklokasidanbagianruanglaboratoriummenurutperaturanmenteripendidikannasionalnomor24tahun2007mencapai8819%aspekkelengkapanperalatandanbahandalamlaboratoriumhanya5902%peralatanyangterdapatdalamlaboratoriumberdasarkanperaturanmenteripendidikanno24tahun2007dansilabusKurikulum2013untukaspekstandarfasilitasperabotdanmediapendidikandalamlaboratoriummenurutperaturanmenteripendidikannasionalnor24tahun2007mencapai6905%aspekkeempatyaknipenyimpananpemeliharaandanperbaikanperalatandalamlaboratoriummencapai5417%danpadaaspekkeamanandankeselamatankerjalaboratoriummencapai6945%.Keduayangpalingmenjadikendalapenggunaanlaboratoriumadalahterbatasnyaperalatandalamlaboratoriumuntukmelaksanakanpraktikum.