Penerapan model pembelajaran REACT dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-D SMPN 1 Karangploso Malang / Rizka Warna Kaliantin
Main Author: | Kaliantin, Rizka Warna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18536/ |
Daftar Isi:
- KaliantinRizkaWarna.2014.PenerapanModelPembelajaranREACTdenganMetodeDemonstrasiuntukMeningkatkanKemampuanKerjaIlmiahdanPrestasiBelajarFisikaSiswaKelasVIII-DSMPNegeri1KarangplosoMalang.SkripsiProgramPendidikanFisikaJurusanFisikaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.WartonoM.Pd(II)Dra.ChusnanaI.Y.M.SiKataKunciModelREACTmetodedemonstrasikemampuankerjailmiahprestasibelajarHasilobservasipembelajaranyangditerapkandikelasyaitugurubelummemanfaatkanmediauntukdemonstrasidanpraktikumsiswatidakdiajaridilatihmenghubungkanmateriyangdipelajaridenganpengetahuannyagurujarangmemberikanlatihansoal.Siswabelumdiberikankesempatanuntukmemperolehpengetahuantentangalatmetodedanprosedur.Prestasibelajarsiswakelas8Duntukpelajaranfisikaadalah5813dengankemampuansiswadalammengingatmemahamimenerapkanmasihkurangsertabelumpernahdilatihuntukmenganalisis.Hanya667%siswayangnilainyasudahmencapai75.Halinididugakarenamodelpembelajaranyangditerapkanbelummelatihsiswauntukmenemukankonsepsendiridantidakmelatihunjukkerjasiswa.SalahsatuupayauntukmemecahkanpermasalahantersebutditerapkansuatupembelajarandenganmodelREACT.Demonstrasipadaawalpembelajaranbertujuanuntukmembuatpelajaranfisikamenarik.ModelpembelajaranREACTinimenuntunmengkonstruksipengetahuanyangsiswamilikidanmenerapkannyadalamkehidupansehari-hari.PenelitianTindakanKelasdilakukandalamduasiklusdikelas8DSMPN1KarangplosoMalangyangberjumlah33siswa.Datadikumpulkandenganmelakukanobservasidantes.Analisisdatayangdilakukanadalahdeskriptifkualitatifdanjugakuantitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaketerlaksanaanpembelajaranmeningkatdarisiklusIsebesar8194%menjadi9194%padasiklusIIdimanasebelumdilaksanakanpenelitiangurubelumpernahmelaksanakandemonstrasieksperimenappliyingdantransferring.SeluruhkemampuankerjailmiahsiswamengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusII.Urutanpeningkatankomponendasarkerjailmiahdariyangpalingtinggiadalahbersikapilmiahberkomunikasiilmiahmengolahdatadanmelakukanpercobaan.PrestasibelajarfisikasiswamengalamipeningkatandarisiklusI7389menjadi7762padasiklusII.Peningkatanterjadipadaseluruhaspekmengingat(padarelating)memahami(padaexperiencing)menerapkan(padaappliying)danmenerapkan(padatransferring).