Pengembangan media pembelajaran fisika SMA berbasis multimedia swishmax 4 berdasarkan pendekatan saintifik materi alat-alat optik / Ebtiandita Mulia Putri
Main Author: | Putri, Ebtiandita Mulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18620/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPutriEbtianditaMulia.2015.PengembanganMediaPembelajaranFisikaSMABerbasisMultimediaSwishMax4BerdasarkanPendekatanSaintifikpadaMateriAlat-alatOptik.SkripsijurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.H.WinartoM.Pd(2)SulurS.PdM.SiM.TDKatakuncimediapembelajaranfisikaswishmax4pendekatansaintifikAlat-alatOptikPembelajaranberdasarkankurikulum2013menggunakanpendekatansaintifik.Pendekatansaintifikmerupakanpendekatanyangmenekankanpadapengalamanbelajarmengamatimenanyamengumpulkaninformasimengasosiasidanmengkomunikasikan.Untukmemudahkanpembelajarandikelasperludibantudenganmediapembelajaranyangsesuaidenganpendekatansaintifik.Salahsatumediayangdapatdigunakanadalahdenganmenyediakanmediapembelajaranfisikaberbasismultimediakomputeragarpembelajaranmenjadilebihmenarik.UntukmembuatanimasidalamwaktuyangcepatdanmudahdapatdigunakanaplikasiSwishMax4.TujuandaripenelitiandanpengembanganiniadalahmenelitidanmengembangkanmediapembelajaranmenggunakanmultimediaSwishMax4berdasarkanpendekatansaintifikpadamateriAlat-alatOptiksertamengujikelayakanmediatersebut.ModelpenelitiandanpengembanganyangdigunakanadalahmodelBorgdanGallyangdimodifikasi.Dari10langkahpengembanganolehBorgW.R.danGallM.Dpenelitimengambil5langkahyaitu(1)studipendahuluan(pengumpulandata)(2)perencanaan(3)pengembangandrafproduk(4)ujicobaterbatas(ujicobalapanganawal)dan(5)merevisihasilujicobaterbatas.Datavalidaidiperolehmelaluiusahavalidasiisidankonstruksiolehahlimateridanmedia.Dataujicobapenggunaandiperolehdarisiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilpengembanganmediadikatakanvaliddanlayak.Hasilvalidasidiperolehkelayakanmediadariahlimediasebesar8507%dankelayakanmateridariahlimaterisebesar81%.Sehinggamultimedialayakdigunakandalamprosespembelajaran.Hasilanalisisujiterbatasmenunjukkanbahwasiswalebihtertarikbelajarmenggunakanmediadaripadapembelajarantanpamenggunakanmedia.