Penerapan model pembelajaran inquiry training untuk meningkatkan kerja ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII B SMP PGRI 4 Dampit / Rurin Rahma Zuliatus Sholikhah

Main Author: Sholikhah, Rurin Rahma Zuliatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18613/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRahmaRurin.2013.PenerapanModelPembelajaranInquiryTraininguntukMeningkatkanKerjaIlmiahdanHasilBelajarKognitifSiswaKelasVIIIBSMPPGRI4Dampit.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)SulurS.PdM.SiM.T.D(II)WartonoDr.M.PdH.KataKuncimodelpembelajaranInquiryTrainingkerjailmiahhasilbelajarkognitif.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurufisikakelasVIIIBSMPPGRI4Dampitdiperolehinformasibahwasiswabelumpernahmelakukankegiatanpercobaanbelumbisamembuathipotesisyangbenarmenarikkesimpulandanmempresentasikanhasildiskusi.Pembelajaranfisikayangdilaksanakanmasihterpusatpadagurusehinggasiswakurangterlibatsecaralangsungdalamkegiatanpembelajaran.Akibatnyakerjailmiahdanhasilbelajarkognitifsiswamenjadirendah.Halinidapatdiketahuidarihasilulanganharianfisikayaituhanya32%siswayangmencapaiKKM.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)bagaimanaketerlaksanaanmodelpembelajaraninquirytraininguntukmeningkatkankerjailmiahdanhasilbelajarkognitifdikelasVIIIBSMPPGRI4Dampit(2)bagaimanapeningkatankerjailmiahsiswakelasVIIIBSMPPGRI4Dampitsetelahditerapkanmodelpembelajraninquirytrainingdan(3)bagaimanapeningkatanhasilbelajarkognitifsiswakelasVIIIBSMPPGRI4Dampitsetelahditerapkanmodelpembelajraninquirytraining.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasyangterdiridari2siklus.PenelitianinidilaksanakandiSMPPGRI4DampitKabupatenMalangdengansubjekpenelitiansiswakelasVIIIB.Datapenelitianiniadalahketerlaksanaanpembelajarankerjailmiahdanhasilbelajarkognitifsiswa.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahlembartesdanlembarobservasiuntukmengukurketerlaksanaanpembelajarankerjailmiahdanhasilbelajarkognitif.Datadianalisisdenganmereduksidanmempersentasedata.Tahapterakhiradalahtahaprefleksiuntukmenentukanlanjutatautidaknyapenelitian.HasilanalisisdatapadasiklusIdanIImenunjukkanbahwapembelajarandenganmodelpembelajaraninquirytrainingterlaksanadenganbaiksertakerjailmiahdanhasilbelajarkognitifsiswakelasVIIIBSMPPGRI4dampitmengalamipeningkatan.KeterlaksanaanpembelajaranpadasiklusIsebesar7850%danpadasiklusIIsebesar8875%denganpeningkatansebesar1025%.KerjailmiahpadasiklusIyaitu787%danpadasiklusIIyaitu903%denganpeningkatansebesar116%.Hasilbelajarkognitifsiswadiperolehrata-ratanilaisebelumtindakanyaitu680padasiklusIyaitu712denganpeningkatansebesar32danpadasiklusIIyaitu779denganpeningkatansebesar67.PersentaseketuntasanhasilbelajarkognitifpadasiklusIadalah48%danmeningkatmenjadi72%disiklusII.