Pengembangan bahan ajar mandiri berbantuan software Camtasia pokok bahasan suhu dan kalor untuk siswa SMA / Dwi Nurul Hidayah
Main Author: | Hidayah, Dwi Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18607/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHidayahDwiNurul.2015.PengembanganBahanAjarMandiriBerbantuanSoftwareCamtasiaPokokBahasanSuhudanKaloruntukSiswaSMA.SkripsiJurusanFisikaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AgusSuyudiM.Pd.(II)Dr.SentotKusairiS.PdM.SiKataKuncibahanajarmandiriSoftwarecamtasiasuhudankalorProsespembelajaranpadasuatuKompetensiDasarterdapatbanyakpermasalahan.Hasilwawancaradengangurudanpemberianangketkepada22siswadisalahsatusekolahdikotaMalangdidapatkandatabahwa7270%siswatidakdapatmenangkapmateripembelajarandalamsekalipenjelasanperlukeberulangandalampenyampaianpenjelasanmateri.Hasilangkettingkatpenguasaankonsepsiswadalamsatupertemuanrata-rata69.72%.Pembimbingangurujugahanyaberlangsungdikelasdenganwaktuyangterbatasketikadiskusiberlangsungdanbelumadabahanajarmandiriuntuksiswa.BerdasarkanpermasalahanyangdiuraikanmakadilakukanpengembanganbahanajarmndiriberbantuansoftwarecamtasiapokokbahasansuhudankaloruntuksiswaSMA.ModelpengembanganyangdigunakandalampenelitianpengembanganbahanajarmandirisiswaberbantuansoftwarecamtasiamateriSuhudanKaloruntuksiswaSMAmengadaptasimodelpengembanganFour-DModelolehThiagarajan(19745).Tahapanmodelpengembangan3DModelyangterdiridaritigatahap.Tahapantersebutmeliputitahappendefinisian(define)tahapperancangan(design)tahappengembangan(develop).Bahanajarmandiriiniterdiridarivideopembahasanmateridenganjumlah5subbab5videopembahasansoallatihandan5videopraktikumataudemonstrasi.Bahanajarmandiriinijugaterdapatsoalevaluasiuntukmengukurkeberhasilandaripembelajaranmandiriolehsiswasehinggagurubisamengetahuidanmenindaklanjutihasiltersebut.Berdasarkananalisisdatavalidasikeseluruhanoleh3valiadoryaitu1dosendan2gurudiperolehnilairata-ratasebesar3.285.jikadisesuaikandengankriteriayangtelahditentukanmakanilaitersebutdinyatakanvaliddanlayak.