Pengembangan media pembelajaran animasi berbantuan swishmax sebagai alat bantu mandiri memahami konsep materi suhu dan kalor siswa kelas X MAN 2 Batu / Nurul Hidayah

Main Author: Hidayah, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/18681/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHidayahNurul.2016.PengembanganMediaPembelajaranBerbasisAnimasiBerbantuanSwishMaxSebagaiAlatBantuMandiriMemahamiKonsepPadaMateriSuhudanKalorSiswaKelasXMAN2Batu.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SumarjonoM.Pd(II)SulurS.Pd.M.SiM.T.D.KataKuncimediapembelajaranSwishMaxalatbantumandirikonsepLatarbelakangpenelitianiniadalahtuntutanKurikulum2013yaituprosespembelajaranyangberpusatpadasiswadengansifatpembelajaranyangkontekstualsehinggasiswamencaritahusendiripengetahuannya.Selainituseiringdengankemajuansystemteknologiinformasiuntukmenciptakanmediaberbasisteknologiyangsemakinmenarikinteraktifdankomprehensif.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranmengujikevalidanmediapembelajaranberbasisanimasiberbantuanSwishMaxpadamaterisuhudankaloruntukkelasXMAN2BatudanmengujiketerbacaanmediapembelajaranberbasisanimasiberbantuanSwishMaxpadamaterisuhudankalorsebagaialatbantumandirimemahamikonsepsiswakelasXMAN2Batu.PenelitianinimenggunakanmodelpengembanganADDIEyangmemiliki5tahapanyaituanalysisdesigndevelopmentimplementationdanevaluation.InstrumenyangdigunakanuntukmengetahuikevalidanmediaadalahlembarvalidasiyangmenggunakanangketberdasarkanskalaLikertsedangkaninstrumenyangdigunakanuntukmengetahuipeningkatanpemahamankonsepmenggunakansoalpretestdanposttest.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisdeskriptifkualitatifdananalisiskuantitatifdenganteknikanalisisdatapresentasedanrerataskorgain(N-gain).Hasilpenelitianmenunjukkanvalidasimateridanmediaolehvalidatoradalah699%dengankriteriacukupvaliddanvalidasiketerbacaanolehsiswaadalah785%dengankriteriavalid.Sedangkanhasilpeningkatanpemahamankonsepadalah7509%dengankriteriatinggi.InimenunjukkanbahwamediapembelajaranberbasisanimasiberbantuanSwishMaxdapatmenjadialatbantumemahamikonseppadasiswakelasXdiMAN2Batu.