Penerapan model pembelajaran learning cycle 5E untuk meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Baron Kabupaten Nganjuk / Titis Dyah Arisanti

Main Author: Arisanti, Titis Dyah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18539/
Daftar Isi:
  • ArisantiTitisDyah.2014.PenerapanModelPembelajaranLearningCycle5EuntukMeningkatkanKerjaIlmiahdanPrestasiBelajarSiswaKelasVIII-ASMPNegeri1BaronKabupatenNganjuk.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SupriyonoKoesHM.PdM.A(II)Drs.SumarjonoM.Pd.KataKuncimodelpembelajaranlearningcycle5Ekerjailmiahprestasibelajar12288122881228812288BerdasarkanhasilobservasidanwawancarayangdilakukandikelasVIII-ASMPNegeri1BaronKabupatenNganjukdiperolehinformasibahwametodepembelajaranyangadigunakanmasihkonvensional.Praktikumjarangdilakukansehinggasulituntukmelakukanpenilaianterhadapkerjailmiah.Dari31siswahanya15siswasajayangmencapainilaiKKM.Olehkarenaituperludilakukanpenelitianyangbertujuanuntukmeningkatkankerjailmiahdanprestasibelajarsiswa.SalahsatunyadenganmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5E.Learningcycle5Eadalahmodelpembelajaranyangberpusatpadasiswa(studentcentered)dengantahap-tahapyangdiorganisasisehinggasiswaberperanaktifdalampembelajaran.12288122881228812288Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK).DesainpenelitianinimengikutimodelKemmisdanMc.Taggartdengansubjekpenelitianterdiridari17siswalaki-lakidan14siswaperempuan.PenelitianinidilaksanakandalamduasiklusdenganmateriCahaya.Masing-masingsiklusterdiridariperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.DatayangdiambildalampenelitianinimeliputiketerlaksanaanmodelpembelajaranLearningCycle5Ekerjailmiahdanprestasibelajar.12288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranlearningcycle5EdapatmeningkatkankerjailmiahdanprestasibelajarsiswakelasVIII-ASMPNegeri1BaronKabupatenNganjuk.KeterlaksanaanmodelpembelajaranLearningCycle5EpadasiklusIyaitu6448%meningkatpadasiklusIImenjadi7902%.JumlahsiswayangtuntaskerjailmiahpadasiklusIyaitu6774%meningkatpadasiklusIImenjadi8387%.JumlahsiswayangtuntasprestasibelajarpadasiklusIyaitu6129%meningkatpadasiklusII8065%.