Penerapan pembelajaran inkuiri dengan metode tutor sebaya untuk meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas 8A SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung / Rieka Saptarini
Main Author: | Saptarini, Rieka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18541/ |
Daftar Isi:
- SaptariniRieka.2014.PenerapanPembelajaranInkuiridenganMetodeTutorSebayauntukMeningkatkanKerjaIlmiahdanPrestasiBelajarFisikaSiswaKelas8ASMPNegeri1KaumanTulungagung.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.KadimMasjkurM.Pd(II)Drs.BambangTahanSungkowoM.Pd.KataKunciinkuiritutorsebayakerjailmiahprestasibelajarfisika12288122881228812288Darihasilobservasidikelas8ASMPNegeri1KaumanTulungagungsaatpembelajaranterdapatbeberapakendalaantaralainbeberapasiswamasihpasifdanpenggunaanlaboratoriummasihterbilangjarangjugamembuatkemampuankerjailmiahsiswamenjadirendah.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk(1)mendis-kripsikanketerlaksanaanpembelajaraninkuiridenganmetodetutorsebaya(2)meningkatkankerjailmiahdan(3)prestasibelajarfisikasiswakelas8ASMPNegeri1KaumanTulungagung.12288122881228812288Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatifyaitupenelitiantidakankelas(PTK).Datapenelitianyangberupahasilobservasikemampuankerjailmiahdanprestasibelajarfisikasiswa.Instrumenyangdigu-nakanuntukmengumpulkandataberupainstrumenperlakuanyaituLembarKerjaSiswa(LKS)danRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)daninstrumenpengukuranyaitulembarobservasikerjailmiahdansoaltes.Analisisdatayaitudenganpaparandatadanpenarikankesimpulan.12288122881228812288Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehtigasimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.Pertamapenerapanpembelajaraninkuiridenganme-todetutorsebayadapatmeningkatkankemampuankerjailmiahsiswakelas8ASMPNegeri1KaumanTulungagung.PadasiklusImemperolehpersentasesebe-sar7163%danmeningkatpadasiklusIIsebesar8763%.Keduaprestasibelajarfisikasiswakelas8ASMPNegeri1KaumanTulungagunginijugamengalamipeningkatandarisiklusIdenganpersentase724%kesiklusIIdenganpersentase966%sebesar242%.Halinimembuktikanbahwapembelajaraninkuiridenganmetodetutorsebayainidapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.Ketigapene-rapanpembelajaraninkuiridenganmetodetutorsebayainiberjalansesuaidenganyangdirencanakan.Padapersentasekeberhasilanguruyangdiamatiolehobser-verpadasiklusIpersentasekeberhasilanpembelajaraninkuiridenganmetodetutorsebayainimencapai8667%danpadasiklusIImencapai8944%.