Penerapan pembelajaran inkuiri dengan metode tutor sebaya untuk meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas 8A SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung / Rieka Saptarini

Main Author: Saptarini, Rieka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18541/
Daftar Isi:
  • SaptariniRieka.2014.PenerapanPembelajaranInkuiridenganMetodeTutorSebayauntukMeningkatkanKerjaIlmiahdanPrestasiBelajarFisikaSiswaKelas8ASMPNegeri1KaumanTulungagung.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.KadimMasjkurM.Pd(II)Drs.BambangTahanSungkowoM.Pd.KataKunciinkuiritutorsebayakerjailmiahprestasibelajarfisika12288122881228812288Darihasilobservasidikelas8ASMPNegeri1KaumanTulungagungsaatpembelajaranterdapatbeberapakendalaantaralainbeberapasiswamasihpasifdanpenggunaanlaboratoriummasihterbilangjarangjugamembuatkemampuankerjailmiahsiswamenjadirendah.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk(1)mendis-kripsikanketerlaksanaanpembelajaraninkuiridenganmetodetutorsebaya(2)meningkatkankerjailmiahdan(3)prestasibelajarfisikasiswakelas8ASMPNegeri1KaumanTulungagung.12288122881228812288Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatifyaitupenelitiantidakankelas(PTK).Datapenelitianyangberupahasilobservasikemampuankerjailmiahdanprestasibelajarfisikasiswa.Instrumenyangdigu-nakanuntukmengumpulkandataberupainstrumenperlakuanyaituLembarKerjaSiswa(LKS)danRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)daninstrumenpengukuranyaitulembarobservasikerjailmiahdansoaltes.Analisisdatayaitudenganpaparandatadanpenarikankesimpulan.12288122881228812288Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehtigasimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.Pertamapenerapanpembelajaraninkuiridenganme-todetutorsebayadapatmeningkatkankemampuankerjailmiahsiswakelas8ASMPNegeri1KaumanTulungagung.PadasiklusImemperolehpersentasesebe-sar7163%danmeningkatpadasiklusIIsebesar8763%.Keduaprestasibelajarfisikasiswakelas8ASMPNegeri1KaumanTulungagunginijugamengalamipeningkatandarisiklusIdenganpersentase724%kesiklusIIdenganpersentase966%sebesar242%.Halinimembuktikanbahwapembelajaraninkuiridenganmetodetutorsebayainidapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.Ketigapene-rapanpembelajaraninkuiridenganmetodetutorsebayainiberjalansesuaidenganyangdirencanakan.Padapersentasekeberhasilanguruyangdiamatiolehobser-verpadasiklusIpersentasekeberhasilanpembelajaraninkuiridenganmetodetutorsebayainimencapai8667%danpadasiklusIImencapai8944%.