Pengembangan bahan ajar fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan fluida dinamis untuk membangun kemampuan problem solving siswa kelas XI SMA Negeri 8 Malang / Nurul Faiqotus Siyadah
Main Author: | Siyadah, Nurul Faiqotus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18549/ |
Daftar Isi:
- SiyadahNurulFaiqotus.2014.PengembanganBahanAjarFisikaBerbasisProblemBasedLearning(PBL)padaPokokBahasanFluidaDinamisuntukMembangunKemampuanProblemSolvingSiswaKelasXISMANegeri8Malang.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanImuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.EndangPurwaningsihM.Si(II)Dra.ChusnanaI.Y.M.Si.KataKuncibahanajarProblemBasedLearning(PBL)kemampuanProblemSolvingFluidaDinamisHasilpenelitianTIMSSmenunjukkanbahwapadatahun2011tingkatkemampuansiswaIndonesiapadabidangsains(IPA)masihdibawahrata-ratastandarinternasionalyaituberadapadarangking40dari42negarapesertasehinggapemerintahperlumelakukanperbaikanpadasistempendidikandiIndonesiadengancaramenerapkanKurikulum2013.Bahanajarmerupakansalahsatumediayangpentingdalamprosesbelajar.KenyataandilapanganbahanajaryangdigunakansiswamasihbelumsesuaidenganKurikulum2013.Bahanajaryangdigunakanjugabelummenuntunsiswamemilikikemampuanmemecahkanmasalah.BerdasarkanmasalahtersebutpenelitimelakukanpengembanganbahanajarberbasisPBLuntukmeningkatkankemampuanberpikirtingkattinggipadasiswaterutamakemampuandalammemecahkanmasalah(problemsolving).Penelitianinimenggunakanmodelpenelitiandanpengembangan(ResearchandDevelopment)olehBorgandGall1983.Langkahyangdilakukandiantaranya1)Penelitiandanpengumpulaninformasi2)Perencanaan3)Pengembangandraftproduk4)Ujicobapendahuluandan5)Revisiprodukutama.Intrumenpengambilandatadalampenelitianiniberupaangketdisertailembarsarandankomentardiakhirangket.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisperhitunganrata-ratayangdiadaptasidariArikunto.Ujicobaprodukdilakukanduatahap.UjiahliyangdilakukanolehdosenfisikaUniversitasNegeriMalangdanduagurufisika(SMAN8MalangSMKPGRI3Malang)sedangkanujicobakeduadilakukansiswakelasXIIPA1SMAN8Malang.HasilujicobamenghasilkanbahanajarberbasisPBLyangmampumelatihsiswauntukmembangunkemampuanproblemsolving.Hasilanalisisdatabahanajardinyatakanvaliddengankriteria359olehvalidatordan346padaujiterbatas.Hasilanalisisdatavalidasisilabusdinyatakanvaliddengankriteria371olehvalidatorsedangkanRPPdinyatakanvaliddengankriteria358olehvalidator.Jadidapatdisimpulkanbahwabahanajardikategorikanlayakdengansedikitrevisiyangdidasarkandarikomentardansaranolehvalidatordansiswa.Pengembanganproduklebihlanjutdapatdilakukandenganujiempirikbahanajardengansampelyanglebihluasuntukmengetahuikeefektifanbahanajardalampembelajaran.