Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII-A MTs Miftahul Ulum Batok, Madiun / Aprillia Fitriana
Main Author: | Fitriana, Aprillia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18628/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFitrianaAprillia.2015.PenerapanModelPembelajaranInkuiriTerbimbinguntukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarFisikaSiswaKelasVIII-AMTsMiftahulUlumBatokMadiun.SkripsiJurusanFisikaProgramStudiPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DwiHaryotoM.Pd.(II)Drs.SumarjonoM.Pd.Katakuncimodelinkuiriterbimbingkeaktifanhasilbelajar.ObservasipembelajarandikelasVIII-AMTsMiftahulUlumBatokMadiunmenunjukkanbahwasaatpembelajaranbanyaksiswayangtingkatkeaktifannyakurangtampakhanyabeberapasiswayangbertanyadanmenjawabpertanyaanselamapembelajarandankegiatandiskusididominasiolehsiswatertentu.FaktalaindikelasVIII-Aadalahhasilbelajarsiswamasihrendah.Olehkarenaitudalampemilihanmodelpembelajaranharusmenekankanpadapemberianpengalamanlangsungagarpotensiyangadapadadirisiswasemakinberkembang.Salahsatucarayangdapatdilakukanadalahpembelajaranmelaluimodelinkuiriterbimbing.Tujuandaripenelitianiniadalahuntuk1)mengetahuiketerlaksanaanmodelinkuiriterbimbingdalampembelajaranfisikasiswakelasVIII-AMTsMiftahulUlumBatokMadiun2)meningkatankeaktifansiswakelasVIII-AMTsMiftahulUlumBatokMadiundan3)meningkatanhasilbelajarsiswakelasVIII-AMTsMiftahulUlumBatokMadiun.Rancanganpenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganpendekatankualitatif.Penelitiandilaksanakandalam2siklusdengan3pertemuanmasing-masingsiklus.Dalammasing-masingsiklusterdapatlimalangkahpembelajaranyaitukonfrontasidenganmasalahpengajuanhipotesispengumpulandatamengorganisasidanmerumuskanpenjelasansertamenganalisisprosesinkuiri.SubjekdalampenelitiantindakankelasiniadalahsiswakelasVIII-Adenganjumlahsiswa25yangterdiridari10siswalaki-lakidan15siswaperempuan.Hasilanalisisdatadiperolehduasimpulanpenelitiansebagaiberikut.PertamapenerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdapatmeningkatkankeaktifansiswakelasVIII-AMTsMiftahulUlumBatokMadiun.PadasiklusImemperolehpersentasesebesar6325%danmeningkatpadasiklusIIsebesar7415%.KeduahasilbelajarfisikasiswakelasVIII-AMTsMiftahulUlumBatokMadiuninijugamengalamipeningkatan.PadaranahkognitifuntuksiklusInilairata-rata602danpadasiklusIImeningkatdengannilairata-ratasebesar771.PadaranahpsikomotoruntuksiklusIdenganpersentase687%danpadasiklusIImeningkatdenganpersentasesebesar759%.PadaranahafektifuntuksiklusIdenganpersentase7333%danpadasiklusIImeningkatdenganpersentasesebesar8193%.Halinimembuktikanbahwamodelpembelajaraninkuiriterbimbingdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa.