Pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dengan metode resitasi terhadap kemampuan penguasaan konsep fisika siswa kelas XI SMAN 9 Malang / Agung Saputra
Main Author: | Saputra, Agung |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18546/ |
Daftar Isi:
- SaputraAgung.2014.PengaruhModelPembelajaranSearchSolveCreateandShare(SSCS)DenganMetodeResitasiTerhadapKemampuanPenguasaanKonsepFisikaSiswaKelasXISMAN9Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SumarjonoM.Pd.(2)Dra.EndangPurwaningsihM.Si.KataKunciSSCSmetoderesitasipenguasaankonsepTahapandalammodelpembelajaranSSCSmenunjukkanketerlibatansiswadalammemperolehkonsepsecaralangsung.Siswadiajakuntukterlibatsecaraaktifdalamkegiatanpembelajarandangurusebagaifasilitator.Kemudianpadaakhirpertemuangurumemberikantugasdenganmetoderesitasisehinggapenguasaankonsepsiswaterhadapmateriyangdiajarkanakansemakinkuat.TujuanpenelitianiniadalahmengetahuiperbedaanpenguasaankonsepfisikasiswayangbelajardenganmenggunakanmodelpembelajaranSSCSdenganmetoderesitasidansiswayangbelajarsecarakonvensionalsertamengetahuipenguasaankonsepfisikasiswayangbelajarmenggunakanmodelpembelajaranSSCSdenganmetoderesitasilebihtinggidaripadasiswayangbelajarsecarakonvensional.PenelitianinimenggunakanQuasiExperimentalDesigndenganpretestdanposttest.ModelpembelajaranSSCSdenganmetoderesitasisebagaivariabelbebasdanpenguasaankonsepsebagaivariabelterikat.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasXIIPASMAN9Malang.SampelpenelitianadalahsiswakelasXIIPA-1sebagaikelaseksperimendankelasXIIPA-3sebagaikelaskontrol.PenguasaanKonsepdiukurdenganmenggunakantesobjektif.Instrumentesterlebihdahuludiujivaliditasdanreliabilitas.SebagaiujiprasyaratdilakukanujinormalitasdenganmenggunakanujiLillieforsdanujihomogenitasmenggunakanujiBartlett.UjihipotesismenggunakanAnavasatujalurdandilanjutkandenganujiScheffedengantarafsignifikansi5%.Hasilpenelitianadalah1)terdapatperbedaanpenguasaankonsepfisikasiswayangbelajardenganmenggunakanmodelpembelajaranSSCSdenganmetoderesitasidansiswayangbelajarsecarakonvensional.2)penguasaankonsepfisikasiswayangbelajarmenggunakanmodelpembelajaranSSCSdenganmetoderesitasilebihtinggidaripadasiswayangbelajarsecarakonvensional.