Penerapan model pembelajaran POE (Presdict-Observe-Explain) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas X-MIA 4 SMA N 6 Malang dalam materi fisika kalor / Qurnia Ni'matul Ulfah

Main Author: Ulfah, Qurnia Ni'matul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/18567/
Daftar Isi:
  • UlfahQurniaNimatul.2014.PenerapanModelPembelajaranPOE(Predict-Observe-Explain)untukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanMotivasiBelajarSiswaKelasX-MIA4SMAN6MalangdalamMateriFisikaKalor.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam(MIPA)UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AsimM.Pd(II)Dr.ParnoM.Si.KataKunciPOEkemampuanberpikirkritismotivasibelajarsiswaBerdasarkanhasilobservasiawalandikelasX-MIA4SMAN6Malangmenunjukkankalaukemampuanberpikirkritissiswanyamasihkurang.Selamaprosespembelajaransiswakurangmampumenunjukkanaktivitasbelajaryangmengacupadakegiatanberpikirkritissepertimenganalisismengasosiasimenjelaskandanmenyimpulkan.Selainituminatsiswabelajarfisikajugakurangbaik.Terlihatpadasaatpembelajaransiswatidakantusiasuntukberpendapatdanjugakurangfokusdalampembelajaran.Halinimempengaruhimotivasibelajarsiswa.Sementaraitukurikulum2013yangsekarangberkembangdiIndonesiamenuntutagarsiswamemilikikemampuanberpikirkritistersebutdenganbaik.Untukdapatmemilikikemampuanberpikirkritisyangbaiksiswaharusmemilikimotivasibelajaryangbaikpula.Siswayangmemilikimotivasibelajaryangbaikakanlebihsemangatdalammengikutipembelajaran.OlehkarenaitudilakukanpenelitiandenganmenerapkanmodelpembelajaranPOE(Predict-Observe-Explain)untukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanmotivasibelajarsiswa.PenelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelasdenganmodelKemmisdanMcTaggartyangmenggunakanpendekatankualitatif.PenelitiandilakukandikelasX-MIA4SMAN6Malang.Terdapat3buahdatayangdiambilpadapenelitianini.DatapertamamerupakandataketerlaksanaanmodelpembelajaranPOEyangdiperolehselamaprosespembelajaranberlangsungdengancaraobservasi.Datakeduaadalahdatakemampuanberpikirkritisyangdiperolehdaripengamatanterhadapkegiatanbelajarsiswaselamaprosespembelajaransesuaidenganindikator-indikatorketrampilanberpikirkritis.Selanjutnyamasing-masingdatatersebutdihitungpersentasenyauntukmengetahuibesarnyapersentaseketerlaksanaandankemampuanberpikirkritissiswa.DataterakhiradalahmotivasibelajarsiswayangdiperolehdariisianangketmotivasibelajarolehsiswakelasX-MIA4SMAN6Malang.BerdasarkanhasilanalisisdanpembahasandatayangtelahdiperolehmenunjukkanbahwakemampuanberpikirkritisdanmotivasibelajarsiswadapatditingkatkandenganmenerapkanmodelpembelajaranPOE(Predict-Observe-Explain).Olehkarenaitumodelinidapatdigunakanolehgurusebagaisalahsatuvariasipembelajarandikelas.Penelitianinijugadapatdigunakanolehsebagaisalahsatureferensiuntukmelakukanataupunmengembangkanpenelitianlainyangserupa.