Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap penguasaan konsep fisika siswa materi teori kinetik gas kelas XI MIA SMAN 6 Malang / Mida Ifrotul Ika

Main Author: Ika, Mida Ifrotul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/18585/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIkaMidaIfrotul.2015.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearningTerhadapPenguasaanKonsepFisikaSiswaMateriTeoriKinetikGasKelasXIMIASMAN6Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SutarmanM.Pd.(2)Drs.AgusSuyudiM.Pd.KataKunciProblemBasedLearningPenguasaanKonsepPenguasaanpengetahuanyangmendalamperluditingkatkanmelaluikegiatanpembelajaranagarsiswatidakhanyasekedarmenghafalmateritetapimampumemilikipenguasaankonsepyangbaik.Penguasaankonsepdapatdilatihkanpadasiswadalammemecahkanmasalahdengancaramengumpulkanserangkaiankonsepyangdirumuskanuntukmenyelesaikanmasalahtersebut.Salahsatucarauntukmelatihsiswaadalahdenganpemberianmodelpembelajaransesuaikurikulum2013yangberbasispemecahanmasalahyaitumodelProblemBasedLearning.ModelProblemBasedLearningmenitikberatkanpadakemampuansiswadalammemandangsuatupermasalahanataufaktasainsmenurutpengetahuanyangdimilikinya.Modelinimendekatkansiswapadamasalahdunianyatasebagaisuatukonteksuntukbelajaruntukmemperolehpengetahuandankonsepyangesensialdarimateripelajaran.Siswayangbelajarmemecahkansuatumasalahakanmenerapkanpengetahuanyangdimilikinyaatauberusahamengetahuipengetahuanyangdiperlukannya.PadapembelajaranProblemBasedLearningsiswamengintegrasikanpengetahuansecararelevansehinggamasalah-masalahdalamaplikasisuatukonsepataumateriakanmerekatemukansekaligusselamaprosespembelajaranberlangsung.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipenguasaankonsepsiswayangbelajardenganmodelProblemBasedLearninglebihtingidaripadasiswayangbelajarsecarakonvensional.JenispenelitianiniadalahQuasiExperimentalDesigndenganmenggunakanNonequivalentControlGroupDesigndenganpretestdanposttest.Modelpembelajaransebagaivariabelbebasdankemampuanpenguasaankonsepsebagaivariabelterikat.PopulasipenelitianadalahempatkelasXIMIASMAN6Malang.SampelpenelitianiniadalahduakelasXIMIAyaitusiswakelasXIMIA4sebagaikelaseksperimendankelasXIMIA3sebagaikelaskontrol.Penguasaankonsepsiswadiukurdengantesobjektifberalasan.Instrumentesterlebihdahuludiujivaliditasdanrealibilitas.SebagaiujiprasyaratdilakukanujinormalitasdenganmenggunakanujiLillieforsdanujihomogenitasmenggunakanujiFisher.Ujihipotesismenggunakanuji-tdengantarafsignifikasi5%.HasilpenelitianadalahpenguasankonsepsiswayangbelajardenganmenggunakanmodelpembelajaranProblemBasedLearninglebihtinggidaripadasiswayangbelajarsecarakonvensional.