Pengaruh mind mapping dalam model pembelajaran learning cycle 5E terhadap prestasi belajar fisika pada pokok bahasan fluida statis siswa kelas X SMA Negeri 1 Dringu Kabupaten Probolinggo / Ferawaty
Main Author: | Ferawaty |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18666/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFerawaty.2016.PengaruhMindMappingdalamModelPembelajaranLearningCycle5EterhadapPrestasiBelajarFisikapadaPokokBahasanFluidaStatisSiswaKelasXSMANegeri1DringuKabupatenProbolinggo.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SumarjonoM.Pd(II)Dr.WartonoM.Pd.KatakunciMindMappingmodelLearningCycle5EPrestasiBelajarPenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanpengaruhmindmappingdalammodelpembelajaranLearningCycle5EterhadapprestasibelajarFisikapadapokokbahasanFluidaStatis.PenelitianinidilaksanakandiSMANegeri1DringuKabupatenProbolinggo.Metodepenelitianyangdigunakanadalahquasiexperimentdesigndenganjenispretest-posttestcontrolgroupdesign.Pengambilansampeldilakukandenganmenggunakanteknikpurposivesampling.Sampelpenelitianberjumlah30untukkelaseksperimendan31siswauntukkelaskontrol.Pengambilandatamenggunakaninstrumenttesprestasibelajarberbentukpilihangandayangtelahdiujivaliditasreliabilitastarafkesukarandandayapembedanya.Sebelumnyadilakukanujiprasyaratyakniujinormalitasdanhomogenitas.HipotesisyangdiajukandalampenelitianiniadalahprestasibelajarkelompoksiswayangbelajardenganmodelpembelajaranLearningCycle5EmenggunakanmindmappinglebihtinggidaripadapeningkatanprestasibelajarkelompoksiswayangbelajardenganmodelpembelajaranLearningCycle5Etanpamenggunakanmindmapping.Analisisdatamenggunakanuji-tgainscorehasilperhitunganprestasibelajarpretestdanposttestkeduakelompokdiperolehnilaithitungsebesar357sedangkanttabeldengantarafsignifikan5%denganderajatkebebasan(dk)59yaitusebesar2039makadapatdikatakanbahwathitungttabelberartihipotesisalternative(Ha)diterimadanhipotesisnol(H0)ditolak.HalinimenunjukkanbahwaadaperbedaanprestasibelajarFisikayangsignifikanantarakelompoksiswayangbelajardenganmenggunakanmindmappingdalammodelpembelajaranLearningCycle5EdengankelompoksiswayangbelajartanpamenggunakanmindmappingdalammodelpembelajaranLearningCycle5EpadapokokbahasanFluidaStatis.PrestasibelajarkelompoksiswayangbelajarmenggunakanmindmappingdalammodelpembelajaranLearningCycle5ElebihtinggidaripadaprestasibelajarkelompoksiswayangbelajartanpamenggunakanmindmappingdalammodelpembelajaranLearningCycle5EpadapokokbahasanFluidaStatis.PembelajaranyangmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5EdenganmindmappingberpengaruhterhadapprestasibelajarFisikadibandingkantanpamenggunakanmindmapping.PenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenggunaanmindmappingdalammodelpembelajaranLearningCycle5EberpengaruhdalamprestasibelajarFisikadansebagaisaranalternatifyangdapatdigunakandalampembelajaranFisikasertasebagaipertimbangangurumemperbaikikualitaspembelajaran.