Pengembangan bahan ajar mandiri berbantuan software Camtasia pokok bahasan suhu dan kalor untuk siswa SMA / Dwi Nurul Hidayah

Main Author: Hidayah, Dwi Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/18607/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHidayahDwiNurul.2015.PengembanganBahanAjarMandiriBerbantuanSoftwareCamtasiaPokokBahasanSuhudanKaloruntukSiswaSMA.SkripsiJurusanFisikaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AgusSuyudiM.Pd.(II)Dr.SentotKusairiS.PdM.SiKataKuncibahanajarmandiriSoftwarecamtasiasuhudankalorProsespembelajaranpadasuatuKompetensiDasarterdapatbanyakpermasalahan.Hasilwawancaradengangurudanpemberianangketkepada22siswadisalahsatusekolahdikotaMalangdidapatkandatabahwa7270%siswatidakdapatmenangkapmateripembelajarandalamsekalipenjelasanperlukeberulangandalampenyampaianpenjelasanmateri.Hasilangkettingkatpenguasaankonsepsiswadalamsatupertemuanrata-rata69.72%.Pembimbingangurujugahanyaberlangsungdikelasdenganwaktuyangterbatasketikadiskusiberlangsungdanbelumadabahanajarmandiriuntuksiswa.BerdasarkanpermasalahanyangdiuraikanmakadilakukanpengembanganbahanajarmndiriberbantuansoftwarecamtasiapokokbahasansuhudankaloruntuksiswaSMA.ModelpengembanganyangdigunakandalampenelitianpengembanganbahanajarmandirisiswaberbantuansoftwarecamtasiamateriSuhudanKaloruntuksiswaSMAmengadaptasimodelpengembanganFour-DModelolehThiagarajan(19745).Tahapanmodelpengembangan3DModelyangterdiridaritigatahap.Tahapantersebutmeliputitahappendefinisian(define)tahapperancangan(design)tahappengembangan(develop).Bahanajarmandiriiniterdiridarivideopembahasanmateridenganjumlah5subbab5videopembahasansoallatihandan5videopraktikumataudemonstrasi.Bahanajarmandiriinijugaterdapatsoalevaluasiuntukmengukurkeberhasilandaripembelajaranmandiriolehsiswasehinggagurubisamengetahuidanmenindaklanjutihasiltersebut.Berdasarkananalisisdatavalidasikeseluruhanoleh3valiadoryaitu1dosendan2gurudiperolehnilairata-ratasebesar3.285.jikadisesuaikandengankriteriayangtelahditentukanmakanilaitersebutdinyatakanvaliddanlayak.