Pengembangan bahan ajar IPA/Fisika berbasis masalah berbantuan komputer pada pokok bahasan gelombang bunyi untuk siswa SMP kelas VIII / Dias Liana Dianita
Main Author: | Dianita, Dias Liana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18568/ |
Daftar Isi:
- LianaDianitaDias.2014.PengembanganBahanAjarIPA/FisikaBerbasisMasalahBerbantuanKomputerPokokBahasanGelombangBunyiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.LiaYuliatiM.Pd.(2)Dr.SentotKusairiM.SiKatakuncibahanajarberbasismasalahberbantuankomputergelombangbunyiBerdasarkankurikulum2013prosespembelajaranIPAdiharapkandapatmenekankanpadapemberianpengalamanlangsung.PembelajaranIPAdiarahkanuntukberpikirdanbertindaksehinggasiswadapatmengembangkanpotensidiridenganmemperolehkonsepdasaryanglebihmatang.Salahsatupermasalahanpembelajaranfisikasaatiniadalahsulitnyamemahamikonsepfisikakarenakonsep-konsepfisikayangbersifatabstrak.Untukitudiperlukanpenelitianpengembanganterhadapbahanajarfisika.PenelitianinidilaksanakanuntukmenghasilkanprodukpengembanganberupabahanajarIPA/FisikaberbantuankomputerberbasismasalahuntuksiswaSMPkelasVIIIdanmendeskripsikankelayakanbahanajartersebutmelaluiujivalidasi.12288122881228812288DesainpenelitiandanpengembanganbahanajarIPA/FisikainimenggunakanModelBorgdanGallyanghanyadiambilhinggalangkahketujuhdiantaranya(1)Tahappengumpulandata(2)Perencanaan(3)Pengembanganprodukpendahuluan(4)Ujilapanganawal(5)Revisiproduk(6)Ujicobalapanganawaldan(7)Penyempurnaanprodukhasilujicobalapangan.Instrumenpengumpulandatadalampenelitiandanpengembanganiniberdasarkandatayangdidapatkan.Daridatayangdiperolehakandilakukanbahanevaluasiproduk.SubjekujicobapenelitianiniadalahdosengurukelasVIIISMPNegeri15Malangdansiswa-siswikelasIXSMPNegeri15Malang.Datayangdiperolehdarihasilujivalidasidanujicobalapanganterhadapketerbacaansiswaberupadatakuantitatifdankualitatif.Datakuantitatifdiperolehdarihasilpengisianangketolehtimahli.Datakualitatifdiperolehdarisaranyangdiberikanolehtimahlidansiswa.12288122881228812288HasilpenelitianmenunjukkanbahwabahanajaryangdihasilkanpenelitiandinyatakanlayaknamunmasihmemerlukanpenelitiandanpengembanganlebihlanjutsertaujicobaberulangagardapatlebihbisadimanfaatkandalampembelajaranmateriGelombangbunyi.KelebihandaribahanajarIPA/Fisikaantaralainprodukinidapatdigunakanuntukpembelajarandikelasataubelajarmandiridansiswadapatmenemukankonsepnyasendirisehinggakonsepyangditerimalebihtertanamdibenakmereka.KekurangandaribahanajarIPA/Fisikaantaralaintopikpadabahanajarterbatasdankegiatanpraktikumtidakdapatdilakukandidalamsoftware.