Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap penguasaan konsep fisika siswa materi teori kinetik gas kelas XI MIA SMAN 6 Malang / Mida Ifrotul Ika
Main Author: | Ika, Mida Ifrotul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18585/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIkaMidaIfrotul.2015.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearningTerhadapPenguasaanKonsepFisikaSiswaMateriTeoriKinetikGasKelasXIMIASMAN6Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SutarmanM.Pd.(2)Drs.AgusSuyudiM.Pd.KataKunciProblemBasedLearningPenguasaanKonsepPenguasaanpengetahuanyangmendalamperluditingkatkanmelaluikegiatanpembelajaranagarsiswatidakhanyasekedarmenghafalmateritetapimampumemilikipenguasaankonsepyangbaik.Penguasaankonsepdapatdilatihkanpadasiswadalammemecahkanmasalahdengancaramengumpulkanserangkaiankonsepyangdirumuskanuntukmenyelesaikanmasalahtersebut.Salahsatucarauntukmelatihsiswaadalahdenganpemberianmodelpembelajaransesuaikurikulum2013yangberbasispemecahanmasalahyaitumodelProblemBasedLearning.ModelProblemBasedLearningmenitikberatkanpadakemampuansiswadalammemandangsuatupermasalahanataufaktasainsmenurutpengetahuanyangdimilikinya.Modelinimendekatkansiswapadamasalahdunianyatasebagaisuatukonteksuntukbelajaruntukmemperolehpengetahuandankonsepyangesensialdarimateripelajaran.Siswayangbelajarmemecahkansuatumasalahakanmenerapkanpengetahuanyangdimilikinyaatauberusahamengetahuipengetahuanyangdiperlukannya.PadapembelajaranProblemBasedLearningsiswamengintegrasikanpengetahuansecararelevansehinggamasalah-masalahdalamaplikasisuatukonsepataumateriakanmerekatemukansekaligusselamaprosespembelajaranberlangsung.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipenguasaankonsepsiswayangbelajardenganmodelProblemBasedLearninglebihtingidaripadasiswayangbelajarsecarakonvensional.JenispenelitianiniadalahQuasiExperimentalDesigndenganmenggunakanNonequivalentControlGroupDesigndenganpretestdanposttest.Modelpembelajaransebagaivariabelbebasdankemampuanpenguasaankonsepsebagaivariabelterikat.PopulasipenelitianadalahempatkelasXIMIASMAN6Malang.SampelpenelitianiniadalahduakelasXIMIAyaitusiswakelasXIMIA4sebagaikelaseksperimendankelasXIMIA3sebagaikelaskontrol.Penguasaankonsepsiswadiukurdengantesobjektifberalasan.Instrumentesterlebihdahuludiujivaliditasdanrealibilitas.SebagaiujiprasyaratdilakukanujinormalitasdenganmenggunakanujiLillieforsdanujihomogenitasmenggunakanujiFisher.Ujihipotesismenggunakanuji-tdengantarafsignifikasi5%.HasilpenelitianadalahpenguasankonsepsiswayangbelajardenganmenggunakanmodelpembelajaranProblemBasedLearninglebihtinggidaripadasiswayangbelajarsecarakonvensional.