Pengembangan bahan ajar fisika bermuatan Science Environment Technology Society (SETS) pokok bahasan fluida satatis untuk siswa SMA/MA kelas X / Zul Farida Arini

Main Author: Arini, Zul Farida
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/18642/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAriniZulFarida.2015.PengembanganBahanAjarFisikaBermuatanScienceEnvironmentTechnologySociety(SETS)PokokBahasanFluidaStatisuntukSiswaSMA/MAKelasX.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SutarmanM.Pd.(II)Drs.KadimMasjkurM.Pd.KataKuncibahanajarfisikaSETSfluidastatisPembelajaranfisikapadaKurikulum2013dilakukandenganscientificapproachyangmeliputikegiatanmengamatimenanyamengumpulkaninformasimenalardanmengomunikasikan.Pembelajaranfisikatidakhanyamenekankanpadapemahamansainssematanamunjugamenghubungkansainsdenganunsurlainyaitulingkunganteknologidanmasyarakat.Pengamatanbahanajardipasarandanbahanajaryangdigunakandisekolahsertapengisianangketoleh98siswamenunjukkanbahwapadapokokbahasanfluidastatisbahanajaryangadabelumsepenuhnyamendukungpembelajaranbermuatanscienceenvironmenttechnologysociety(SETS)yangsesuaidenganscientificapproachsehinggaperlupengembanganbahanajarfisikayangdapatmengatasimasalahtersebut.Penelitiandanpengembanganinimenggunakan5langkahResearchandDevelopmentyangdikemukakanolehBorgandGallmeliputistudipendahuluandanpengumpulaninformasiperencanaanpengembanganprodukawalujicobaproduktahapawaldanrevisiprodukutama.Instrumenpengumpulandataberupaangketvalidasidanangketujicobaterbatas.DatayangdiperolehadalahdatakuantitatifberupapenilaianmenggunakanskalaLikertdandatakualitatifberupasarandankomentar.Datakuantitatifdianalisismenggunakanteknikperhitungannilairata-rata.DatakualitatifdianalisisdenganmenggunakananalisiskualitatifmodelMilesandHuberman.HasilpenelitiandanpengembanganberupabahanajarfisikabermuatanSETSpokokbahasanfluidastatis.Berdasarkanvalidasioleh3oranggurufisikaSMAbukusiswamemperolehnilairata-rata371dengankriteriavalid/layakdigunakandanbukupanduangurumemperolehnilairata-rata383dengankriteriavalid/layakdigunakan.Sedangkanhasilujicobaterbataspada25siswakelasXMIASMABSSMalangmenujukkanbahwabukusiswamemperolehnilairatarata361dengankriteriamudahdigunakan.