Pengembangan bahan ajar IPA/Fisika berbasis masalah berbantuan komputer pada pokok bahasan gelombang bunyi untuk siswa SMP kelas VIII / Dias Liana Dianita

Main Author: Dianita, Dias Liana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18568/
Daftar Isi:
  • LianaDianitaDias.2014.PengembanganBahanAjarIPA/FisikaBerbasisMasalahBerbantuanKomputerPokokBahasanGelombangBunyiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.LiaYuliatiM.Pd.(2)Dr.SentotKusairiM.SiKatakuncibahanajarberbasismasalahberbantuankomputergelombangbunyiBerdasarkankurikulum2013prosespembelajaranIPAdiharapkandapatmenekankanpadapemberianpengalamanlangsung.PembelajaranIPAdiarahkanuntukberpikirdanbertindaksehinggasiswadapatmengembangkanpotensidiridenganmemperolehkonsepdasaryanglebihmatang.Salahsatupermasalahanpembelajaranfisikasaatiniadalahsulitnyamemahamikonsepfisikakarenakonsep-konsepfisikayangbersifatabstrak.Untukitudiperlukanpenelitianpengembanganterhadapbahanajarfisika.PenelitianinidilaksanakanuntukmenghasilkanprodukpengembanganberupabahanajarIPA/FisikaberbantuankomputerberbasismasalahuntuksiswaSMPkelasVIIIdanmendeskripsikankelayakanbahanajartersebutmelaluiujivalidasi.12288122881228812288DesainpenelitiandanpengembanganbahanajarIPA/FisikainimenggunakanModelBorgdanGallyanghanyadiambilhinggalangkahketujuhdiantaranya(1)Tahappengumpulandata(2)Perencanaan(3)Pengembanganprodukpendahuluan(4)Ujilapanganawal(5)Revisiproduk(6)Ujicobalapanganawaldan(7)Penyempurnaanprodukhasilujicobalapangan.Instrumenpengumpulandatadalampenelitiandanpengembanganiniberdasarkandatayangdidapatkan.Daridatayangdiperolehakandilakukanbahanevaluasiproduk.SubjekujicobapenelitianiniadalahdosengurukelasVIIISMPNegeri15Malangdansiswa-siswikelasIXSMPNegeri15Malang.Datayangdiperolehdarihasilujivalidasidanujicobalapanganterhadapketerbacaansiswaberupadatakuantitatifdankualitatif.Datakuantitatifdiperolehdarihasilpengisianangketolehtimahli.Datakualitatifdiperolehdarisaranyangdiberikanolehtimahlidansiswa.12288122881228812288HasilpenelitianmenunjukkanbahwabahanajaryangdihasilkanpenelitiandinyatakanlayaknamunmasihmemerlukanpenelitiandanpengembanganlebihlanjutsertaujicobaberulangagardapatlebihbisadimanfaatkandalampembelajaranmateriGelombangbunyi.KelebihandaribahanajarIPA/Fisikaantaralainprodukinidapatdigunakanuntukpembelajarandikelasataubelajarmandiridansiswadapatmenemukankonsepnyasendirisehinggakonsepyangditerimalebihtertanamdibenakmereka.KekurangandaribahanajarIPA/Fisikaantaralaintopikpadabahanajarterbatasdankegiatanpraktikumtidakdapatdilakukandidalamsoftware.