Pengaruh penerapan model Team Based Learning (TBL) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi teori kinetik gas kelas XI SMA Negeri 01 Batu / Akhmad Rizal Dzikrillah
Main Author: | Dzikrillah, Akhmad Rizal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18632/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKDzikrillahAkhmadRizal.2015.PengaruhPenerapanModelTeamBasedLearning(TBL)terhadapHasilBelajarFisikaSiswapadaMateriTeoriKinetikGasKelasXISMANegeri01Batu.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SutarmanM.Pd(II)Dr.H.SupriyonoKoesHandayantoM.PdM.A.KatakunciModelTeamBasedLearning(TBL)ReadinessAssuranceTest(RAT)hasilbelajarBerdasarkanstudiawaldanhasilbelajarTIMSStahun2011bahwalebihdari50%siswamengalamikesulitandalambelajarfisikauntukmengatasimasalahinidilakukanpenelitianpembelajarandenganmodelpembelajaranyangtepatyaitumodelTeamBasedLearning(TBL).PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahhasilbelajarfisikasiswapadamateriteorikinetikgasyangbelajardenganmodelTBLlebihbaikdaripadadenganmodelpembelajaranekspositori.Penelitianinimenggunakandesainpenelitianeksperimenkuasidenganposttestonlydesignantarkelompokdata.KelompokdatadiperolehdenganmengunakantekniksimplerandomsamplingterdiridariduakelasyaitukelasXI-MIA-5sebagaikelaseksperimendenganmodelTBLdankelasXI-MIA-2sebagaikelaskontroldenganmodelpembelajaranekspositori.Siswaakanmelakukanpost-testdenganinstrumenpengukuransoalpilihanganda.Instrumeninidilakukanujivaliditasdanujireliabilitas.HasilbelajarfisikasiswadilakukanujinormalitasdenganujiLillieforsdanujihomogenitasdenganujiF.Ujihipotesisdilakukandengantekniknon-parametrikMannWhitneyU-TestdisebabkanhasilbelajarfisikasiswakelasXI-MIA-5berdistribusinormalhasilbelajarfisikasiswakelasXI-MIA-2tidakberdistribusinormaldankeduakelompokdatatidakberdistribusihomogen.PerhitunganujihipotesisdilakukandenganbantuanprogramSPSS16.0danMicrosoftExcel.BerdasarkanhasilujihipotesisdenganSPSS16.0diperolehbesarzhit-29094500040050.SedangkanberdasarkanhasilujihipotesisdenganMicrosoftExceldiperolehbesarzu286097(ztab).DengandemikiandapatdikatakanbahwaHoditolak.BerdasarkankeduahasildiatasdisimpulkanbahwahasilbelajarfisikasiswayangbelajardenganmodelTBLlebihbaikdaripadahasilbelajarfisikasiswayangbelajardenganmodelpembelajaranekspositori.Nilairata-ratahasilbelajarfisikasiswakelaseksperimenpadamateriTeoriKinetikGassebesar258sedangkannilairata-ratahasilbelajarfisikasiswakelaskontrolsebesar196denganrentangskalanilai0sampaidengan4.