Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Wagir Kabupaten Malang / Nike Novianti

Main Author: Novianti, Nike
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18565/
Daftar Isi:
  • NoviantiNike.2014.PenerapanModelPembelajaranInkuiriTerbimbingUntukMeningkatkanKeterampilanProsesIPAdanHasilBelajarSiswaKelasVIIIBSMPNegeri1Wagir.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)SugiyantoS.PdM.Si(2)SulurS.PdM.SiM.T.D.KataKunciInkuiriTerbimbingketerampilanprosesIPAhasilbelajar.KeterampilanprosesIPAdanhasilbelajarsiswakelasVIIIBSMPN1Wagirrendahdanperluditingkatkan.Keterampilanprosesyangrendahiniterlihatpadasaatkegiatanpercobaanresonansidanhasilbelajaryangrendahterlihatdarinilaiulanganhariandantugas.Peningkatanketerampilanprosesdanhasilbelajarsiswadapatdilakukandenganmenerapkanmodelpembelajaraninkuiriterbimbing.KeterampilanprosesIPAtersebutmeliputi5aspekyaituketerampilanmengajukanpertanyaanmenggunakanalatdanbahanmengamatimenafsirkanhasilpengamatandanmengkomunikasikan.Hasilbelajarsiswameliputitigaaspekkemampuanyaitukemampuanmenghafal(C1)kemampuanmemahami(C2)dankemampuanmenerapkan(C3).PenelitianinimenggunakandesainpenelitiantindakankelasKemmisdanMcTaggartdengantahapanidentifikasimasalahperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.PenelitiandilakukanselamaduasiklusdikelasVIIIBSMPN1Wagiryangterdiriatas33orangsiswapadasemestergenap.Keterlaksanaanpenerapanmodelinkuiriterbimbingdiukurdarikesesuaianperilakugurudansiswaterhadapskenariopembelajaranyangtelahdirencanakan.Hasilbelajarsiswadanpeningkatannyadiukursecaraautentiksetiappertemuanselamapenerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingmelaluiulanganharianpekerjaanrumahdanlembarkerjasiswa.KeterampilanprosesIPAdanpeningkatannyadiukursecaraautentiksetiappertemuanselamapenerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdenganmenggunakanlembarobservasiketerampilanproses.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakererampilanprosesIPAdanhasilbelajarsiswameningkatselamamenerapkanmodelinkuiriterbimbing.Kenaikandariketerlaksanaanmodelinkuiriterbimbingsebesar63%olehsiswadan747%olehgurupadasiklusImenjadi905%olehsiswadan958%olehgurupadasiklusII.Kerampilanprosessiswameningkatsabesar1803%dari633%padasiklusImenjadi8133%padasiklusII.Ketuntasanbelajarjugamengalamipeningkatandari151%padaobservasiawalmenjadi4245%dan8485%padasiklusIdansiklusII.KesimpulanpenelitianiniadalahpenerapanmodelinkuiriterbimbingdapatmeningkatkanketerampilanprosesIPAdanhasilbelajarsiswakelasVIIIBSMPN1Wagir.