Penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) untuk meningkatkan kemampuan berpendapat dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Kalidawir Tulungagung / Ferdiana Ika Wati

Main Author: Wati, Ferdiana Ika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/18551/
Daftar Isi:
  • WatiFerdianaIka.2014.PenerapanModelPembelajaranStudentFacilitatorAndExplaining(SFAE)ntukMeningkatkanKemampuanBerpendapatdanPrestasiBelajarFisikaSiswaKelasXI-IPA1SMANegeri1KalidawirTulungagung.SkripsiJurusanPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SutarmanM.Pd(2)Drs.ParnoM.Si.KataKunciSFAEKemampuanBerpendapatPrestasiBelajar.HasilobservasidanwawancarapadakelasXI-IPA1SMANegeri1Kalidawirmenunjukkanbahwanilairata-ratakelasXI-IPA1SMAN1Kalidawir5079danKKM73.PrestasibelajarfisikasiswadapatdilihatpadanilaiUTSyangtelahdilaksanakan.PersentasesiswayanglulussesuaiKKMhanya1667%.Siswayangtidaklulus8333%.Siswatidakberanidalammenyampaikanpendapatnyasiswapasifkarenahanyamenerimapenjelasandarigurusiswatidakbersemangatsiswabanyakyangmengantukdankurangmemperhatikanmateriyangdiberikanolehguru.Akibatnyasiswatidakberanimengemukakanpendapatbiladiberipertanyaanolehguru.SalahsatuupayauntukmemecahkanpermasalahantersebutyaituditerapkansuatupembelajaranmenggunakanmodelpembelajaranStudentFacilitatorandExplaining(SFAE)yangmembuatsiswaterlihataktifpadaprosespembelajaransehinggamemberikandampakpositifterhadapkualitasinteraksidankomunikasiyangberkualitasdapatmemotivasisiswauntukmeningkatkanprestasibelajarnya.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).TujuanpenelitianadalahmengetahuibagaimanadeskripsipelaksanaanmodelpembelajaranSFAEyangdapatmeningkatkankemampuanberpendapatdanprestasibelajarfisikasiswabagaimanapeningkatankemampuanberpendapatmelaluipenerapanmodelSFAEdanbagaimanapeningkatanprestasibelajarfisikasiswa.Penelitianiniberlangsungdalamduasiklus.TeknikpengumpulandatadilakukandenganwawancaralembarobservasiketerlaksanaanmodelSFAElembarobservasikemampuanberpendapatdanteskognitif.HasilpenelitianiniadalahketerlaksanaanmodelpembelajaranSFAEsiklusIdansiklusIIadalah53631%dan88423%kemampuanberpendapatsiklusIdansiklusIIadalah35026%dan61024%danprestasibelajarfisikasiswasiklusIdansiklusIIadalah28%dan80%.