Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) fisika materi tekanan mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor sesuai kurikulum 2013 untuk siswa SMP/MTs / Lucky Chandra Febriana

Main Author: Febriana, Lucky Chandra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18529/
Daftar Isi:
  • FebrianaLuckyChandra.2014.PengembanganLembarKerjaSiswa(LKS)FisikaMateriTekananMencakupRanahKognitifAfektifdanPsikomotorSesuaiKurikulum2013UntukSiswaSMP/MTs.SkripsiJurusanPendidikanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)SulurS.PdM.SiM.T.D(II)Drs.YudyantoM.Si.KatakunciLembarKerjaSiswa(LKS)KognitifAfektifPsikomotorKurikulum2013Tekanan12288122881228812288LKSmerupakansalahsatuinstrumenuntuklebihmengoptimalkankegiatanbelajardanmengajar.LKSdapatmembantugurudalammengkonkritkankonsepataugagasandanmembantumemotivasisiswabelajaraktif.BerdasarkanhasilobservasidibeberapasekolahtokobukudandipasaranLKSyangberedarsekaranginiberisitentangreviewmaterilatihanlatihansoaldanbeberapatugaskelompokyangberupapercobaan.Percobaanyangdisajikanmeliputituju-analatdanbahancarakerjadanpertanyaan.AkantetapiLKSinibelumsepe-nuhnyamenerapkankurikulum2013yangmencakupranahsikappengetahuandanketrampilan.Kenyataannyadalamprosespembelajarantugaskelompokyangberupapercobaaninijarangdilakukankarenasiswaseringnyahanyamembacadanmengerjakanlatihanlatihansoal.PenelitianinidilaksanakandengantujuanmengembangkanLKSFisikaSMP/MTsKelasVIIImateriTekananuntukranahkognitifafektifdanpsikomotorsesuaidengankurikulum2013danmengetahuikelayakannyauntukdigunakanolehsiswa.12288122881228812288Penelitianinimerupakanpenelitianpengembanganyangdirancanguntukmemperolehsuatuproduk.ProdukyangdimaksuddalampenelitianiniberupabukuyangberisikumpulanlembarKerjaSiswa(LKS)yangterbataspadamateriTekananSMP/MTs.Penelitianpengembanganinidilaksanakandenganlangkahstudipendahuluanpenelitiandanpengumpulandataperencanaanpengembang-andraftprodukujicobalapanganrevisiprodukhasilujicobapenyempurnaanproduk.PengumpulandatadilakukandenganmenggunakanangketyangberupaujicobavalidasiisidankonstruksidariLKSsertaangketujicobaketerbacaansiswa.BerdasarkanhasilangketvalidasidanketerbacaansiswadiperolehnilaiuntukhasilvalidasidariisidankonstruksiLKSdengannilai342yangmenun-jukkanLKSlayakdanvaliduntukdigunakan.Sedangkanuntukhasildariangketketerbacaansiswadiperolehpesentase9118%daritotal17siswayangmenun-jukkansiswasebagianbesarmemahamidantertarikdenganLKS.