Penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) untuk meningkatkan kemampuan berpendapat dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Kalidawir Tulungagung / Ferdiana Ika Wati
Main Author: | Wati, Ferdiana Ika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18551/ |
Daftar Isi:
- WatiFerdianaIka.2014.PenerapanModelPembelajaranStudentFacilitatorAndExplaining(SFAE)ntukMeningkatkanKemampuanBerpendapatdanPrestasiBelajarFisikaSiswaKelasXI-IPA1SMANegeri1KalidawirTulungagung.SkripsiJurusanPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SutarmanM.Pd(2)Drs.ParnoM.Si.KataKunciSFAEKemampuanBerpendapatPrestasiBelajar.HasilobservasidanwawancarapadakelasXI-IPA1SMANegeri1Kalidawirmenunjukkanbahwanilairata-ratakelasXI-IPA1SMAN1Kalidawir5079danKKM73.PrestasibelajarfisikasiswadapatdilihatpadanilaiUTSyangtelahdilaksanakan.PersentasesiswayanglulussesuaiKKMhanya1667%.Siswayangtidaklulus8333%.Siswatidakberanidalammenyampaikanpendapatnyasiswapasifkarenahanyamenerimapenjelasandarigurusiswatidakbersemangatsiswabanyakyangmengantukdankurangmemperhatikanmateriyangdiberikanolehguru.Akibatnyasiswatidakberanimengemukakanpendapatbiladiberipertanyaanolehguru.SalahsatuupayauntukmemecahkanpermasalahantersebutyaituditerapkansuatupembelajaranmenggunakanmodelpembelajaranStudentFacilitatorandExplaining(SFAE)yangmembuatsiswaterlihataktifpadaprosespembelajaransehinggamemberikandampakpositifterhadapkualitasinteraksidankomunikasiyangberkualitasdapatmemotivasisiswauntukmeningkatkanprestasibelajarnya.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).TujuanpenelitianadalahmengetahuibagaimanadeskripsipelaksanaanmodelpembelajaranSFAEyangdapatmeningkatkankemampuanberpendapatdanprestasibelajarfisikasiswabagaimanapeningkatankemampuanberpendapatmelaluipenerapanmodelSFAEdanbagaimanapeningkatanprestasibelajarfisikasiswa.Penelitianiniberlangsungdalamduasiklus.TeknikpengumpulandatadilakukandenganwawancaralembarobservasiketerlaksanaanmodelSFAElembarobservasikemampuanberpendapatdanteskognitif.HasilpenelitianiniadalahketerlaksanaanmodelpembelajaranSFAEsiklusIdansiklusIIadalah53631%dan88423%kemampuanberpendapatsiklusIdansiklusIIadalah35026%dan61024%danprestasibelajarfisikasiswasiklusIdansiklusIIadalah28%dan80%.