Pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dengan metode resitasi terhadap kemampuan penguasaan konsep fisika siswa kelas XI SMAN 9 Malang / Agung Saputra

Main Author: Saputra, Agung
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/18546/
Daftar Isi:
  • SaputraAgung.2014.PengaruhModelPembelajaranSearchSolveCreateandShare(SSCS)DenganMetodeResitasiTerhadapKemampuanPenguasaanKonsepFisikaSiswaKelasXISMAN9Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SumarjonoM.Pd.(2)Dra.EndangPurwaningsihM.Si.KataKunciSSCSmetoderesitasipenguasaankonsepTahapandalammodelpembelajaranSSCSmenunjukkanketerlibatansiswadalammemperolehkonsepsecaralangsung.Siswadiajakuntukterlibatsecaraaktifdalamkegiatanpembelajarandangurusebagaifasilitator.Kemudianpadaakhirpertemuangurumemberikantugasdenganmetoderesitasisehinggapenguasaankonsepsiswaterhadapmateriyangdiajarkanakansemakinkuat.TujuanpenelitianiniadalahmengetahuiperbedaanpenguasaankonsepfisikasiswayangbelajardenganmenggunakanmodelpembelajaranSSCSdenganmetoderesitasidansiswayangbelajarsecarakonvensionalsertamengetahuipenguasaankonsepfisikasiswayangbelajarmenggunakanmodelpembelajaranSSCSdenganmetoderesitasilebihtinggidaripadasiswayangbelajarsecarakonvensional.PenelitianinimenggunakanQuasiExperimentalDesigndenganpretestdanposttest.ModelpembelajaranSSCSdenganmetoderesitasisebagaivariabelbebasdanpenguasaankonsepsebagaivariabelterikat.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasXIIPASMAN9Malang.SampelpenelitianadalahsiswakelasXIIPA-1sebagaikelaseksperimendankelasXIIPA-3sebagaikelaskontrol.PenguasaanKonsepdiukurdenganmenggunakantesobjektif.Instrumentesterlebihdahuludiujivaliditasdanreliabilitas.SebagaiujiprasyaratdilakukanujinormalitasdenganmenggunakanujiLillieforsdanujihomogenitasmenggunakanujiBartlett.UjihipotesismenggunakanAnavasatujalurdandilanjutkandenganujiScheffedengantarafsignifikansi5%.Hasilpenelitianadalah1)terdapatperbedaanpenguasaankonsepfisikasiswayangbelajardenganmenggunakanmodelpembelajaranSSCSdenganmetoderesitasidansiswayangbelajarsecarakonvensional.2)penguasaankonsepfisikasiswayangbelajarmenggunakanmodelpembelajaranSSCSdenganmetoderesitasilebihtinggidaripadasiswayangbelajarsecarakonvensional.