Integrasi formative assessment dalam scientific inquiry leraning dan pengaruhnya terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas X pada materi fluida statik / Lhuk Lhuah Qurutul Aini

Main Author: Aini, Lhuk Lhuah Qurutul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/18719/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAiniLhukLhuahQurutul.2016.IntegrasiFormativeAssessmentdalamScientificInquiryLearningdanPengaruhnyaTerhadapPenguasaanKonsepFisikaSiswaKelasXpadaMateriFluidaStatik.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SentotKusairiM.Si(II)NurilMunfaridahM.Pd.KataKunciscientificinquirylearningfeedbackformativeassessmentpenguasaankonsep.Scienceliteracymerupakankompetensipentinguntukmengikutiperkembangandalamberbagaibidang.Salahsatuupayauntukmeningkatkanscienceliteracyadalahmelaluipembelajaransainsyangefektif.Scientificinquirylearningmerupakanmodelpembelajaranyangdiunggulkandalampembelajaransains.Dalamprosesnyamodelinidapatmengkondisikansiswaterlibatsecaralangsungdalampembelajaranyangaktifsiswajugaakanbelajarapayangmerekaketahuibagaimanamerekamengetahuinyadanmengapamerekameyakininya.Namunpadaawalpenerapanmodelinisiswamembutuhkanlebihbanyakbimbinganlatihanpadasaatpenilaiandanfeedback.Kebutuhansiswatersebutmenunjukkanbahwapenilaianjugamemilikiperanpentingdalammeningkatkankualitaspembelajaran.Penilaianyangmemberikanfeedbacksecaraberkalayangmungkinkansiswauntukmenguasaipembelajarannyadikenaldenganassessmentformative.PemberianfeedbackmerupakanaspekpentingbagisiswadalammenguasaipelajarandengankarakteristikmateriberjenjangsepertihalnyaFisika.Olehkarenaitupenelitianinibertujuanuntukmengintegrasikanassementformativedalamscientificinquirylearningdanmengetahuipengaruhnyaterhadappenguasaankonsepfisikasiswa.Penelitianinimenggunakanmetodegabungan(mixedmethods).Analisisdatakualitatifdilakukandenganpengelompokandatatriangulasidandisplaydata.SedangkananalisiskuantitatifdilakukandenganperhitunganCohenseffectsize(d)danN-gainternormalisasi.PenelitianinidilaksanakandiMABilingualBatudengansampelsebanyak20siswaberdasarkanprogrampeminatanMIA.Pembelajarandilakukandenganmengintegrasikanbaikformalformativeassessmentmaupuninformalformativeassessmentdalamtahap-tahapinquiry.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaintegrasiformativeassessmentdalamscientificinquirylearningmemberikanpengaruhpositifterhadapkemampuanpenguasaankonsepFisikasiswameningkatkanmotivasibelajardanperansiswadalampembelajaran.Formalformativeassessment(directquestioningbrainstormingquizesgenerationquestioningphenomenonprobedanwaittimevariation)diterapkandalamtahapobservationmanipulationverificationdanapplication.Sementarainformalformativeassessmentterjadipadatahapobservationmanipulationdangeneralization.HasilyangdiperolehmelaluianalisisdatakuantitatifdenganmenggunakanCohensd-effectsizesebesar148danrata-ratagainternormalisasidiperolehnilaisebesar023.