Keefektifan konseling kelompok realitas untuk mengurangi perilaku membolos siswa di MA Almaarif Singosari Malang / Lailatuz Zakiyah

Main Author: Zakiyah Lailatuz
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/1868/
Daftar Isi:
  • KataKunciMembolostermasukdalamkenakalanremajadimanadapatdiartikanperbuatanmelanggaraturanperilakuyangtidakdapatditerimasecarasosial.Membolosmerupakansuatubentukperbuatanuntukmelalaikankewajibanbelajardisekolah.Bimbingankonselingsebagaibagianintegraldaripendidikanmempunyaitanggungjawabmengatasimasalahmembolossiswadisekolahmelaluipelayananbimbingandengancara-caradanteknikbimbingankonselingyangbersifattidakmenghukum.Konselingrealitasmemandangkonselingsebagaisuatuprosesyangrasional.Konselordiharapkanmampumemerankansebagaiguruyangmenciptakansituasikondusifmengajarmembericontohsertamengajakkonseliuntukmenghadapirealitahidup.Olehkarenasetiaporangtermasuksiswaselaludihadapkanpadakenyataanmakapendekataninitepatuntukditerapkanolehkonselordalammenanganimasalah-masalahpsikologisdanperilaku-perilaku/perbuatanyangtidakrealistisatauyangtidaksesuaidenganaturanyangberlaku.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengujikeefektifankonselingkelompokrealitasuntukmengurangiperilakumembolossiswadisekolah.Penelitianinidilaksanakandenganonegrouppre-testandpost-testdesigndanjugamenggunakanpendekatankualitatifdenganmenginterpretasikansetiappertanyaankonseli.Subjekpenelitianiniadalah8siswakelasXMAAlmaarifSingosari-Malangyangmemilikiperilakumembolos.Penelitiandilakukandalamduakegiatanutama.Kegiatanpertamaadalahpenyusunanbahanperlakuandalambentukpanduanpelaksanaankonselingkelompokrealitasberupanaskahtertulis.SecararincimodelpengembangannyaberisiprosedurpelaksanaankonselingkelompokrealitasdenganmodelW-D-E-P(wantsdoingevaluationplanning).Kegiatankeduayaitupelaksanaankonselingkelompokrealitasdenganmenggunakanpanduankonselingyangtelahdiujikelayakannya.PengumpulandatamenggunakancatatanpresensisiswadanteknikstatistiknonparametrikyangakandigunakanuntukmengujihipotesisdalampenelitianiniadalahujijenjangbertandaWilcoxon(WilcoxonsSignedRankTest)jenisdatapenelitianiniadalahordinalselainituujiWilcoxontidakmenerapkansyarat-syaratmengenaiparameter-parameterpopulasiyangmerupakanpenelitian.Darihasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaanfrekuensimembolossiswapadasaatsebelumdansesudahpemberianperlakuankonselingkelompokrealitas.Berdasarkananalisispenelitianyangmenggunakanujijenjang-bertandaWilcoxon(WilcoxonsSignedRankTest)menghasilkannilaizhitungadalah2527.Danztabelbisadihitungpadatabelzdengan9455%makaluaskurvanormaladalah50%-5%45%atau045.Padatabelzuntukluas045didapatangkaztabelsekitar1645(tanda-menyesuaikandenganzoutput).Olehkarenazoutputztabel(-2527-1645)makaHoditolak.iiKemudiandariujizterlihatbahwapadakolomAsymp.Sign2-taileduntukujiduasisiadalah0012.Olehkarenakasusiniadalahujisatusisimakaprobabilitasnyamenjadi001220006.Disiniterdapatprobabilitasdibawah005(0006005).SehinggaHoditolakyangberartibahwaadaperbedaanperilakumembolossubjeksebelumdansesudahmengikutikonseling.JadibisajugadiartikankonselingkelompokrealitasefektifuntukmengurangiperilakumembolossiswadiMAAlmaarifSingosariMalang.Analisisjugadiungkapkanmelaluimetodekualitatifyaitudenganmenginterpretasikansetiappernyataankonselidarisetiaptahapkonseliyangdiikuti.Subyekpenelitianmengungkapkanbahwafrekuensimembolosyangselamainidilakukanmulaiberkurangsetelahmengikutikonselingkelompokrealitasselama6kalitahapan.Berdasarkanhasiltemuandalampenelitianinimakadiajukanbeberapasaransebagaiberikut1)Konselingkelompokrealitasberpengaruhterhadappenguranganperilakumembolossiswasehinggakonselorhendaknyamenggunakankonselingkelompokrealitasuntukmembantusiswayangmemilikiperilakumembolos.2)Dalamrangkapeningkatankeefektifankonselingkelompokrealitaspenelitianselanjutnyahendaknyamenggunakaneksperimendengankelompokpembandingkarenapenelitianinimenggunakanmetodepenelitianonegrouppretestposttestdesignyangdilakukantanpaadanyakelompokpembanding.Halinidimaksudkanuntukmengetahuiperbedaanantarasiswayangdiberikanperlakuankonselingkelompokrealitadengansiswayangtidakdiberikanperlakuankonselingkelompokrealitas.3)Setelahpelaksanaankonselingkelompokrealitasdiharapkanbagisiswayangmenjadikonselidapatmengurangidanmenghilangkandenganperlahanperilakumembolosyangbiasadilakukan.4)Kelemahanyangterdapatdalampenelitianiniadalahmasihbelummaksimalnyapenguranganperilakumembolossiswakarenaproseskonselingkelompokrealitasyangterlalusingkatyaitu6tahapandan6kalipertemuan.Untukpenelitianselanjutnyadiharapkanperlakuanmelaluiproseskonselingkelompokrealitasdapatdilakukanlebihdari6kalipertemuan.5)Disarankanbagipenelitianselanjutnyauntukmemilihpermainanyangdapatmenimbulkanketerlibatanantaranggotadanrasasalingpercayauntukmenjagarahasiaantaranggotakelompok.dikarenakanmengacupadaPerilakuMembolosKonselingKelompokRealitas.